Pratinjau Laga

Catatan Pra-Pertandingan: Sheffield United vs Chelsea

Dari London selatan ke Yorkshire Selatan. The Blues kembali ke laga tandang akhir pekan ini, dan sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton telah melihat semua poin pembicaraan penting menjelang pertandingan pertama kami di Bramall Lane setelah hampir 14 tahun...

Chelsea punya keuntungan untuk istirahat tiga hari sebelum laga ini, dan tercatat punya satu hari lebih lama dari waktu istirahat tim tuan rumah, Sheffield United. Kubu Frank Lampard harus bangga karena punya rekor tandang terbaik kedua di Premier League, dengan 30 poin dari 17 pertandingan, serta 36 gol tandang -terbanyak di kompetisi teratas musim ini.

Laga ini akan menjadi Bramall Lane dengan kondisi tanpa penonton, yang nantinya akan beresonansi dengan lagu 'Lagu Annie / Greasy Chip Butty' sebelum kick-off ke-35 musim ini, tetapi Chelsea akan dipenuhi dengan rasa percaya diri menatap musim ini berakhir.

Di kandang sendiri, skuat berjuluk The Blades kebobolan hampir dua kali lipat gol di babak kedua dibandingkan di babak pertama. Meski demikian, saat pertemuan pertama di kandang akhir Agustus lalu, skuat The Blues malahan kebobolan dua kali setelah jeda dan unggul  dua gol dan hasil akhir saat itu imbang 2-2.

Chelsea 2-2 Sheffield United | Premier League (K)

Dengan empat pertandingan liga tersisa dan 12 poin tersedia, perhitungan secara matematis menjadi lebih penting ketimbang estetika bagi tim yang ingin menyelesaikan posisi di klasemen setinggi mungkin. Bisa dibilang, waktu semakin mepet kali ini.

Berkat kemenangan yg cukup mengesankan di kandang Crystal Palace pada hari Selasa lalu, The Blues sekarang satu poin di atas Leicester yang berada di urutan keempat, dua poin di atas Manchester United, dan delapan di depan Wolverhampton Wanderers.

Sejak Premier League dimulai kembali pada bulan Juni, tim Frank Lampard mendapatkan poin lebih banyak per pertandingan dari tim manapun kecuali dari Manchester United.

Since the restart
PWDLGDPpG
Manchester Utd5410122.6
Chelsea540152.4
Southampton531142
Manchester City6402152
Liverpool531142
Burnley5311-22
Wolves530211.8
Arsenal631241.7
Everton522111.6
Newcastle522111.6
Tottenham522111.6
Brighton5212-31.4
Leicester513121.2
Sheffield Utd6222-31.3
West Ham5113-40.8
Watford5113-50.8
Crystal Palace5104-50.6
Aston Villa5023-40.4
Bournemouth5014-90.2
Norwich City5005-100


 

Chelsea bisa mendapatkan dua kemenangan beruntun di Bramall Lane untuk pertama kalinya sejak 1965.

photo of Key Stat Key Stat


Sempat Kehilangan Arah dan Bingung

Kemenangan dari Crystal Palace kemarin membuat kita mengamankan dua kali kemenangan di tandang dan kandang dari mereka musim ini, dan hal itu berpeluang terjadi lagi saat pertandingan melawan Norwich dan Wolves. Kemenangan dari Palace memang tak sempurna namun tetap tiga poin yang dikantongi di Selhurst Park benar-benar sangat vital kali ini. Saat itu Leicester kehilangan poin lagi yang berarti tempat ketiga ada di tangan kita.

Hampir seperenam dari total gol liga kita di kandang Palace musim ini dicetak Selasa malam kemarin. Kegelisahan yang terlihat jelas di West Ham kembali muncul di benak para pemain, tetapi kami mencoba menambah banyak energi, kepribadian, dan tekad selama pertandingan.

Gol kemenangan Tammy Abraham akan memberikan kepercayaan diri baginya setelah lama tak mencetak gol dan Olivier Giroud sedang dalam kondisi terbaiknya setelah sukses cetak gol kelimanya dari tujuh laga di liga saat kembali digulirkan. Willian menambahkan dua assist, menjadikan total assist di musimnya kali ini menjadi tujuh - menyamai catatan terbaiknya untuk The Blues sebelumnya.

Skor 2-3 mungkin saja tidak akan bertahan, tentu saja, tanpa intervensi penyelamatan gemilang dari Kepa Arrizabalaga dan Kurt Zouma, tetapi sekali lagi pencetak gol kedua Christian Pulisic, dengan pergerakan dan larinya ke pertahanan lawan, tampil menonjol saat itu. Dengan empat pertandingan tersisa, pemain sayap ini telah menggandakan catatan gol terbaik di kariernya, dan Chelsea telah memenangkan setiap pertandingan liga dimana pemain berjuluk ‘Pennsylvania Express’ ini selalu masuk ke daftar pencetak gol di setiap laganya.

Semua Sentuhan Christian Pulisic Sejak Kompetisi Digulir Kembali


Berjalan di Sisi Wilder

Setelah Sheffield United sukses menekuk Wolves di laga tengah pekan lalu, pelatih kepala Chris Wilder mengklaim 'tidak ada yang berbicara tentang kesempatan menuju Eropa' di Bramall Lane. Dia dan pasukannya lebih senang diremehkan, menampilkan kualitas organisasi tim underdog, usaha keras, kebugaran tim, dan sedikit kualitas.

Ketika mereka bermain imbang 0-0 di Aston Villa baru-baru ini, dalam aksi laga liga pertama setelah 100 hari jeda pandemi, The Blades melewatkan kesempatan untuk menjadi tim promosi pertama sejak Ipswich pada 2000/01 yang memperoleh 45 atau lebih dari 29 pertandingan pertama mereka.

Itu merupakan permasalahan urusan mencetak gol terakhir mereka - hanya Brighton, Norwich, dan Villa yang mencetak lebih sedikit dari delapan pertandingan sebelumnya. Kekalahan di Old Trafford membuatnya menjadi tiga kali gagal mencetak gol secara beruntun di liga untuk pertama kalinya sejak 2013 di League One.

Empat pemain selalu menjadi starter setiap pertandingan kompetisi teratas untuk skuat The Blades sejauh ini: bek tengah Chris Basham, bek sayap George Baldock dan Enda Stevens, dan maestro set-piece Oliver Norwood. Namun, para pemain pinjaman telah kembali ke klub asalnya dan rentetan cedera telah membuat Wilder kekurangan sumber daya untuk pemain pengganti. Wilder hanya membawa tujuh dari sembilan slot pemain cadangan untuk pertandingan Tottenham, dan delapan pemain untuk Burnley dan Wolves.

Chris Wilder Merayakan Kemenangan

Dia masih memilih penggantinya dengan bijak: tidak ada tim Liga Premier yang mencatat lebih banyak gol oleh pemain dari bangku cadangan daripada tim asal Yorkshire ini (tujuh gol), dengan Cherry Lys Mousset bertanggung jawab atas gol-gol tersebut.

Undian Liga Champions Eropa

Anda tak salah membaca ini: Pengundian untuk perempat final Liga Champions 2019/20, semifinal, dan final akan berlangsung di markas Nyon UEFA hari ini (Jumat) mulai pukul 11:00. Semua pertandingan nanti akan berlangsung di stadion tertutup di markas milik Benfica (termasuk final) atau di markas Sporting Lisbon.

Jadwal Liga Champions

7/8 Agustus: Babak 16 leg kedua

12–15 Agustus: Perempat final

18/19 Agustus: Semi final

23 Agustus: Final

Untuk The Blues, kalah 0-3 menjelang leg tertunda babak 16 besar dari Bayern Munchen, dan pertandingan ini mungkin terlihat seperti salah satu dari pertandingan tahun 1970-an yang berjudul 'Inilah yang bisa Anda menangkan' saat itu. Tentu saja kami masih berharap dan siapa yang tahu juga bagaimana persiapan Bayern untuk pertemuan nanti di Allianz Arena - setelah mereka melakukan jeda 32 hari pasca Bundesliga usai lebih cepat. 

Vonis dari kasus CAS Manchester City semakin dekat

Chelsea kembali naik ke tempat ketiga klasemen sementara pada hari Selasa untuk pertama kalinya sejak 23 November dan berada di empat besar sejak 19 Oktober silam.

Pada hari Senin, hasil banding Manchester City ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) untuk membatalkan larangan kompetisi Eropa mereka akan diterbitkan, hal tersebut akan menjadi acuan apakah finish di tempat kelima klasemen akhir akan mendapat jatah limpahan dari City di Liga Champions musim depan atau tidak.

Race for Europe - maximum possible points
PPtsGDMax
1Liverpool349249104
2Manchester City34695281
3Chelsea34601772
4Leicester City34593271
5Manchester Utd34582670
6Wolverhampton3452864
7Sheffield Utd3451263
8Arsenal3450862
9Tottenham3449861
10Burnley3449-861

Kemenangan di Yorkshire selatan nanti akan membawa Chelsea ke 63 poin, cukup untuk mengamankan tempat keenam minimum, dan mengakhiri upaya perebutan Liga Champions yang tersisa dari tuan rumah, Arsenal, Tottenham dan Burnley.

Berebut Jarah Eropa

Sheff United vs Chelsea - 11 Jul
Tottenham vs Arsenal - 12 Jul
Leicester vs Sheff Utd - 15 Jul
Burnley vs Wolves - 15 Jul
Tottenham vs Leicester - 18 Jul
Chelsea vs Wolves - 25 Jul
Leicester vs Man Utd - 25 Jul

Kita juga masih harus berhadapan dengan juara liga, Liverpool di Anfield

Bentrokan antar Tottenham-Arsenal itu bisa memberi kejelasan pada jatah kualifikasi Liga Europa, dan merupakan derbi London terakhir musim ini. Apapun selain kemenangan Spurs akan meninggalkan Chelsea sebagai tim teratas di ibukota musim ini.

Premier League London mini-league
GWDLPPpG
Chelsea8512162
Tottenham6312101.7
Arsenal7241101.4
West Ham820661.3
Crystal Palace722381.1

Belum ada keputusan untuk musim 2020/21

Klub-klub Premier League telah menunda keputusan mereka hingga 24 Juli tentang kapan musim 2020/21 akan dimulai, tetapi apapun yang mereka pilih, jarak antara Premier League musim ini dan musim depan akan sangat pendek

Tanggal mulai di jadwal pra-pandemi adalah 8 Agustus, dan dilaporkan bahwa opsi yang lebih dipilih untuk jadwal baru adalah akhir pekan 12/13 September nanti. Selain itu masih belum jelas kapan para penggemar akan diizinkan kembali ke stadion.

Tanggal yang dipilih akan memiliki arti yang lebih luas. Pihak UEFA sendiri lebih memilih jendela transfer, misalnya, untuk ditutup pada 5 Oktober. Tetapi klub telah membahas untuk memperpanjangnya untuk kompetisi domestik agar dapat membantu klub-klub yang sedang kesulitan.

Musim Premier League umumnya mencakup 34 akhir pekan dan empat tengah pekan dan setiap kompresi jadwal juga dapat membahayakan partisipasi beberapa klub di Piala Carabao.

Bahkan kali ini, pertandingan pembuka untuk musim ini mungkin harus mengganti jadwalnya. Duel Community Shield, yang mulai 1908 di Stamford Bridge sebagai laga amal sekaligus pembuka musim, secara tradisional menjadi pertandingan play-off antara pemenang dua kompetisi terbesar di Inggris: gelar liga dan Piala FA.

We last won the Community Shield in 2009

Rencana jadwal kompetisi sepakbola kini telah berubah sebagai hasil dari adanya jeda pandemi, dan jika satu tanggal yang disebutkan untuk Community Shield dipilih -yaitu 22 Agustus- maka itu akan berbenturan dengan laga final Liga Europa pada 21 Agustus, dan final Liga Champions pada tanggal 23.

Tiga dari empat semifinalis Piala FA - Chelsea dan dua klub Manchester - juga masih berada di kompetisi UEFA, dan mungkin saja tak bisa bermain di Community Shield. Jika itu yang terjadi maka FA untuk mengundang pemenang kompetisi Championship untuk menghadapi juara liga musim ini yaitu Liverpool di Wembley.


Jadwal Premier League

Sabtu 11 Juli
Norwich v West Ham 18.30 WIB (Mola TV)

Watford v Newcastle 18.30 WIB (Mola TV)

Liverpool v Burnley 21.00 WIB (Mola TV)

Sheffield Utd v Chelsea 23.30 WIB (Mola TV)

Minggu 12 Juli
Brighton v Man City 02.00 WIB (Mola TV)

Wolves v Everton 18.00 WIB (Mola TV)

Aston Villa v Crystal Palace 20.15 WIB (Mola TV)

Tottenham v Arsenal 22.30 WIB (Mola TV)

Bournemouth v Leicester (Mola TV)

Senin 13 Juli
Bournemouth v Leicester 01.00 WIB (Mola TV)

Selasa 14 Juli
Manchester United v Southampton 02.00 WIB (Mola TV)

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA