Pratinjau Laga

Catatan Pra-Pertandingan: Chelsea vs Norwich City

Pertandingan kandang kedua terakhir musim ini sangat penting untuk mengejar jatah menuju kompetisi Liga Champions Eropa musim mendatang. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menganggap tantangan melawan The Canaries adalah penentuan nasib bagi kedua tim...

 

Pelatih Norwich, Daniel Farke mengakui musim ini sebagai musim yang cukup 'melelahkan' dan dia bukan satu-satunya yang bilang hal itu. Semua hal terlihat sangat lelah dan bisa Anda lihat dalam beberapa hari terakhir ini.

Terlepas dari kekecewaannya yang besar saat kalah dari Sheffield United, Frank Lampard mengatakan ia puas para pemainnya melakukan apa yang sekarang diperlukan untuk bangkit di laga selanjutnya. Dia mengaku lebih suka melupakan kekalahan sebelumnya, terutama karena The Blues sendiri masih tetap berada di urutan ketiga.

Berkat kemenangan Bournemouth atas Leicester dan Southampton yang mengimbangi Manchester United (terima kasih, Michael Obafemi), posisi empat besar masih ada di tangan kita sekali lagi, malam ini menghadirkan kesempatan untuk mengambil keuntungan dan memberi tekanan pada klub-klub yang mengejar dengan mengalahkan tim dengan rekor tandang terburuk di Premier League musim ini.

Kepastian kembali ke papan atas selalu membuat kami bersemangat, dan The Blues telah memenangkan lima pertandingan domestik terakhir di semua kompetisi di Stamford Bridge, dan tercatat mencetak dua gol atau lebih di setiap kesempatan. Willian juga tercatat selalu menjebol gawang lawan di empat laga terakhir di kandang kami.

Penampilan Willian di Stamford Bridge sedang bagus-bagusnya

Sisi positif lain dari bermain terlebih dahulu dari tim saingan di papan atas adalah bahwa the Blues memiliki istirahat lebih banyak dua hari dari Man United menjelang pertemuan semifinal Piala FA kami pada hari Minggu mendatang. Skuat the Mancunians baru akan bermain di liga pada hari Kamis besok.

Ini adalah keenam kalinya Chelsea melawan tim Premier League yang dipastikan telah terdegradasi, dan skuat The Blues tercatat memenangkan lima laga sebelumnya.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci


Si Kucing Besar Melawan Si Burung Kenari

Skuat the Canaries sepertinya pontang-panting dari serangan para singa yang merajalela malam ini. Secara historis, para pemain tim London ini memiliki catatan yang sangat baik melawan tim yang kesulitan di akhir musim.

Pada Mei 2017, Chelsea arahan Antonio Conte menaklukkan Middlesbrough dengan kemenangan 3-0 di Stamford Bridge sebelum memastikan gelar juara liga di West Brom beberapa hari kemudian, lalu menghancurkan Sunderland 5-1 yang sudah pasti terdegradasi pada hari terakhir kompetisi.

Tiga tahun sebelumnya, pada 4 Mei 2014, hasil imbang 0-0 untuk Norwich di Stamford Bridge hanya menunda kepastian terdegradasi mereka, yang mengalami degradasi untuk keempat kalinya dari enam catatan mereka di Premier League pada pertandingan terakhir, seminggu kemudian. Pada hari yang sama, Chelsea mengalahkan Cardiff City arahan Ole Gunnar Solskjaer dengan skor 2-1 yang juga sudah pasti terdegradasi musim itu itu.

Secara total, the Blues telah memainkan 165 pertandingan melawan tim yang berada di zona degradasi Premier League, dengan memenangkan sebanyak 105 kali, imbang 29 kali dan kalah 31 kali.

Top 5️⃣ | Parade Gik v Norwich!⚽️


Catatan ke-50 untuk Frank

Pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa, Frank Lampard, akan mencatat rekor penampilannya sebagai pelatih pada pertandingan ini, dia akan mencatat pertandingan ke-50 sebagai pelatih the Blues, dan ia berharap untuk menaikkan rataan tingkat kemenangan menjadi 53%. Cesar Azpilicueta (sudah 381 penampilan) bisa melewati catatan Didier Drogba untuk menjadi pemain dari luar negeri dengan penampilan tertinggi kedua Chelsea di belakang Petr Cech (494 kali penampilan).

Pelatih the Blues itu sempat menyinggung akan melakukan perubahan untuk pertandingan kali ini ini. Laga ini mungkin terlalu cepat bagi N'Golo Kante untuk kembali bermain pasca cedera tetapi dia mungkin akan bermain di semifinal melawan United pada akhir pekan nanti. Mateo Kovacic adalah salah satu pemain pengganti yang tidak bermain di Bramall Lane, seperti halnya gelandang Akademi Lewis Bate, yang akan berusia 18 tahun pada Oktober mendatang.

Cesar Azpilicueta akan menjadi pemain asing kedua dengan penampilan terbanyak


Penguasaan Bola

Permainan Chelsea yang mendominasi tidak berarti apa-apa tanpa hasil akhir berupa gol. Para ahli statistik di Premier League mulai mengumpulkan statistik penguasaan bola pada 2003/04, dan kekalahan 0-3 Chelsea di Bramall Lane adalah kekalahan terbesar bagi sebuah tim yang menguasai 76% bola sejak saat itu. The Blues juga memiliki 72% penguasaan bola di kandang West Ham musim ini, 70% di Newcastle dan Everton, 67% saat melawan Bournemouth, dan 66% Southampton - tanpa mendapatkan satu poin pun.


Terus Melaju

Dipicu oleh rasa frustrasi karena kalah oleh Sheffield, kali ini tidak ada belas kasihan bagi tim tamu. The Blues membutuhkan semua poin yang tersedia menjelang dua pertandingan liga terakhir yang sulit: tandang ke Liverpool dan menjamu Wolves di Stamford Bridge. Semua poin yang diperoleh, ditambah dengan poin yang mungkin akan lepas dari pesaing terdekat, akan membuat skuat Frank Lampard menjauhi kejaran pesaing di bawah kami saat kompetisi berakhir nanti.

Hasil akhir pekan lalu membuat the Blues tidak dapat menyelesaikan posisi yang lebih tinggi dari posisi ketiga dan tidak lebih rendah dari posisi kedelapan. Tiga poin yang diperoleh malam ini akan menaikkan Chelsea minimal ke posisi enam kalau kalah di sisa dua pertandigan setelah lawan Norwich, karena selisih gol dengan skuat the Blades sangat jauh.

 

Race for Europe – maximum possible points
PPtsGDMax
3Chelsea35601469
4Leicester35592968
5Manchester Utd35592668
6Wolves35551164
7Sheffield Utd3554563
8Tottenham3552961

Chelsea masih akan menjamu Wolves dan Manchester United masih harus bertandang ke Leicester, sehingga tidak mungkin bagi keempat tim tersebut untuk mendapatkan sembilan poin maksimum yang tersedia. Hari terakhir musim ini, ketika kedua laga tersebut berlangsung, menunggu hasil akhir dari pertandingan tersebut bisa membuat Anda sakit perut.

Entah kubu Sheffield atau tuan rumah Leicester (dan mungkin keduanya) akan kehilangan poin ketika dua tim ini bertemu pada Kamis di Stadion King Power. 

Skuat the Foxes kini sedang sulit dalam perburuan posisi empat besar karena dilanda badai cedera dan juga skorsing tiga pertandingan untuk Caglar Soyuncu. Skuat the Blades bisa saja menolong Chelsea jika mampu menahan Leicester nanti. Selain itu, striker andalan Crystal Palace, Christian Benteke mendapatkan skorsing saat laga melawan Manchester United nanti di malam yang sama dengan laga Leicester vs Sheffield tersebut.

Tim asuhan Nuno Espirito Santo, Wolves, tahu mereka harus mendapatkan poin sempurna sebelum bertandang ke Stamford Bridge untuk mendapatkan peluang finis empat besar, tidak terkecuali saat melawan Burnley di Turf Moor.

Race for Europe – final three matches
ChelseaLeicesterManchester UtdWolvesSheffield UtdTottenham
Norwich hSheffield Utd hPalace aBurnley aLeicester aNewcastle a
Liverpool aTottenham aWest Ham hPalace hEverton hLeicester h
Wolves hManchester Utd hLeicester aChelsea aSouthampton aPalace a

Taktik Norwich

Skuat the Canary tercatat selalu kesulitan saat bertahan dari bola mati di sepanjang musim. Ada dua gol yang masuk ke jala mereka saat melawan West Ham dari masalah tersebut di akhir pekan lalu, dan jadi catatan tertinggi (16) untuk tim Daniel Farke.

Memang, skuat asal East Anglians ini memainkan sepak bola menyerang dan terbuka - dan jadi salah satu alasan mengapa pemegang tiket musiman mereka tetap setia melewati pasang surut di musim ini. Posisi awal full-back mereka yang cukup jauh naik ke barisan pertahanan lawan adalah salah satu hal yang rentan terhadap serangan balik. Meski demikian, Chelsea pun kebobolan dengan cara demikian sebanyak tujuh kali musim ini dibandingkan dengan enam kali milik the Canaries.

Setelah Christian Benteke dan David McGoldrick memecahkan kemandulan panjang mereka melawan the Blues dalam pertandingan sebelumnya, beberapa jinx mengarah kepada aksi Teemu Pukki nanti. Pemain asal Finlandia tersebut, adalah sosok yang mencetak satu gol dan satu asis di pertemuan pertama musim ini (kemenangan 3-2 untuk the Blues), namun tercatat belum menjebol gawang lawan dalam 11 pertandingan.

Norwich v Chelsea | Premier League (A)

Striker berusia 30 tahun ini tidak sendirian: satu-satunya gol Canaries dalam tujuh pertandingan terakhir mereka terjadi saat melawan Watford. Mereka akan menyamai rekor klub yang mandul dari enam laga tanpa gol berturut-turut tetapi namun gol Emiliano Buendia datang meski kalah 2-1 oleh Watford saat itu.

Rekor Bersejarah The Blues di Kandang Sendiri

Rekor Premier League milik Chelsea dengan 18 kemenangan kandang dalam satu musim, yang diraih saat musim gelar back-to-back 2005/06 dan disamakan oleh Manchester United (pada 2010/11) dan Manchester City (2012/13 dan 2018/19), akan tetap ada setelah Liverpool bermain imbang dengan Burnley di Anfield kemarin. Kunjungan The Blues ke Merseyside pada 22 Juli mendatang adalah pertandingan kandang terakhir kampanye musim ini untuk tim asuhan Jurgen Klopp.

Kemungkinan untuk bounce back (bangkit)

Daniel Farke masih tetap optimis pasca Norwich terdegradasi. "Setiap klub berjuang setelah degradasi, tetapi fondasi dari klub ini sangat bagus," katanya. ‘Kami memiliki nilai, prinsip, dan filosofi yang jelas.’ Tidak ada klub yang mencapai promosi lebih banyak ke Premier League daripada the Canaries.

Catatan promosi terbanyak ke Premier League

Norwich (4 kali) 2018/19 (terbaru)

Middlesbrough (4 kali) 2015/16

Leicester (4 kali) 2013/14

Crystal Palace (4 kali)  2012/13

West Brom (4 kali) 2009/10

Sunderland (4 kali) 2006/07

Siapa yang akan promosi dari divisi Championship musim ini memang belum bisa dipastikan. Dengan tiga pertandingan tersisa, pimpinan klasemen Leeds United kini unggul enam poin dari posisi ketiga, dengan West Bromwich Albion menempati slot promosi otomatis bersama juara di peringkat kedua.

Tetangga London barat kita, Brentford dan Fulham, berikutnya, diikuti oleh Nottingham Forest, yang kemudian selisih lima poin ke Cardiff di urutan keenam. Dari enam tim itu, Brentford -yang terdegradasi pada tahun 1947- menjadi salah satu tim yang lama tak menempati papan atas dan perburuan play-off divisi championship.


Jadwal Pertandingan Premier League

Rabu
Chelsea v Norwich 02.15 WIB (Mola TV)

Kamis
Burnley v Wolves 00.00 WIB (Mola TV)
Man City v Bournemouth 00.00 WIB (Mola TV)
Newcastle v Tottenham 00.00 WIB (Mola TV)
Arsenal v Liverpool 02.15 WIB (Mola TV)

Jumat
Everton v Aston Villa 00.00 WIB (Mola TV)
Leicester v Sheffield Utd 00.00 WIB (Mola TV)
Crystal Palace v Man Utd 02.15 WIB (Mola TV)
Southampton v Brighton 02.15 WIB (Mola TV)

Sabtu
West Ham v Watford 02.00 WIB (Mola TV)
 

Premier League 2019/2020
1Liverpool35303276274993
2Manchester City35233991345772
3Chelsea351861163491460
4Leicester City351781065362959
5Manchester United351611861352659
6Wolverhampton Wanderers351413848371155
7Sheffield United35141293833554
8Tottenham Hotspur351410115445952
9Arsenal35121495144750
10Burnley35148133947-850
11Everton35129144152-1145
12Southampton35136164558-1345
13Newcastle United351110143652-1643
14Crystal Palace35119153045-1542
15Brighton35812153652-1636
16West Ham United3597194459-1534
17Watford35810173354-2134
18Bournemouth3587203660-2431
19Aston Villa3586213865-2730
20Norwich City3556242667-4121

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA