Berita

Karir Willian di Chelsea

Dengan hengkangnya Willian, Chelsea memberikan penghormatan kepada penampilannya yang luar biasa baik di dalam maupun di luar lapangan…

 

Willian meninggalkan the Blues setelah membantu kami memenangkan lima trofi utama selama berada di klub, termasuk dua gelar Premier League. Dia juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Chelsea Tahun 2016, dan juga pernah menerima gelar Goal of the Season. Begitu banyak dari 63 gol Chelsea-nya yang ia lakukan secara spektakuler.

Pilihan Willian untuk mendarat di Stamford Bridge dan bukan di White Hart Lane sebagai tujuan kariernya di akhir musim panas 2013 langsung membuatnya mendapatkan status favorit dari penggemar. Dan tak lama kemudian, keputusannya untuk bergabung dengan Chelsea dari Anzhi Makhachkala tersebut diabadikan dalam sebuah chant yang dinyanyikan para fans sepanjang waktunya di London barat.

Gol Pertama Willian

Pemain internasional Brasil itu langsung menunjukkan kepada para fans Chelsea apa yang bisa dia lakukan di lapangan. Dia membuka pundi-pundi golnya dengan cara yang menakjubkan di Norwich City, dan ketika dia semakin terbiasa dengan kecepatan dan kekuatan sepak bola Inggris, peran pentingnya di tim meningkat, terutama selama periode Natal dan tahun baru yang mengesankan di akhir 2013 dan awal 2014.

Tendangan jarak jauh luar biasa lainnya melawan Stoke dan Southampton terjadi di paruh kedua musim, dan ancamannya yang konsisten dari posisi sayap kanan membuatnya mendapat tempat di skuad Brasil untuk Piala Dunia 2014 di negaranya sendiri saat itu.

Meskipun turnamen itu berakhir bagi Willian dan Brazil di babak semifinal, dia mendapatkan trofi pada akhir 2014/15, dan ia menjelma jadi pemain penting dari tim Chelsea yang mengangkat trofi Premier League dan Piala Liga musim itu. Diposisikan sebagai salah satu dari tiga penyerang di belakang penyerang tengah, interaksi dengan Eden Hazard, Oscar dan Cesc Fabregas sangat menyenangkan untuk ditonton dan memastikan kami memimpin klasemen dari awal hingga akhir.

Pemain Terbaik Chelsea

Willian juga jadi tumpuan dengan salah satu gol terpenting di musim tersebut, gol kemenangan di menit-menit terakhir melawan Everton yang memicu adegan-adegan luar biasa di Stamford Bridge, selain itu juga tendangan bebasnya sukses dikonversi oleh John Terry untuk membuka skor melawan Tottenham saat laga final Piala Liga di Wembley.

Eksekusi bola mati yang baik adalah hal utama bagi Willian, ini tidak pernah terjadi sebelumnya karena selama musim 2015/16 ia mencetak gol dari enam tendangan bebas sebelum Desember. Penampilannya yang menonjol dalam musim yang mengecewakan untuk tim membuatnya mendapatkan dua penghargaan individu utama di akhir musim.

Willian sekali lagi sukses menjadi juara Premier League pada 2016/17, meskipun jarang tampil sebagai starter karena Pedro dan teman baiknya Eden Hazard lebih disukai pelatih dalam peran melebar di sisi penyerangan. Meskipun demikian, ia mencetak 12 gol untuk Chelsea, termasuk dua gol melawan Tottenham di kemenangan semifinal Piala FA, dan satu gol lewat aksi serangan balik dalam kemenangan penting atas Manchester City tak lama sebelum Natal tiba.

Dia meningkatkan jumlah golnya menjadi 13 gol di musim 2017/18, musim di mana tidak ada pemain yang tampil lebih sering untuk Chelsea selain dirinya, dengan 56 penampilan saat itu. Peralihan skema formasi ke 3-5-2 berarti membuat dia harus puas dengan duduk di bangku cadangan, tetapi dia masih menunjukkan performa terbaiknya, terutama selama Februari dan Maret ketika dia sukses cetak lima gol dalam lima laga saat itu.

Di antara gol-gol itu adalah gol saat melawan Barcelona -yang mana upayanya dua kali digagalkan oleh tiang gawang- dan satu gol lainnya datang saat di Old Trafford.

Di awal 2018, dalam kemenangan besar di Brighton, ia menyelesaikan pergerakan Chelsea yang luar biasa dan akhirnya meraih predikat Goal of the Season kami kala itu. Dengan sukses meraih penghargaan tersebut, ia mengikuti jejak rekan senegaranya seperti Oscar, Ramires dan Juliano Belletti.

Juara Piala FA dan Liga Europa

Selain penghargaan pribadi tersebut, Willian juga memenangkan Piala FA untuk pertama kalinya, ketika dia tampil sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 1-0 atas Manchester United di Wembley.

Dua musim terakhir Willian di Stamford Bridge adalah musim sibuk lain baginya, ia tampil di 56 laga, cetak delapan gol dan sukses merengkuh Liga Europa. Dia bermain di semua 15 pertandingan dalam perjalanan kami untuk meraih kejayaan dalam kompetisi itu, dan menjadi kapten Chelsea untuk pertama kalinya dalam pertandingan pembuka penyisihan grup, saat tandang ke PAOK, pada malam ketika dia mencetak gol kemenangan di laga itu.

Di kompetisi lokal, Willian secara teratur dirotasi dengan Pedro dan, menjelang akhir musim, Callum Hudson-Odoi, tetapi ada ruang untuk performa dan golnya yang spektakuler saat melawan Cardiff, Burnley dan Newcastle.

Penampilan Willian Musim lalu dan statistik Chelsea

Kembali dari membantu Brasil memenangkan Copa America di kandang sendiri setelah mendapat panggilan telat pada musim panas 2019, Willian kembali ke Chelsea dan, di bawah mantan rekan setimnya Frank Lampard, ia menampilkan performa terbaiknya bersama the Blues. Hal itu membuatnya mendapat pujian dari bos karena memimpin dengan memberi contoh kepada banyak pemain muda yang banyak terlibat saat ini.

Menjadi pemain reguler di sisi kanan serangan, Willian melangkah tanpa kehadiran Hazard untuk menjadi kreator serangan utama di tim. Sorotan dari penampilan individunya musim ini tidak diragukan lagi adalah dua golnya di Tottenham tak lama sebelum Natal, gol yang membuat kami menang tandang dalam pertandingan pertama kami di stadion baru mereka. 

Dia juga mencetak dua gol dari luar kotak dalam dua pertandingan terakhir kami sebelum masa lockdown pandemi, dan melanjutkan performa baiknya saat liga bergulir lagi -termasuk menjadi pemain the Blues pertama yang mengonversi penalti dalam tiga pertandingan Premier League berturut-turut - saat kami mengamankan satu tempat di empat besar yang berharga.

Pertandingan terakhirnya, melawan Liverpool akhir bulan lalu, adalah penampilan ke-339 di Chelsea. Dia mencetak 63 gol dan 62 assist.

Jauh dari lapangan permainan Willian telah menjadi anggota skuad yang sangat ramah selama tujuh musim, dan senyuman lebarnya akan dirindukan oleh semua orang di Cobham.

Dalam latihan dan pertandingan, dia menggabungkan bakat Brasil dengan mentalitas pekerja keras yang memastikan dirinya sangat dihargai oleh banyak manajer Chelsea, dan jarang absen dari starter tim untuk waktu yang lama, meskipun ada persaingan yang ketat untuk memperebutkan posisinya.

Mampu melakukan hal yang luar biasa, kontributor yang signifikan untuk lima raihan trofi, dan tindakan berkelas di dalam dan di luar lapangan: ketika Willian melihat seberkas cahaya pada 2013, ia mungkin tak akan bisa mendapatkan pembenaran yang lebih komprehensif lagi atas keputusannya selama tujuh tahun selanjutnya. Dia meninggalkan Chelsea dengan harapan terbaik kami untuk masa depannya, dan dengan begitu banyak momen indah yang terukir dalam ingatan kami darinya.

Surat terbuka Willian kepada fans Chelsea

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA