Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 1 Norwich City 0

Chelsea selangkah lagi menuju Liga Champions musim depan setelah mencatatkan kemenangan atas Norwich City dini hari tadi.

Gol sundulan Olivier Giroud di babak pertama membuat perbedaan level yang sangat jelas antara tim urutan tiga dengan tim peringkat terbawah di Premier League sejak awal babak pertama, hasil 1-0 itu tidak berubah hingga akhir akhir dan membuat posisi the Blues di empat besar semakin aman.

Kemenangan ini membuat tim asuhan Frank Lampard unggul empat poin dari Leicester City dan Manchester United, yang belum bermain. Walaupun lini pertahanan kita tidak terlalu baik musim ini, tetapi pertandingan tadi mencatat clean sheet keempat dari lima pertandingan kandang terakhir dan sebuah respon yang baik setelah kekalahan dari Sheffield akhir pekan lalu.

Tiga poin yang menggambarkan dominasi kita sepanjang pertandingan, kita membuat tim tamu gagal untuk melepaskan tembakan ke gawang Kepa selama 90 menit, kita juga mencatat 20 tembakan tetapi hanya satu yang berakhir dengan gol.

Tembakan Christian Pulisic masih bisa ditepis sebelum akhirnya Giroud mencetak satu-satunya gol pada pertandingan ini, setelah itu, Alonso melakukan kombinasi dengan pemain Amerika tersebut, walaupun usaha mereka juga belum membuahkan hasil. Tapi yang terpenting adalah tiga poin yang kita dapatkan dari pertandingan ini, dan the Blues bisa fokus ke dua pertandingan sisa di Premier League untuk finis di empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Pola yang Familiar

Seperti di pertandingan kita yang lain musim ini, khususnya di kandang, the Blues memulai pertandingan dengan lebih dominan dalam menguasai bola ketika melawan tim yang bertahan sangat dalam.  Bagaimana kita menggunakan keunggulan penguasaan bola itulah yang menjadi kunci kesuksesan kita di 15 menit pertama pertandingan ini.

Sundulan Ruben Loftus-Cheek melebar dan umpan silang Alonso yang berbahaya dari sisi kiri, walaupun tidak ada yang menyambutnya, membuktikan bahwa kita seperti dipaksa untuk memulai serangan dari sisi sayap.

The Blues yang Tumpul

Saat pertandingan memasuki menit ke 20, kiper the Canaries, Tim Krul melakukan penyelamatan pertama timnya dari sebuah peluang emas dari Giroud.

Pulisic sepertinya menjadi pemain yang memiliki peluang terbesar di babak pertama. Sebuah ruang terbuka setelah Kurt Zouma bergerak maju dari belakang dan memberikan Alonso ruang di sisi kiri dan melepaskan umpan pendek kepada Pulisic, sayangnya tendangan keras kaki kiri pemain sayap Amerika Serikat itu masih melebar di sisi gawang.

Cesar Azpilicueta kemudian memberikan umpan akurat dari sisi sayap kepada Giroud, sayangnya tendangan kaki kanannya malah terbang jauh ke tribun Shed Lower.

Kesabaran Membuahkan Hasil

Setengah pertandingan sudah berjalan, ada sebuah pemikiran bahwa ini bukanlah hari yang baik bagi kita di lini depan, apalagi ketika Krul melakukan penyelamatan luar biasa dari tendangan jarak dekat Pulisic, setelah itu, tendangan penjuru yang menghampiri kepala Kurt Zouma juga gagal menemui sasarannya.

Dengan Lampard yang telah siap untuk melakukan perubahan di jeda pertandingan, kesabaran kita di depan gawang Norwich akhirnya membuahkan hasil. Pulisic kembali menjadi arsitek gol bagi Chelsea setelah pergerakannya mengecoh pemain belakang Norwich, dan melepaskan umpan silang dengan kaki kanannya yang melayang sempurna ke kepala Giroud.

Penyerang 33 tahun itu tidak menyia-nyiakan peluang tersebut, sundulannya langsung menjebol gawang Krul dan mencatatkan namanya di papan skor untuk keempat kalinya setelah kompetisi bergulir kembali.

Membangun Kenyamanan

Berhasil mencetak gol di 45 menit pertama, tekanan dari Lampard saat jeda pertandingan sepertinya akan membuat kita mencetak gol kedua setelah babak kedua mulai.

Akan tetapi, tim yang sudah pasti terdegradasi itu tetap bermain sangat dalam walaupun mereka sudah pasti bermain di divisi Championship musim depan. Willian bekerja keras untuk memenangkan penguasaan bola tetapi tendangannya masih bisa di halau pemain Norwich yang membuat bola melebar dari gawang, sedangkan Krul kembali membuat Pulisic dan Alonso frustasi.

Umpan silang terus berdatangan silih berganti, tetapi pada akhirnya kita harus rela dengan hanya mencetak satu gol saja. Tapi yang paling penting adalah target Lampard untuk membawa Chelsea ke Liga Champions musim depan tetap terjaga.

Olé Oli

Giroud benar-benar menjadi lumbung gol the Blues, gol sundulannya menjadi gol keempat dirinya sejak kompetisi bergulir kembali dan gol keenamnya di Premier League musim ini. Dia kini sukses mencetak tiga gol berturut-turut ketika menjadi starter bagi Chelsea untuk pertama kalinya, dan mencetak enam gol dari delapan kali menjadi starter di Premier League.

Teknik dan keunggulan di udaranya memperjelas perjalanan delapan tahun kariernya di Inggris sangatlah bermakna, golnya ke gawang Norwich menjadi gol sundulannya ke 31 di Premier League, lima gol lebih banyak dari pemain lain sejak musim panas 2012.

Hakim Di Stamford Bridge!

Hakim Ziyech, pemain baru kami dari Ajax, ada di Stamford Bridge untuk menyaksikan aksi rekan satu tim untuk pertama kalinya. Pemain Maroko ini sudah berada di Cobham dan berlatih secara individual setelah mendarat di London pada hari Jumat lalu dan tidak bisa bemain hingga musim ini selesai.

Sementara itu, dia memberikan dukungan kepada the Blues dari tribun penonton untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Pemilihan Pemain

Ada lima perubahan di timnya dalam pertandingan melawan Norwich, dengan Mateo Kovacic bermain untuk pertama kalinya setelah cedera ketika melawan West Ham.

Pemain Kroasia akan bermain bersama Ruben Loftus-Cheek di lini tengah dan berada di depan Jorginho, sedangkan Toni Rudiger dan Marcos Alonso menjadi muka-muka baru di lini belakang, sedangkan Olivier Giroud kembali menjadi pilihan utama di lini depan.

Selanjutnya Apa?

Rehat lima hari sebelum pertandingan Piala FA melawan Manchester United di Wembley yang akan digelar Senin dini hari, 00.00 WIB.

Chelsea (4-3-3) Kepa; Azpilicueta (k), Zouma, Rudiger, Alonso (James 81); Jorginho, Kovacic, Loftus-Cheek (Barkley 67); Willian, Giroud (Abraham 86), Pulisic (Hudson-Odoi 81)
Pemain Pengganti Caballero, Christensen, Tomori, Mount, Pedro
Pencetak Gol Giroud 45+3
Kartu Kuning Zouma 60; Kovacic 62

Norwich City Krul; Aarons, Godfrey, Klose, Lewis; Tettey (c) (Stiepermann 79), McLean; Rupp (Martin 89) , Cantwell (Buendia 72), Hernandez (Pukki 79); Drmic (Idah 79)
Pemain Pengganti  McGovern, Vranic, Trybull, Thomas
Kartu Kuning Cantwell 59

Wasit Jonathan Moss

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA