Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Liverpool 5 Chelsea 3

Walaupun kalah dengan skor besar di Anfield, the Blues sadar bahwa kita hanya membutuhkan satu poin saja pada pertandingan terakhir melawan Wolves di kandang untuk lolod ke Liga Champions musim depan.

Dalam pertandingan tandang terakhir kita musim ini, tiga gol masuk ke gawang Kepa di babak pertama yang dicetak oleh Naby Keita, Trent Alexander-Arnold dan Georginio Wijnaldum, walaupun Olivier Giroud mencetak satu gol sebelum jeda, sundulan Roberto Firmino di babak kedua membawa skor menjadi 4-1.

Chelsea tidak tinggal diam, pemain pengganti Tammy Abraham dan Christian Pulisic berhasil mencetak dua gol tambahan bagi Chelsea, sebelum Alex Oxlade-Chamberlain yang masuk dari bangku cadangan memastikan kemenangan 5-3 bagi Liverpool dan mengangkat trofi Premier League di akhir pertandingan.

Walaupun kebobolan tiga gol, tetapi di babak pertama kami tidak membuat mereka mendominasi pertandingan, yang mana gol pertama dan ketiga dari Liverpool seharusnya bisa kita amankan.

Roberto Firmino mencetak gol pertamanya di Anfield musim ini, sementara Tammy Abraham mencetak gol ke 17nya bagi Chelsea di semua kompetisi, sebuah gol yang diarsiteki oleh Pulisic. Nama terakhir juga mencetak gol ketiga bagi the Blues.
 

Tammy Abraham dengan golnya

Chelsea paham betul setelah kick-off, satu poin saja di dua pertandingan sisa cukup untuk membawa kita lolos ke Liga Champions musim depan. Hal itu terjadi karena Manchester United yang kehilangan poin penuh ketika menjamu West Ham pada pertandingan sebelumnya.

Dihukum di 45 Menit Pertama

Setelah memulai pertandingan di Anfield, kita sukses membuat peluang pertama pada pertandingan ketika Reece James berhasil melepaskan umpan silang yang diarahkan kepada Olivier Giroud, tetapi umpan tersebut malah jatuh ke Mason Mount, sayang peluangnya masih melebar.

Liverpool meminta penalti tetapi wasit Andre Mariner dan VAR tidak bergeming setelah Mo Salah terjatuh di kotak penalti kita.

Sebelum rehat minum babak pertama, Naby Keita melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tidak bisa ditahan oleh Kepa.

Gol Pertama Liverpool

Gol itu membuat moral Liverpool naik dan Chelsea harus lebih disiplin lagi dalam bertahan. Setelah itu Mount terlihat melepaskan tembakan ke gawang the Reds tapi sayangnya dia sudah terjebak offiside terlebih dahulu.

Gol kedua Liverpool tercipta di menit ke 37 melalui tendangan bebas Alexander-Arnold yang memaksimalkan tendangan bebas setelah Sadio Mane dijatuhkan oleh Mateo Kovacic.

Sedangkan gol ketiga mereka datang sebelum jeda pertandingan, kali ini giliran Wijnaldum yang melepaskan tembakan keras setelah terjadi kemelut di depan gawang kita sendiri.

Olivier Tidak Berhenti Mencetak Gol

Secercah harapan terjadi ketika Giroud memperkecil ketinggalan menjadi 3-1 sebelum jeda. Kita memainkan bola dari sisi kiri, Willian berhasil melepaskan tembakan walau masih bisa ditepis, tetapi bola muntahannya jatuh di kaki Giroud yang langsung menceploskan bola ke gawang Liverpool. Penyerang Prancis ini kini telah mencetak tujuh gol dari sembilan penampilannya sebagai starter di Premier League pada tahun 2020. Dia juga menambah koleksi golnya ke gawang Liverpool menjadi delapan yang dia cetak ketika berseragam Arsenal dan Chelsea.

Giroud memperkecil ketinggalan

Bermain Terbuka Setelah Jeda

Pada awal babak kedua Salah bisa menambah keunggulan Liverpool tetapi usahanya masih gagal, tetapi tidak dengan Firmino yang sukses membuat skor menjadi 4-1 ketika dia berhasil memaksimalkan umpan silang Alexander-Arnold.

Lampard langsung meresponnya dengan tiga pergantian pemain dan dua pemain yang baru masuk itu langsung memperkecil ketinggalan menjadi 4-2. Christian Pulisic menunjukkan keseimbangan yang luar biasa ketika dia menari-nari di pertahanan Liverpool sebelum memberikan umpan kepada Abraham yang berhasil mencetak gol kedua kita.

Dan pada menit ke 72, pemain Amerika Serikat itu berhasil mencetak gol ketiga kita dan membuat pertandingan tetap hidup setelah memaksimalkan umpan silang dari Callum Hudson-Odoi yang juga masuk pada babak kedua.

Tendangan Pulisic menemui sasaran

Pertandingan benar-benar berakhir bagi kita ketika Liverpool mencetak gol kelimanya melalui Oxlade-Chamberlain scored.


Pemilihan Pemain

Tidak ada kejutan dari Frank Lampard yang tetap menggunakan formasi dan pemain yang sama ketika mengalahkan Manchester United di Wembley akhir pekan lalu. Kepa kembali menjadi penjaga gawang utama. Liverpool juga melakukan pergantian pemain dari pertandingan terakhir mereka melawan Arsenal, Naby Keita masuk menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain.

 

Selanjutnya?

Semua akan tertuju pada pertandingan terakhir. Partai puncak Premier League musim ini di hari Minggu besok, yang akan dimainkan di Stamford Bridge jam 22.00 WIB. Dengan hasil kekalahan melawan Liverpool berarti membuat kita harus menunggu sedikit lebih lama untuk memastikan tiket ke Liga Champions musim depan. Tetapi hasil imbang sudah sangat cukup. Man United menang lawan Leiceste di hari Minggu juga membuat Chelsea otomatis finis di empat besar.

Chelsea (3-4-3): Kepa; Azpilicueta (k), Zouma, Rudiger; James, Jorginho, Kovacic, Alonso (Emerson 87); Willian (Hudson-Odoi 59), Giroud (Abraham 59), Mount (Pulisic 59).
Pemain Pengganti Caballero, Christensen, Tomori, Loftus-Cheek, Pedro.
Scorers Giroud 45+3, Abraham 61, Pulisic 73

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk (c), Robertson, Keita (Jones 66), Fabinho, Wijnaldum (Milner 66), Salah (Oxlade-Chamberlain 78), Firmino (Origi 87), Mane (Minamino 87).
Pemain Pengganti Adrian, Lovren, Lallana, Shaqiri.
Pencetak Gol Keita 23, Alexander-Arnold 38, Wijnaldum 43, Firmino 55, Oxlade-Chamberlain 84
Kartu Kuning Gomez 83

Wasit Andre Marriner

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA