Pratinjau Laga

Catatan Pra-Pertandingan: Crystal Palace v Chelsea

Sebuah pertemuan di sore hari Kota London selatan bagi The Blues kali ini, dan sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton telah mempersiapkan untuk beberapa uraian dari laga yang penuh aksi ini ...

Malam ini laga tertuju ke Chelsea, sebagai tim produktif di Premier League tertinggi kedua di musim ini, akan bertandang ke Crystal Palace, tuan rumah dengan tim paling sedikit menjebol lawan di kompetisi teratas. Skuat The Blues yang berada di posisi keempat klasemen sementara yang sukses memenangkan empat dari lima pertandingan yang dihadapi, sementara tim Roy Hodgson, yang aman di papan tengah, mengalami tiga kekalahan beruntun baru-baru ini. 

Frank Lampard mencatat mentalitas tim mudanya tampak lebih kuat ketika bangkit dari kekalahan ketimbang memanfaatkan keteledoran tim rival lainnya di klasemen, meski begitu timnya dapat memberikan tekanan yang lebih untuk kepercayaan diri Leicester, yang akan melakukan perjalanan yang sulit ke Arsenal, dan bisa lompat ke posisi ketiga jika Chelsea sukses malam ini dan Leicester tertahan oleh Arsenal.

Chelsea sendiri selalu menang dan mengantongi tiga poin pada tujuh laga dari sembilan kunjungan terakhir ke Selhurst Park, dimulai dengan gol kemenangan Paul Furlong untuk pasukan Glenn Hoddle pada September 1994. Laga imbang di London Selatan terakhir terjadi antara kedua belah pihak adalah pada Maret 1993, di bawah manajer sementara David Webb.

Premier League London mini-league
GWDLPPpG
Chelsea7412131.9
Tottenham6312101.7
Arsenal7241101.4
Crystal Palace622281.3
West Ham820660.8


 

Kemenangan malam ini, akan menjadikan Frank Lampard sebagai manajer Inggris pertama yang mencatatkan dua kali kemenangan dari Crystal Palace bagi Chelsea sejak Dave Sexton di 1971/72.

photo of Key Stat Key Stat

Cara Hodgson

Dengan mengalahkan Watford pada hari Sabtu lalu, Chelsea membukukan kemenangan ganda di liga, setelah sebelumnya juga sukses menang ganda laga tandang dan kandang di liga saat melawan Aston Villa, Burnley dan Tottenham. Catatan tersebut bisa jadi kelima andai bisa kalahkan Crystal Palace malam ini.

Keberhasilan 2-0 yang nyaman di laga kandang di Stamford Bridge pada bulan November menyusul kemenangan tandang melawan The Hornets, keduanya terjadi saat menang enam pertandingan beruntun di putaran pertama.

Saat pertemuan pertama, Tammy Abraham dan Christian Pulisic sukses membobol jaring gawang lawan di babak kedua dan Reece James saat itu dengan aksinya mematahkan ancaman dari Wilfried Zaha.

James dan Zaha akan berhadapan langsung

The Blues akan mengharapkan hal yang sama dari Palace malam ini. Tim asuhan Hodgson kemungkinan akan bertahan tanpa bola, dan akan melesat ke arah lawan dengan bola melakukan serangan balik. Striker tunggal Palace, Christian Benteke biasanya menjadi target pertama untuk mengoper bola tersebut dari belakang, dan Zaha akan terlibat banyak permainan sebanyak mungkin. Pemain Pantai Gading itu adalah pemain yang paling sering kena tekel di liga musim ini. 

The Holmesdale End tercatat hanya menyaksikan hanya 26 gol liga musim ini - 12 untuk Palace, 14 untuk tim tamu - dan hanya tujuh gol di 45 menit pembuka babak pertama. Itu catatan yang paling sedikit di papan atas. Secara menyedihkan, mantan bek tengah Chelsea Gary Cahill telah bertanggung jawab atas tiga dari tujuh tembakan dari The Eagles yang tepat sasaran sejak dimulainya kembali kompetisi ini.

Willian yang Efektif

Efisiensi Willian terus berlanjut dan hari sabtu lalu ia telah mencatat tujuh gol dan dua assist dalam delapan pertandingan di semua kompetisi sejak awal Maret. Sekarang ini adalah musim yang paling produktif dengan Chelsea secara statistik, dengan sembilan gol dan lima assist di liga. Dia memiliki lima laga lagi untuk menambah angka-angka itu.

Willian cetak 4 gol di 5 matches & pengaruh Christian Pulisic! | Unseen Extra
Combined Premier League goals and assists in 2019/20
Tammy Abraham13 goals3 assists16 combined
Willian9514
Mason Mount6410
Christian Pulisic729
Cesar Azpilicueta268
Marcos Alonso426
Jorginho426
Ross Barkley145
Callum Hudson-Odoi145
Olivier Giroud404
Mateo Kovacic134
N’Golo Kante303

Tercatat, pemain asal Brasil ini memiliki tingkat keberhasilan 100% dari tujuh penalti yang diambilnya sejak tiba di London, dan merupakan pemain Chelsea pertama yang mencetak gol dari titik penalti dalam tiga pertandingan Premier League berturut-turut.  

The Blues telah melakukan tujuh tendangan penalti di liga musim ini, menyamai total terbesar sejak 11 penalti selama musim pertama Eden Hazard, 2012/13.

Catatan lainnya 

Kemenangan melawan Watford membawa pada aspek terbaik dari kinerja West Ham - kecepatan dalam melewati, bermain melewati garis pertahanan lawan - tetapi lebih efisien di akhir.

Sejak liga dimulai kembali, upaya Mason Mount secara keseluruhan telah didistribusikan secara lebih merata di seluruh pertandingan dengan efek yang luar biasa, sementara Ross Barkley, yang sukses menjaringkan gol liga pertamanya dalam 20 bulan terakhir serta membuat satu asis untuk Olivier Giroud, telah tampil secara konsisten sejak bulan Maret lalu.

Giroud memaksimalkan umpan indah dari Barkley

Di lini pertahanan, kinerja dominan Kurt Zouma dipuji oleh banyak orang, dan empat kali starternya di segala kompetisi kini berakhir dengan kemenangan dan clean sheet. Keunggulan duel udara pemain internasional Prancis itu adalah salah satu alasan mengapa The Blues terlihat jauh lebih nyaman menghalau umpan silang daripada saat melawan West Ham di Stadion London.

Catatan lainnya, Watford hanya mencetak tiga gol dari umpan silang/sepak pojok itu. Crystal Palace sedikit lebih sukses dengan enam gol, dan juga mencoba umpan silang paling sedikit kedua di liga musim ini.

Sementara itu, cedera pada N’Golo Kante dan Mateo Kovacic telah menciptakan dilema lini tengah pada posisi gelandang bertahan. Meskipun Lampard sempat melirik ke Billy Gilmour saat kemenangan Watford, Frank Lampard kemudian mengkonfirmasi Jorginho (yang absen pada pertandingan pertama setelah restart karena skors) tetap ada dalam pertimbangannya sebagai starter di posisi tersebut di laga vs Crystal Palace nanti.

Jorginho dan Lampard pada sesi latihan kemarin

Statistik Kunci 

Kemenangan malam ini akan menjadikan Frank Lampard manajer Inggris pertama yang melakukan kemenangan ganda kandang dan tandangdi liga atas Crystal Palace untuk Chelsea sejak Dave Sexton pada 1971/72.

Race for Europe - maximum possible points
PPtsGDMax
1Liverpool338947104
2Manchester City33664781
3Leicester City33583273
4Chelsea33571672
5Manchester Utd33552370
6Wolverhampton3352967
7Arsenal3349864
8Tottenham3348863
9Sheffield Utd3348163
Next three league matches
LeicesterChelseaMan Utd
Arsenal aBournemouth aSheff Utd h
Palace aSheff Utd aNorwich h
Villa aSouthampton hPalace a
Ini akan menjadi pertemuan penting di the Bridge

Kombinasi Gol dan Asisst Chelsea di Premier League 2019/20

Tammy Abraham: 13 gol, 3 asis, total 16 
Willian: 9 gol , 5 asis, total 14
Mason Mount: 6 gol, 4 asis, total 10
Christian Pulisic: 7 gol, 2 asis, total 9
Cesar Azpilicueta: 2 gol, 6 asis, total 8
Marcos Alonso: 4 gol, 2 asis, total 6 
Jorginho: 4 gol, 2 asis, total 6Ross Barkley: 1 gol, 4 asis, total 5
Callum Hudson-Odoi: 1 gol, 4 asis, total 5
Olivier Giroud: 4 gol, 0 asis, total 4
Mateo Kovacic: 1 gol, 3 asis, total 4
N’Golo Kante: 3 gol, 0 asis, total 3

A famous celebration during our last goal-laden run


Bola Baru

Sementara itu, Nike telah merilis bola resmi untuk Premier League 2020/21. Para penjaga gawang sering sekali mengeluh tendang bola musim ini yang tidak bisa diprediksi karena sangat ringan, yang memiliki permukaan halus, membuat bola itu dapat menarik dan berbelok saat di udara.

Baru baru 'Flight Ball' terbuat dari empat panel dibandingkan dari bola biasa yang memiliki dua belas panel, fitur teknologi permukaan alur dicetak perusahaan bernama AerowSculpt. Setelah 1.700 jam pengujian selama delapan tahun terakhir, mereka mengklaim peningkatan aerodinamika akan menghasilkan 'bola yang lebih stabil'.

Bola Resmi Musim Depan

Bola ini juga akan memberikan tambahan efek yang tidak kita duga. Dengan tambahan permukaan alur untuk memegang, apakah musim depan kita akan melihat deretan pemain spesialis lemparan ke dalam baru?


Hasil dan Jadwal Premier League

Selasa
Tottenham 1-0 Everton

Rabu
Crystal Palace v Chelsea 00.00 WIB (MolaTV)
Watford v Norwich 00.00 WIB (MolaTV)
Arsenal v Leicester 02.15 WIB (MolaTV)

Kamis
Man City v Newcastle 00.00 WIB (MolaTV)
Sheffield Utd v Wolves 00.00 WIB (MolaTV)
West Ham v Burnley 00.00 WIB (MolaTV)
Brighton v Liverpool 02.15 WIB (MolaTV)

Jumat
Bournemouth v Tottenham 00.00 WIB (MolaTV)
Everton v Southampton 00.00 WIB (MolaTV)
Aston Villa v Man Utd 02.15 WIB (MolaTV)

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA