Berita

Refleksi tahun pertama Lampard

Sabtu, 4 Juli, menandai satu tahun sejak Frank Lampard menjadi pelatih kepala Chelsea. Dalam konferensi pers, Jumat sore, dia berbagi pikiran tentang 12 bulan pertamanya bertugas, tentang apa yang dipelajari dan apa yang ingin diubahnya.

Hari yang menggembirakan bagi segenap fans The Blues musim panas lalu ketika salah satu pemain terbesar kita kembali ke klub dengan posisi yang berbeda. Dalam situasi normal, Lampard mungkin sedang mempersiapkan pramusim keduanya saat ini, tapi pandemi global mengakibatkan dirinya masih punya beberapa pertandingan sepanjang sisa musim untuk dianalisis. Jelas, ini tahun penuh warna baginya.

"Terasa seperti sudah lama sekali, tapi pada saat yang sama waktu cepat berlalu," ujar Lampard.

"Posisi ini sesuatu yang sangat saya banggakan dan begitu juga dengan kesempatan yang datang satu tahun lalu. Banyak yang sudah terjadi, banyak situasi yang gila untuk semua orang. Pengalaman menjadi manajer Chelsea saja sudah terasa hebat."

"Saya banyak belajar. Meski saya sudah mengenali klub ini, tapi saya tidak kenal begitu baik dengan skuadnya. Banyak hal yang berubah, ada tantangan yang berbeda-beda setiap pekan. Setiap manajer selalu belajar setiap waktu, seperti saya di Derby tahun sebelumnya. Benar-benar pengalaman yang bisa dinikmati, banyak hal yang saya pelajari dan akan terus saya pelajari."

"Masih banyak yang harus dilakukan, jadi saya bisa mengingat-ingat memori tentang apa yang bagus dan tidak begitu bagus yang terjadi sepanjang tahun. Tapi, saya lebih sangat fokus untuk tahun yang akan datang."

The Blues saat ini berada di peringkat keempat dengan enam pertandingan tersisa, ditambah satu laga semi-final Piala FA, dan Lampard merasa dia ingin mengubah sesuatu di masa lalu jika punya kesempatan melakukannya.

"Selalu ada hal-hal kecil. Sepakbola pada akhirnya, hasil tidak selalu mencerminkan kerja keras Anda atau harapan Anda, atau atas dasar apapun keadaan bisa berubah."

"Saya sendiri yang menentukan keputusan yang saya buat, atau cara saya bekerja atau kami bekerja, dan saya mencoba dan menganalisisnya. Mungkin kalau mengingatnya, saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda, tapi saya melihat ke depan. Kalau ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana, lebih baik membenahinya untuk masa yang akan datang."

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA