Blog

Deretan Pemain Chelsea dari Afrika Barat

Mantan penyerang Chelsea, Salomon Kalou merayakn ulang tahun ke 35 nya hari ini, dan untuk memperingati itu, kami mencoba melihat kembali dereta pemain-pemain hebat Chelsea yang berasal dari Afrika Barat...

Celestine Babayaro

Ia adalah anggota skuat Nigeria yang meraih medali emas sepakbola di Olimpiade 1996, Babayaro menjadi pemain pertama dari negaranya yang bermain untuk Chelsea ketika ia didatangkan dari klub Belgia, Anderlecht setahun kemudian pada usia 18 tahun. Ia adalah sosok bek kiri yang cepat dan selalu mengincar gawang lawan. Babayaro menghabiskan delapan musim di Stamford Bridge, tampil dalam 187 pertandingan termasuk Piala Super 1998 dan final Piala FA 2000 dan membuat para fans gembira dengan gerakan akrobatiknya setiap kali dia sukses mencetak gol saat itu.

Marcel Desailly

Saat lahir, Desailly berada di Ghana dan ia baru pindah ke Prancis pada usia empat tahun dan menjadi legenda bagi timnas yang berjuluk Les Bleus, memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa, serta menghasilkan 116 caps bagi timnas. Setelah sukses di Marseille dan AC Milan, ia bergabung dengan Chelsea pada 1998 dan membuat 222 penampilan selama enam tahun berikutnya, mengambil alih sebagai kapten klub dari Dennis Wise dan mencetak gol dalam kemenangan 2-1 kami atas Liverpool pada 2003 yang membantu mengamankan satu jatah di Liga Champions saat itu.

Didier Drogba

Drogba adalah rekrutan termahal Chelsea ketika ia didatangkan dari Marseille pada tahun 2004. Namun, striker asal Pantai Gading itu membuktikan kemampuannya selama delapan musim berikutnya saat ia membantu kami memenangkan tiga gelar Premier League, empat Piala FA dan dua Piala Liga dan juga menjadi pahlawan kemenangan di babak penalti final Liga Champions 2012 sebelum ia hengkang. Namun, ia kembali lagi ke Chelsea pada 2014/15 dan membantu kami memenangkan gelar Premier League dan trofi Piala Liga lainnya sebelum keluar dari Stamford Bridge dengan total 164 gol dalam 381 laga untuk the Blues.

Michael Essien

Energi, komitmen, dan kecenderungan Essien yang tinggi untuk mencetak gol jarak jauh yang spektakuler membuat 'si Bison' menjadi favorit para fans selama ia berkarier di Chelsea dari 2005 hingga 2014. Meskipun diakui sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di dunia pada masa jayanya, pemain asal Ghana itu menunjukkan keserbagunaannya di lapangan dengan bermain sebagai bek tengah di putaran final Piala FA dan Piala Liga pada tahun 2007 dan dinobatkan sebagai pemain terbaik Chelsea pada musim itu sekaligus memenangkan penghargaan gol terbaik saat itu.

Salomon Kalou

Kalou bergabung dengan Chelsea dari klub Belanda Feyenoord pada 2006 silam dan penyerang Pantai Gading itu bermain 254 pertandingan untuk the Blues selama enam musim setelahnya, mencetak 60 gol termasuk hat-trick dalam kemenangan 7-0 atas Stoke City pada April 2010. Setelah memenangkan satu gelar Premier League, empat trofi Piala FA, dan satu Piala Liga, ia memainkan pertandingan terakhirnya untuk klub di final Liga Champions 2012 sebelum pindah ke Lille dan Hertha Berlin. Dia baru-baru ini bergabung dengan klub Brasil Botafogo dengan kontrak 18 bulan.

John Mikel Obi

Dia mungkin bukan pemain paling spektakuler hanya karena cuma mencetak enam gol dalam 11 musimnya di Stamford Bridge, tetapi Mikel memainkan peran kunci dalam kesuksesan Chelsea selama waktunya di klub dengan kehadirannya yang solid dan kerja rapi di lini tengah. Pemain asal Nigeria itu memainkan 372 pertandingan untuk the Blues, memenangkan dua gelar Premier League, tampil dalam tiga kemenangan final Piala FA dan memainkan peran penting dalam kemenangan final Liga Champions kami atas Bayern Munich pada tahun 2012 silam.

Victor Moses

Diboyong dari Wigan pada 2012, Victor Moses menikmati musim debut yang solid bersama Chelsea pada 2012/13, mencetak 10 gol dalam 43 penampilan, tetapi pemain asal Nigeria itu menghabiskan tiga musim berikutnya dengan status pinjaman di Liverpool, Stoke City dan West Ham. Namun, ia mendapat dukungan penuh saat dilatih Antonio Conte sebagai bek sayap dan memainkan peran kunci dalam kesuksesan capaian gelar Premier League kami pada 2016/17 sebelum membantu kami meraih kemenangan 1-0 atas Manchester United di final Piala FA pada tahun berikutnya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA