Pratinjau Laga

Catatan Pra-Pertandingan: Chelsea vs Man United

Rivalitas panjang antara Chelsea dan Manchester United di Piala FA akan berlanjut di stadion Wembley, Minggu dini hari, yang digelar tanpa penonton, dan sejarawan klub Rick Glanvill serta ahli statistik klub Paul Dutton telah melihat apa yang bisa kita harapkan di fase ini...

Hasil undian semifinal Piala FA mempertemukan dua tim asal London dan Manchester. Pertandingan pertama akan mempertemukan guru dan murid, Mikel Arteta dan Arsenal melawan Manchester City arahan Pep Guardiola. Kemudian pada hari Minggu setelahnya, dua musuh bebuyutan Chelsea dan Manchester United bertemu di Piala FA.

Terakhir kali kedua tim bertemu di final Piala FA, 19 Mei 2018 silam. Antonio Conte sukses meraih trofi Piala FA kedelapan Chelsea dalam pertandingan terakhirnya sebagai pelatih berkat penalti menit ke-22 dari Eden Hazard. Keberhasilan itu juga menjadikan the Blues sebagai klub pertama yang merebut Piala FA, Piala FA Sepakbola Wanita, dan Piala FA Youth di musim yang sama.

Hazard menentukan final 2018 melalui titik 12 pas

Sejak saat itu, keberuntungan berubah drastis bagi tim yang bermarkas di Old Trafford itu dalam enam pertandingan terakhirnya melawan Chelsea. Dan kali ini, the Blues punya tujuan untuk menghindari kekalahan keempat berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2011 silam dari Man United.

Frank Lampard mencatatkan kemenangan ketika bertemu Pep Guardiola, Jurgen Klopp, dan Jose Mourinho (dua kali menang) di musim pertamanya sebagai pelatih kepala, tetapi tidak saat bertemu Ole Gunnar Solskjaer. Musim lalu, ketika ia masih melatih Derby County, timnya menyingkirkan Man Utd dari Piala Liga, ketika Mourinho masih menjadi manajer di Old Trafford.

Ini akan menjadi pertandingan keempat the Blues melawan tim asuhan Solskjaer di musim 2019/20, dan United sejauh ini telah memenangkan dua pertandingan di Premier League dan pertandingan Piala Liga putaran keempat di Stamford Bridge.

Chelsea memiliki hubungan yang mesra dengan trofi klasik ini, dengan delapan kali juara dalam 50 tahun, dan sukses tidak kebobolan dalam tujuh dari sembilan pertandingan Piala FA terakhir kami. Jika menang di laga semifinal nanti, maka akan membuat the Blues tampil untuk ke-14 kalinya di final.

Juara Piala FA Sejak 1997

Chelsea 7
Arsenal 7
Manchester Utd 3
Manchester City 2
Liverpool 2
Wigan 1
Portsmouth 1

Sejak Roman Abramovich tiba di Stamford Bridge pada Juli 2003, Man Utd elah memenangkan lebih banyak trofi utama (14 trofi) daripada klub Inggris lainnya selain dari Chelsea (16 trofi).

Chelsea lolos ke semi final Piala FA untuk ke 10 kalinya dalam 19 musim terakhir, lebih sering dari klub manapun pada periode itu.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci


 

Semi-final appearances since 1998/99
ChelseaMan UtdArsenalLiverpoolSpursMan City
Champions League762511
UEFA Cup/Europa League213300
Cup Winners’ Cup100000
FIFA Club World Cup110200
FA Cup121011475
League Cup886777
Total312622211513

Perbandingan dan Perbedaan

Dengan posisi Chelsea di klasemen sementara Premier League lebih aman dan memiliki periode istirahat terpanjang sejak liga dimulai kembali, Frank Lampard bisa memilih pemain terbaiknya untuk hari Minggu nanti.

Meskipun kalah tiga kali dari Man United musim ini, timnya telah berhasil melakukan lebih banyak tembakan ke gawang dan mencetak gol, mempertahankan penguasaan bola yang lebih tinggi, dribel sukses, memenangkan lebih banyak tekel, intersep, duel udara, serta melakukan lebih sedikit pelanggaran dan menerima lebih sedikit peringatan.

Cedera hamstring N’Golo Kante mungkin akan membuatnya absen di pertandingan ini.

Trisula Milik United

Sempat bermasalah dengan lini pertahanannya, kini Man Utd menampilkan performa yang mengesankan setelah liga bergulir lagi. United jadi tim ketiga paling sedikit kebobolan gol di kompetisi teratas saat ini. Trisula lini depan mereka juga cukup produktif dan telah mencatatkan jumlah gol terbanyak kelima di Premier League musim ini.

Bruno Fernandes sukses menjadi otak permainan dengan tujuh assist diberikan gelandang Portugal itu kepada timnya untuk mencetak gol sejak datang pada transfer bulan Januari lalu, dan dengan rekor klub, 18 penalti yang diberikan di semua kompetisi, telah membantu mereka; United hanya gagal empat kali dan sukses memaksimalkan 14 kesempatan penalti yang mereka dapat.

Fernandes mencetak gol dari titik putih di Villa Park pekan lalu

Kini, ada banyak pembicaraan tentang kualitas dari penyerang muda mereka, Mason Greenwood. Namun mantan bek the Blues yang kini berseragam Southampton, Ryan Bertrand mengungkapkan bahwa pemain muda Inggris itu tidak begitu mahir ketika diminta untuk bertahan di sisi sayap.

Pendekatan Southampton umumnya bersifat instruktif. Mereka menguasai area sayap untuk meredam permainan sayap United, menekan duet lini tengah mereka Paul Pogba dan Nemanja Matic untuk mencuri penguasaan bola, dan menampilkan lebih banyak energi secara keseluruhan sepanjang pertandingan.

How the teams reached the semi-finals
ChelseaManchester Utd
Round 3Nottm Foresth 2-0Wolvesa 0-0
   Wolvesh 1-0 (replay)
Round 4Hull Citya 2-1Tranmerea 6-0
Round 5Liverpoolh 2-0Derbya 3-0
Round 6Leicestera 1-0Norwicha 2-1

Perubahan

Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) baru saja mengkonfirmasi pekan ini, bahwa semua penyelenggaraan kompetisi akan bebas memilih apakah akan tetap untuk memakai lima pergantian pemain lagi di musim depan. Tim Solskjaer, yang para pemainnya memiliki waktu 48 jam lebih sedikit dari Chelsea untuk beristirahat dan mempersiapkan diri, mungkin sangat tertarik jika pergantian pemain bisa bertambah saat pertandingan.

Lampard pertama kali menggunakan kuota penuh pergantian pemain yang tersedia setelah liga bergulir lagi adalah ketika melawan Leicester di babak perempat final Piala FA. Faktanya, titik balik dalam kemenangan 1-0 saat itu adalah saat jeda pertandingan, ketika pelatih Chelsea melakukan tiga perubahan setelah babak pertama yang 'lesu'. Salah satu dari pemain pengganti, Ross Barkley, sukses jadi pencetak gol kemenangan, yang juga gol ketiganya untuk the Blues dan gol ketujuh kita di Piala FA.

Semua Sudut: Penyelesaian Akhir Ross Barkley v Leicester

Pelatih yang telah memainkan lebih banyak pemain muda musim ini daripada sebelumnya dalam sejarah kita juga memiliki kata-kata penghibur bagi para pemain muda yang tersisih. “Mereka akan menjadi pemain top untuk klub ini dan akan terus memiliki karier yang bagus di sepakbola. Mereka semua berlatih dengan baik, mereka memiliki etos kerja yang hebat, tetapi keadaannya sangat berbeda saat ini.”

Lampard tetap percaya pada pemain yang diproduksi oleh Akademi klub selama delapan pertandingan di liga semenjak bergulir lagi, dengan catatan rata-rata tiga pemain lulusan Akademi selalu masuk ke dalam susunan pemain, dan tercatat juga ada 18 pemain muda dari total 32 pemain pengganti yang digunakan sepanjang musim ini.

Pertandingan Sebelumnya

Setiap tim yang dihadapi Chelsea di babak sebelumnya secara historis telah dikalahkan dua kali atau lebih, dalam perjalanan the Blues mengangkat trofi: Nottingham Forest (pada 1999/00, 2006/07), Hull City (1999/00, 2017/18), Liverpool (1996/97, 2011/12), dan Leicester (1996/97, 1999/00, 2011/12, 2017/18).

Chelsea memiliki catatan yang lebih baik dari Manchester United dalam empat dari lima pertemuan terakhir kami di Piala FA, termasuk final 2006/07 dan 2017/18 - keduanya berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk the Blues.

BERSEJARAH: Juara Piala FA di New Wembley untuk Pertama Kali

Musim ini kedua tim bertemu di Piala Liga (Carabao Cup) dan berakhir dengan kemenangan bagi Setan Merah. Musim terakhir ketika kedua tim ini terakhir kali bertemu di dua kompetisi piala domestik adalah saat 2012/13, ketika the Blues mengalahkan dari Man Utd di dua pertemuan itu.

Chelsea vs Manchester United in the FA Cup
1907/08Putaran KeduaBank StreetUnited menang 1-0
1949/50Perempat FinalStamford BridgeChelsea menang 2-0
1962/63Putaram LimaOld TraffordUnited menang 2-1
1978/79Putaran TigaOld TraffordUnited menang 3-0
1987/88Putaran EmpatOld TraffordUnited menang 2-0
1993/94FinalWembleyUnited menang 4-0
1995/96Semi-finalVilla ParkUnited menang 2-1
1997/98Putaran TigaStamford BridgeUnited menang 5-3
1998/99Perempat FinalOld TraffordImbang 0-0
 ReplayStamford BridgeUnited menang 2-0
2006/07FinalWembleyChelsea menang 1-0 aet
2012/13Perempat FinalOld TraffordImbang 2-2
 ReplayStamford BridgeChelsea menang 1-0
2016/17Perempat FinalStamford BridgeChelsea menang 1-0
2017/18FinalWembleyChelsea menang 1-0
2018/19Putaran LimaStamford BridgeUnited menang 2-0


Final Terbaik yang Tidak Pernah Terjadi

Lima puluh tahun yang lalu pada tahun 1970, kompetisi ini diramaikan dengan final Piala FA yang bisa menampilkan Osgood dan Cooke serta Best dan Charlton. Sayangnya, hal itu tidak terjadi, karena saat Chelsea meraih kemenangan 5-1  pada babak semifinal melawan Watford di White Hart Lane, dan di semifinal lainnya pertemuan Man United dan Leeds jadi cerita tersendiri.

Sir Matt Busby, yang ingin mengundurkan diri sebagai manajer, dilarikan ke rumah sakit untuk operasi usus buntu empat hari sebelum pertandingan semifinal yang berakhir 0-0 di Hillsborough. Kemudian laga tersebut harus ditentukan lewat pertandingan ulangan, sembilan hari kemudian. Namun kubu the White Rose akhirnya mengalahkan Man Utd 1-0 di Burnden Park, berkat gol cepat dari Billy Bremner.

 

Billy Bremner dan Bobby Charlton di babak semifinal Piala FA 1970

Peraturan semifinal Piala FA

Jika skor tetap imbang setelah 90 menit dan perpanjangan waktu, maka babak penalti diperlukan untuk menentukan siapa yang lolos ke final. Chelsea memenangkan tiga dari lima adu penalti di semua kompetisi, sementara Man United tercatat kalah lima kali dari enam laga adu penalti mereka. Kekalahan tersebut termasuk di laga Community Shield 2009 melawan Chelsea dan semifinal Piala Liga 2014, ketika hanya tiga orang yang sukses mencetak gol, salah satunya adalah Marcos Alonso, yang saat itu masih membela Sunderland.

Sejalan dengan keputusan IFAB dalam menanggapi pandemi, pergantian pemain tambahan akan diizinkan untuk sisa kompetisi ini. Maksimalnya, pergantian pemain dalam waktu normal adalah lima pergantian (naik dari tiga pergantian), dengan pergantian pemain keenam diizinkan jika laga berlanjut ke perpanjangan waktu (sebelumnya empat).

Pemenang dari semifinal ini akan bermain secara tertutup di stadion Wembley pada hari Sabtu, 1 Agustus mendatang. Chelsea sendiri sebelumnya telah bertemu Arsenal di dua final Piala FA (empat di final semua kompetisi), dan pernah menghadapi Man City di final Piala Liga dan kompetisi Full Members Cup.

Pertemuan kami dengan City pada final Piala Liga 2019

 

Kompetisi Liga Terus Bergulir...

Hasil kemenangan kami di pertandingan kandang kedua terakhir kami musim ini melawan Norwich pada hari Selasa lalu menjadi faktor penting. Dikombinasikan dengan hasil tim lain di tengah pekan lalu, perolehan 63 poin milik the Blues membuat kami di luar jangkauan klub lain kecuali Leicester dan Manchester United, yang saling berhadapan satu sama lain pada hari terakhir Premier League nanti. Kekalahan Sheffield United di King Power menjamin tempat Liga Europa untuk the Blues apapun yang terjadi nanti di akhir musim nanti.

  PPtsGDMax
3Chelsea36631569
4Leicester36623168
5Manchester Utd36622868

Sebagian jadwal liga tetap berlanjut akhir pekan ini, dengan Tottenham menjadi tuan rumah dari the Foxes pada hari Minggu. Dan pada hari Rabu nanti, the Blues akan bertandang ke Anfield, serta Manchester United akan menghadapi West Ham United.

Jatah Eropa Masih Bergengsi

Memenangkan Piala FA membuat otomatis mendapatkan satu jatah di Liga Europa musim depan, setidaknya bagi mereka yang tidak bermain di Liga Champions. Penghujung musim ini cukup padat sehingga mungkin hanya sedikit orang yang sadar bahwa lanjutan kompetisi Eropa musim ini akan dimulai lagi awal Agustus nanti.

Tidak ada obrolan di media sosial jelang pertandingan leg kedua Liga Champions di Jerman melawan Bayern pada 8 Agustus nanti (satu minggu setelah final Piala FA) karena semua pertandingan kompetisi UEFA nanti pun akan dimainkan secara tertutup dan tanpa penonton.

Tiga hari sebelum itu, Old Trafford menjadi tuan rumah pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Europa antara United vs LASK (yang sebelumnya berakhir 0-5 untuk United di Austria).

Recognition for Hayes and England

Ucapan selamat kami berikan untuk dua orang yang berperan besar dalam kesuksesan tim sepakbola wanita Chelsea setelah menjadi juara Women Super League (WSL) musim 2019/20. Dalam penghargaan musim ini, Emma Hayes dinobatkan sebagai manajer terbaik di kompetisi WSL, dan Bethany England adalah pemain terbaik WSL di musim ini.

Bethany England dan Emma Hayes pada awal musim ini

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA