Indonesia

Opini - Justinus Lhaksana: Inilah Posisi Terbaik Hakim Ziyech

Menganalisis posisi terbaik Ziyech di Chelsea menjadi perbincangan yang menarik. Apalagi dengan kedatangan Timo Werner, lini serang The Blues dipastikan akan menjadi salah satu yang mematikan di Premier League dan Eropa musim depan.

*Artikel opini ini tidak mencerminkan pandangan maupun posisi Chelsea

Kami berbicara dengan salah satu pundit terbaik Indonesia, Justinus Lhaksana, yang selaku pakar sepakbola Belanda telah lama memantau perkembangan Hakim Ziyech.

"Ziyech akan sukses, karena dengan skema permainan Frank Lampard yang selalu membebaskan pemain berkreasi yang dipadukan dengan direct football," ucap Justin memulai pembicaraan saat ditanya apakah pemain Maroko itu akan menuai sukses di Premier League.

"Lampard itu tipe pelatih yang suka memaksimalkan lini kedua timnya. Tembakan sering banget dilepaskan oleh pemain tengah, ditambah juga para pemain sayap dan full back Chelsea yang sering kirim umpan silang. Kalau kayak begini, pemain kreatif seperti Ziyech bisa lebih berkembang, itulah salah satu alasan kenapa Ziyech bisa sukses di Chelsea."

Ketika dihadapkan dengan pemilihan pemain di lini depan Chelsea, Justin memberikan komentar menarik tentang posisi terbaik bagi Ziyech.

"Keuntungan Ziyech adalah dia bisa bermain di sayap maupun sebagai pemain nomor 10, di belakang penyerang," lanjutnya.

"Chelsea punya banyak pilihan seperti, Mason Mount, Timo Werner, dan Ziyech sendiri. Rotasi pasti terjadi karena belum tentu semuanya bermain bagus tiap pertandingan kan?"

"Semua kembali lagi ke kebutuhan Lampard, kalau dia mau main dengan upcoming wing, Ziyech lebih bisa sering menusuk ke kotak penalti seperti di Ajax."

"Tapi jangan lupa, Chelsea kan rentan banget di-counter lawan-lawannya. Jadi, kalau tetap mau dengan skema upcoming wing, Lampard butuh dua gelandang bertahan agar tidak berisiko di-counter," cetus Justin.

"Bermain dengan dua gelandang bertahan memberikan The Blues banyak opsi ketika melakukan serangan. Sisi sayap sudah pasti menjadi tumpuan serangan, tetapi dengan skema itu Ziyech sendiri punya kelebihan yang tidak dimiliki rekan barunya."

"‘Dengan dua gelandang bertahan, dan juga full back yang sering overlap, Ziyech pasti bakalan banyak mendapat ruang kosong untuk berkreasi. Ini menjadi keuntungan baginya karena dia memiliki kecepatan, skill individu yang di atas rata-rata, dan umpan silang yang akurat."

"Kalau Mason Mount absen, Ziyech bisa bermain di posisi No.10 tepat di belakang penyerang, dan menurut saya, posisi No.10 inilah yang paling cocok bagi Ziyech."

"Meski demikian, ada kelebihan ada kekurangan juga, Ziyech memiliki kelemahan yang harus diwaspadai Lampard apabila memutuskan untuk memainkanya sebagai pemain No.10."

"Ziyech ini pemain yang memiliki transisi dari menyerang ke bertahan yang buruk, mirip Mesut Ozil di Arsenal atau Bruno Fernandes di Manchester United. Jadi, jangan terlalu berharap dia bisa bantu pertahanan."

"Semuanya kembali lagi tergantung bagaimana Lampard memainkan Ziyech sesuai kebutuhan. Dengan adanya Ziyech di skuat Chelsea musim depan, adalah sebuah berkah karena dia pemain serbabisa dan bisa dimainkan di banyak posisi," pungkas Justin.

Setuju dengan pendapat coach Justin? Bagikan juga pendapat atau analisismu tentang kedatangan Ziyech memperkuat The Blues mulai musim depan!

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA