Blog

Deretan Pelatih Chelsea Asal Italia

Mantan pemain merangkap pelatih Chelsea, Gianluca Vialli, merayakan ulang tahun ke-56 hari ini (9 Juli) dan untuk menandainya, mari mengilas balik kiprahnya bersama The Blues serta lima pelatih Italia lain yang pernah berkiprah di Stamford Bridge.

Gianluca Vialli

Ditunjuk: Februari 1998
Jumlah Pertandingan: 143 (76 menang, 38 imbang, 29 kalah)
Gelar: Piala Liga, Piala Winners, Piala Super UEFA 1998, Piala FA 2000

Setelah bergabung dengan Chelsea pada musim panas 1996, Vialli menggantikan Ruud Gullit sebagai pemain-pelatih di pertengahan musim 1997/98 dan menikmati kesuksesan ketika ia memimpin The Blues memenangkan Piala Liga dan Piala Winners dalam tiga bulan pertamanya melatih tim.

Kami juga sukses merengkuh Piala Super dan finis ketiga di Premier League (finish tertinggi kami selama 29 tahun) pada musim berikutnya, dan mengangkat Piala FA dan mencapai perempat final pada debut Liga Champions kami pada 1999/2000, catatan tersebut menjadikan mantan striker kami menjadi manajer paling sukses pada saat itu. 

 

Claudio Ranieri

Ditunjuk: September 2000
Jumlah Pertandingan: 199 (107 menang, 46 imbang, 46 kalah)

Setelah awal musim yang tak cukup bagus pada 2000/01, Vialli digantikan oleh Ranieri yang membawa banyak pengalaman untuk peran kepelatihan tersebut setelah sebelumnya ia bertanggung jawab atas Fiorentina, Valencia dan Atletico Madrid di catatan kariernya. 

Selama menangani The Blues, Ranieri tidak memenangkan trofi penting, tapi semasa di Stamford Bridge ini sangat penting karena ia jadi pelatih yang mendatangkan pemain seperti Frank Lampard, William Gallas, dan Claude Makelele untuk membawa kita finis empat besar pada 2002/03 yang mengamankan tempat di Liga Champions untuk musim selanjutnya dan menandakan kedatangan Roman Abramovich sebagai pemilik baru Chelsea.

 

Carlo Ancelotti

Ditunjuk: Juli 2009
Jumlah Pertandingan: 109 (67 menang, 20 imbang, 22 kalah)
Gelar: Premier League, Piala FA 2010

Ancelotti membuat sejarah Chelsea pada 2010 ketika ia menjadi pelatih pertama yang membawa kami meraih double winners. Memainkan tradisi sepakbola penyerang yang menarik di bawah mantan bos AC Milan tersebut, The Blues menjadi tim pertama yang mencetak lebih dari 100 gol di Premier League musim itu, saat kami meraih gelar setelah kemenangan 8-0 atas Wigan di pertandingan terakhir.

Kemenangan 1-0 atas Portsmouth di final Piala FA di Wembley seminggu kemudian mengakhiri musim yang mengesankan karena The Blues menjadi klub ketujuh yang memenangkan kedua trofi domestik utama Inggris (liga dan FA) dalam satu musim.


Roberto Di Matteo

Ditunjuk: Maret 2012
Jumlah Pertandingan: 42 (24 menang, 9 imbang, 9 kalah)
Gelar: Liga Champions, Piala FA 2012

Masa-masa Di Matteo menjadi pelatih Chelsea hanya berlangsung selama delapan bulan tetapi mantan gelandang itu membawa sentuhan Midas saat kami mengangkat dua trofi utama selama masa jabatannya yang singkat di Stamford Bridge. 

The Blues memenangkan Piala FA untuk ketujuh kalinya setelah kemenangan atas Tottenham Hotspur di semi final dan Liverpool di final, tetapi kami memuncaki kesuksesan itu dengan mengangkat Liga Champions untuk pertama kalinya setelah kemenangan dramatis atas Bayern Munich di laga final.


Antonio Conte

Ditunjuk: Juli 2016
Jumlaha Pertandingan: 106 (69 menang, 17 imbang, 20 kalah)
Gelar: Premier League 2017, Piala FA 2018

Antonio Conte menjadi pelatih kepala setelah finis di tempat ke-10 yang mengecewakan oleh The Blues di Premier League musim sebelumnya, tetapi ia membawa perubahan yang luar biasa ketika kita menuju gelar liga pada 2016/17, saat itu tim mencatatkan rekor liga dengan 13 kemenangan di liga secara beruntun dari Oktober hingga Desember.

Sementara The Blues gagal mempertahankan gelar liga di musim berikutnya, namun kita meraih kesuksesan di Piala FA, dan mengangkat trofi untuk kedelapan kalinya setelah menang 1-0 atas Manchester United di laga final.


Maurizio Sarri

Ditunjuk: Juli 2018
Jumlah Pertandingan: 63 (39 menang, 13 imbang, 11 kalah)
Gelar: Liga Europa 2019

Maurizio Sarri tiba di Stamford Bridge pada musim panas 2018 dan menjadi perjalanan satu musim untuk menangani skuat The Blues, dan ia memenangkan gelar perdananya sebagai manajer ketika sukses memenangkan Liga Europa melalui kemenangan 4-1 yang mengesankan atas Arsenal di final.

Chelsea juga finis ketiga di liga untuk mengamankan tempat di Liga Champions dan nyaris sukses merengkuh Piala Liga kalau saja tidak kalah karena adu penalti oleh Manchester City di final.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA