Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Crystal Palace 2 Chelsea 3

Pertandingan penuh aksi di Selhurst Park diwarnai total lima gol dan berakhir dengan kemenangan Chelsea.

Gol pertama kita dicetak melalui serangan balik cepat yang dituntaskan oleh Olivier Giroud. Setengah jam pertandingan, keunggulan itu digandakan oleh Christian Pulisic. Kedua gol Chelsea diotaki oleh Willian. Namun, sebelum jeda, tendangan keras Wilfried Zaha membuat Kepa Arrizabalaga tak berkutik.

Rentetan gol terus terjadi di babak kedua. Keunggulan dua gol kita dikembalikan oleh Tammy Abraham, tapi The Eagles langsung membalasnya melalui Christian Benteke.

The Blues lolos dari tekanan saat masa tambahan waktu. Aksi Kepa dan pencegahan Kurt Zouma berhasil membuahkan raihan tiga poin di kandang lawan.

Abraham menyarangkan gol kemenangan

Meredam kegugupan dini

Chelsea mulai dengan positif kendati tuan rumah memperoleh peluang pertama ketika operan Ross Barkley memberikan tekanan Kepa Arrizabalaga. Sang kiper keluar dengan cepat, bola mengarah ke James McArthur, tapi beruntung sepakan sang pemain melebar. Momen menegangkan lain muncul ketika Reece James kehilangan bola, tetapi ini justru membuat Chelsea kembali fokus dan Billy Gilmour menancapkan pengaruh di lini tengah.

Pada menit keenam, Gary Cahill gagal mengejar umpan dan mendadak jatuh ke lapangan memegangi hamstring. Willian menguasai bola liar dan memudahkan Olivier Giroud menuntaskannya menjadi gol. Palace sempat memprotes karena bola tetap dimainkan meski Cahill mengalami cedera, tapi wasit tetap mengesahkan gol. Kredit untuk para pemain Chelsea yang mengecek kondisi Cahill sebelum melanjutkan pertandingan lagi.

Giroud turns in the opener

Cahill tak dapat melanjutkan pertandingan sehingga digantikan oleh Mamadou Sakho. Tak butuh lama bagi sang pemain pengganti untuk langsung beraksi. Upayanya berhasil mencegah Giroud menjangkau umpan silang Cesar Azpilicueta.

Chelsea terus menguasai pertandingan. Tiga gelandang yang dimainkan Frank Lampard tampak nyaman dengan bola. Sementara itu, Willian dan Christian Pulisic kerap bertukar posisi untuk membingungkan para bek Palace.

The Eagles jarang diberi kesempatan menyusup masuk kotak penalti. Upaya McArthur pada menit ke-24, lagi-lagi dari jarak jauh, dapat digagalkan oleh Andreas Christensen.

Peluang udara yang didapat Zouma

Gol kedua tak menunggu lama. Sesaat setelah rehat minum, serangan kilat yang dibangun Mason Mount membuat Willian terlepas. Dengan kecepatannya, pemain Brasil itu melakukan umpan satu dua dengan Giroud. Bola lalu diberikan kepada Pulisic, yang mengecoh Joel Ward sebelum melepaskan tembakan kaki kiri. Vicente Guaita tak mampu menjangkau bola yang mengarah ke tiang dekat.

Gol ini mencerminkan kerja sama tiga pemain depan Chelsea yang kerap memberi kekacauan di pertahanan Palace.

Harapan Palace

Ketika The Blues bermain dengan penuh percaya diri dan kenyamanan, gawang mereka justru bobol sebelum jeda.

Pulisic gandakan keunggulan, 2-0

Setelah serangkaian upaya melalui tendangan penjuru, Palace menciptakan gol balasan. Wilfried Zaha masih 35 meter dari gawang saat mendapat bola muntah, tapi pemain internasional Pantai Gading itu mengontrolnya, lantas melesakkan tembakan deras yang tak kuasa dibendung Kepa.

Kita mencoba bangkit mengembalikan keunggulan dua gol. Sebuah serangan menjanjikan dari Pulisic terpaksa dihentikan Luka Milivojevic, yang berbuah kartu kuning untuk sang kapten Palace.

Gol Zaha rupanya membuat keyakinan Palace kembali. Sejumlah upaya lanjutan membahayakan gawang Kepa, seperti melalui peluang Ward dan Benteke. Chelsea membalas dengan satu tendangan bebas hasil pelanggaran terhadap Pulisic, tapi bola berhasil dimentahkan Dann.

James menghadapi mantan full-back Chelsea, Patrick van Aanholt.

Kembali unggul

Para pemain Chelsea meraih kembali ketenangan saat babak kedua dimulai. Sempat muncul kekhawatiran ketika wajah Willian dihantam bola sepakan Van Aanholt, tapi tidak ada yang serius.

Peluang gol kembali muncul. Kali ini Giroud gagal memanfaatkannya. Umpan silang James dari sayap kanan disambut sundulan. Meski Guaita tak berdaya, bola melayang ke atas mistar.

Pertandingan sempat terhenti ketika Milivojevic bertabrakan dengan Benteke menyusul sebuah duel udara. Kedua pemain membutuhkan perawatan medis sebelum melanjutkan pertandingan.

Ketika dimulai lagi, kedua tim tampak mulai kehilangan konsentrasi sehingga pertandingan seolah berjalan sporadis. Terlihat dari peluang yang didapat Palace ketika Zouma dan Barkley harus berjibaku agar gawang kita tak kembali bobol.

Abraham celebrates our third goal

Rentetan aksi

Melihat hal ini, Lampard langsung menarik keluar Giroud dan Barkley dan memasukkan Tammy Abraham dan Ruben Loftus-Cheek pada menit ke-65.

Dua pemain pengganti itu terbukti memberi kontribusi tambahan gol tim. Loftus-Cheek memecah konsentrasi pemain lawan sebelum memberikan umpan terobosan yang diselesaikan dengan tenang oleh Abraham.

Namun, keunggulan dua gol tak bertahan lama. Hanya semenit, Benteke sukses menuntaskan umpan silang Van Aanholt dari jarak dekat.

Pertandingan jadi berjalan cepat dan menarik. Namun, sepanjang sisa 15 menit pertandingan, tak ada peluang bersih yang mampu diciptakan kedua tim.

Masuknya Jorginho berhasil mengendalikan permainan buat kita. Sepanjang sepuluh menit terakhir, ancaman Palace bisa diredam. Bahkan, seharusnya Mount dan Willian berpeluang memperbesar kemenangan.

Namun, di ujung laga, kita butuh kepahlawanan Kepa untuk menepis sundulan rendah Benteke. Begitu pula dengan Zouma yang sukses melakukan hentian penting ketika Benteke terlepas sendirian di dalam area penalti.

Para pemain Chelsea ikut mengecek cedera yang dialami Gary Cahill.

Susunan tim

Lampard hanya melakukan satu perubahan dalam susunan tim inti yang mengalahkan Watford, akhir pekan lalu. N'Golo Kante mengalami cedera hamstring sehingga posisinya digantikan oleh Billy Gilmour dalam formasi tiga gelandang. Ini merupakan start kedua Gilmour di Premier League sekaligus penampilan keduanya sejak sepakbola kembali bergulir bulan lalu.

Giroud sedang on fire

Kesuburan Olivier Giroud sejak kompetisi dimulai lagi terus berlanjut. Pada pertandingan ini, striker Prancis itu mencetak gol kelimanya dalam delapan penampilan terakhir di Premier League.

Bandingkan dengan hanya tiga gol yang dibuatnya dalam 38 pertandingan sebelumnya di ajang yang sama.

Keran gol Giroud dimulai Februari saat kita menang di markas Tottenham dan kemudian berlanjut pada laga terakhir sebelum lockdown, yaitu saat menang 4-0 atas Everton.

Performa bagus itu berlanjut sejak bulan lalu. Giroud mencetak gol kemenangan ke gawang Aston Villa kemudian berturut-turut membuka kemenangan kita atas Watford dan Crystal Palace.

Giroud merayakan gol pembuka

Naik ke peringkat ketiga, untuk saat ini

Kemenangan ini membawa kita untuk sementara naik ke peringkat ketiga klasemen Premier League, dua poin di atas Leicester City yang bertanding tepat sesudah pertandingan ini.

Chelsea (4-3-3): Kepa, James, Zouma, Christensen, Azpilicueta (c); Mount, Gilmour, (Jorginho 80) Barkley (Loftus-Cheek 65); Willian, Giroud (Abraham 65), Pulisic

Cadangan tak bermain: Caballero, Rudiger, Alonso, Pedro, Hudson-Odoi, Batshuayi

Pencetak gol: Giroud 6, Pulisic 28, Abraham 71

Crystal Palace (4-1-4-1): Guaita; Ward, Dann, Cahill (Sakho 6), Van Aanholt; Milivojevic (c) (Meyer 88); Ayew (Townsend 81), McArthur (McCarthy 81), Kouyate, Zaha; Benteke

Cadangan tak bermain: Hennessey, Woods, Mitchell, Pierreck, Riedewald

Pencetak gol: Zaha 35, Benteke 72

Kartu kuning: Milivojevic 37

Wasit: David Coote

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA