Berita

Dari Juara Turnamen Junior ke Piala FA

Setelah merasakan sukses di Piala FA Junior bersama Chelsea, beberapa pemain lulusan Akademi menjadi bagian penting dari perjalanan kita musim ini di Piala FA hingga lolos ke final.

Inilah nama-nama pemain muda yang berharap untuk meraih gelar Piala FA akhir pekan nanti ketika kita bertemu dengan Arsenal di Wembley, ditambah dua pemain yang bermain sejak awal musim tapi tidak bisa memperkuat Chelsea akhir pekan ini, dan ada beberapa pelatih juga yang sukses di Piala FA junior.

Mason Mount

Mount memenangkan gelar Piala FA Junior bersama the Blues, setelah menang 4-2 secara agregat dari Manchester City di 2016, dan menjadi kapten setahun setelahnya ketika kita mengalahkan tim yang sama 6-2 secara agregat.

Bersama Mateo Kovacic dan Pedro, pemain berusia 21 tahun ini menjadi satu dari tiga pemain yang bermain di semua lima pertandingan Piala FA kita musim ini dan dia mencetak gol pertamanya di kompetisi ini ketika kita mengalahkan Manchester United 3-1 pada babak semifinal.

Reece James

Setelah bermain bersama Mount di Piala FA Juniro 2017, James menjadi kapten menggantikannya  dan berhasil meraih kemenangan kelima secara beruntun di kompetisi itu pada 2018 ketika kita menghancurkan Arsenal 7-1 secara agregat di babak final.

Bek kanan ini telah bermain sebanyak tiga kali di Piala FA musim ini termasuk kemenangan kita di babak semifinal dari Manchester United dan memberikan ancaman di sisi kanan dengan umpan silangnya yang berbahaya.

Callum Hudson-Odoi

Setelah mencetak gol di final Piala FA Junior 2017, Hudson-Odoi menjadi mesin gol kita di 2018 ketika dia mencetak 10 gol di kompetisi itu termasuk dua gol di final melawan Arsenal yang membantu kita menjuarai kompetisi itu untuk kedua kalinya.

Sejak promosi ke tim senior musim lalu, pemain 19 tahun itu memulai perjalanannya di Piala FA musim ini dengan mencetak gol setelah enam menit bermain melawan Nottingham Forest di putaran ketiga. Dia juga memainkan peran besar bagi gol kedua kita setelah penjaga gawang Forest hanya bisa menepis tendangan kerasnya yang malah jatuh ke keki Ross Barkley, yang berhasil mencetak gol dari jarak dekat.

Fikayo Tomori dan Tammy Abraham

Fikayo Tomori dan Tammy Abraham bermain dalam tim yang sama ketika menjuarai Piala FA Junior di 2015 dan 2016. Abraham mencetak gol di final dan Tomori yang bermain sebagai bek tengah juga berhasil menciptakan gol.

Kedua pemain bermain dua kali di Piala FA musim ini. Tomori bermain di putaran ketiga melawan Forest dan mencetak gol di putaran keempat melawan Hull, sedangkan Abraham bermain 90 menit penuh di babak perempat final melawan Leicester dan datang dari bangku cadangan ketika melawan Manchester United.

Ruben Loftus-Cheek dan Andreas Christensen

Dua kali menjadi juara Piala FA Junior bersama the Blues di tahun 2012 dan 2014, Loftus-Cheek musim ini telah bermain sebagai pemain pengganti di babak perempat final dan semifinal setelah kembali dari cedera Achillesnya yang panjang.

Christensen adalah rekan satu tim Loftus-Cheek di Akademi ketika mereka berdua menjadi runner-up di 2013 sebelum menjadi juara di 2014 setelah mengalahkan Fulham secara dramatis dengan skor 7-6 secara agregat. Bek Denmark itu juga membantu kita untuk tetap cleansheet dalam kemenangan 2-0 dari Forest di putaran ketiga.

Billy Gilmour

Gilmour juga mencetak gol melawan Arsenal di final 2018, tetapi pemain muda Skotlandia itu tidak bisa menjadi kapten tim Akademi kita di musim selanjutnya ketika kita gagal memperpanjang rekor juara PIala FA junior.

Pemain 19 tahun ini bermain luar biasa di lini tengah kita ketika menang 2-0 atas Liverpool di putaran kelima musim ini, dia harus absen hingga akhir musim nanti karena menjalani operasi lutut awal bulan ini.

Tariq Lamptey

Juara Piala FA Junuir bersama Gilmour, Hudson-Odoi dan James di 2018, Tariq Lamptey masuk dari bangku cadangan ketika kita menang melawan Forest dan Hull musim ini. Akan tetapi, penampilannya melawan the Tigers adalah penampilan terakhirnya sebagai pemain Chelsea sebelum dia bergabung dengan Brighton di akhir tenggat transfer bulan Januari.

Joe Edwards dan Jody Morris

Dua orang dari staf kepelatihan Frank Lampard, asisten pelatih Joe Edwards dan Jody Morris juga memiliki pengalaman yang luar biasa bersama the Blues di Piala FA Junior.

Edwards, mantan pemain Akademi kita, berhasil membawa tim U18 kita juara di 2015 dan 2016 sebelum pindah ke divisi pengembangan skuat. 

Kesuksesannya sebagai pelatih U18 diikuti oleh Jodi Morris yang bermain sebagai pemain di Piala FA melawan Aston Villa tahun 2000 dan dia juga sukses membawa kita juara kompetisi junior paling bergengsi di Inggris ini pada tahun 2017 dan 2018.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA