Berita

Hayes & dua pemain Chelsea masuk nominasi penghargaan Barclays FA WSL

Voting dibuka untuk penghargaan tahunan Barclays FA Women's Super League musim ini. Manajer Chelsea Women Emma Hayes masuk nominasi Manager of the Season, sedangkan Bethany England dan Guro Reiten masuk daftar kandidat Player of the Season.

Bukan sebuah kejutan jika Hayes menjadi salah satu nominasi Manager of the Season setelah sukses membawa Chelsea tak terkalahkan di kompetisi domestik dengan rekor 12 kemenangan dan tiga kali imbang. Hasil tersebut membawa kita memenangi gelar Women's Super League musim 2019/20 setelah kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Banyak penampilan tak terlupakan yang disuguhkan tim tersebut, salah satunya kemenangan liga atas Manchester City untuk kali pertama sejak 2014, lalu dua kemenangan atas Arsenal, serta kemenangan dramatis 1-0 pada pertemuan perdana dengan Manchester United.

Hayes dan timnya juga meraih trofi lain ketika mengalahkan Arsenal 2-1 di final Continental Tyres League Cup, Februari lalu, aksi terakhir tim sebelum harus menjalani karantina virus corona.

Manajer lain yang masuk nominasi adalah: Nick Cushing (Manchester City), Willie Kirk (Everton), Karen Hill/ Juan Amoros (Tottenham Hotspur), dan Casey Stoney (Manchester United).

Pilih Hayes di sini

Pemain Chelsea No.9, Bethany England memainkan peran kunci pada musim juara klub. Pemain depan itu menyelesaikan musim sebagai top skorer sebagai 21 gol, 14 di antaranya diukir di Women's Super League.

Pemain 26 tahun itu, menjadi WSL Player of the Month Januari dan Februari, memimpin lini serang The Blues dengan penuh percaya diri dan mampu membuktikan keganasan di depan gawang musim ini. Dia mampu mencetak gol dengan berbagai cara; mulai dari sundulan kepala, tendangan jarak jauh, kemampuan teknik, hingga tap-in yang sederhana.

Naluri golnya sudah muncul saat pekan pertama musim ini baru berjalan lima menit ketika tendangan kerasnya dari jarak 30 meter menembus jala gawang Tottenham Hotspur di Stamford Bridge.

Momen berkesan lainnya untuk England adalah saat mencetak gol di kandang Arsenal dengan tendangan menawan dari tepi kotak, yang membawa kita membukukan kemenangan derby 4-1. Ada pula sentuhan pertama yang menentukan tendangan keras kaki kiri saat melawan Birmingham dan tendangan roket dari jarak jauh pada laga yang diwarnai enam gol menghadapi Manchester City.

Jangan lupakan juga kontribusinya di final Continental Tyres League Cup dengan menjaringkan dua gol. Gol keduanya tercipta saat tambahan waktu guna membawa kemenangan dramatis 2-1 atas The Gunners.

Nominasi Guro Reiten didapat setelah musim debut di kasta tertinggi sepakbola Inggris yang cemerlang. Pemain kidal yang kreatif itu mencatat lima gol serta delapan assist dalam 15 pertandingan liga.

Tidak ada pemain yang menciptakan peluang lebih banyak di WSL musim ini daripada Reiten dan kerja keras pemain asal Norwegia itu memudahkannya memperoleh kepercayaan sebagai pemain inti. Seperti halnya dengan England, Reiten berperan besar dalam sukses The Blues dan dia mampu menjadi penopang lini depan tim.

Ketika tim asuhan Hayes tertinggal satu gol dari Liverpool, Desember lalu, pemain Norwegia ini lah yang memberikan umpan silang akurat sehingga England menyarangkan gol penyama kedudukan. Dia kemudian memberikan umpan sempurna yang dimanfaatkan Sam Kerr dengan sundulan kepala, sebelum menciptakan gol sundulan sendiri saat meraih kemenangan besar di markas Arsenal.

Ketika tim kesulitan mengatasi Birmingham pada laga tengah pekan yang ketat, footwork lincah Reiten di dalam kotak penalti yang dipadati pemain lalu diakhiri dengan penyelesaian yang tenang berhasil memecah kebuntuan.

Berbagai momen penting itu disertai pula dengan unjuk kualitas seperti gol tendangan lob first-time Reiten ke gawang Reading pada Tahun Baru.

Nominator lain adalah: Lauren Hemp (Manchester City), Chloe Kelly (Everton), dan Vivianne Miedema (Arsenal).

Pilih England atau Reiten di sini
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA