Kolumnis

Pat Nevin: Keberanian Lampard Membangun Sesuatu yang Spesial

Akhirnya, musim roller coaster Chelsea telah selesai, dan ini waktu yang tepat untuk merenungkan kembali apa yang terjadi di 12 bulan terakhir dan mantan pemain the Blues, Pat Nevin percaya bahwa kini fondasi sudah diletakkan untuk periode sukses besar lainnya di Stamford Bridge. Dia menjelaskan alasannya tersebut di kolom mingguannya ...

Musim akhirnya berakhir untuk the Blues dan seperti biasa akan ada pemain yang pergi yang akan dirindukan dan dirayakan dengan apa yang telah mereka lakukan untuk klub. Baik Willian maupun Pedro mengalami banyak momen indah dan ada argumen yang layak untuk mengatakan kami mendapatkan yang terbaik dalam karier mereka - tentu saja dari Willian dan mungkin juga dari Pedro.

Hal yang sama bisa dikatakan tentang Eden Hazard, meskipun dia telah pergi 12 bulan. Dia adalah bagian dari lini serang kreatif brilian yang melambangkan Chelsea selama lebih dari setengah dekade.

Bagi semua yang pernah bermain untuk klub ini dan akhirnya harus hengkang, tentu masih punya tempat khusus di hati kami untuk itu, terkhusus bagi orang-orang yang bekerja di sini dan yang terpenting bagi para fans. Sudah terlihat jelas juga dari kata-kata perpisahan yang emosional dari para pemain tersebut, bahwa mereka tidak akan pernah melupakan waktu mereka di sini dan memang begitulah seharusnya. Darah Anda menjadi sedikit lebih biru selama sisa hidup Anda saat Anda pernah menjadi bagian dari keluarga Chelsea.

Sekarang waktunya beralih dan menatap yang baru dengan Timo Werner, Hakim Ziyech serta yang lainnya bergabung sebelum musim baru dimulai, akan ada gaya main baru yang segar untuk dinantikan dan saya curiga sebagian besar fans Chelsea sangat antusias dengan prospek tersebut. Itu mungkin frase yang paling sering digunakan tentang klub sejak Frank Lampard menjadi bos, bahwa kami 'berprestasi' musim ini dan kini meski telah usai, semuanya masih terasa seperti itu.

Anda bisa saja bersikap pesimis dan mengatakan bahwa kami kalah di final Piala FA dan kalah dengan agregat 7-1 kemarin adalah masa-masa kelam, tetapi siapa pun yang berakal sehat yang memahami sepakbola tahu ini bukan masalahnya. Ada begitu banyak hal positif dan begitu banyak harapan untuk masa depan. Untuk memikirkan seberapa jauh Mason Mount, Tammy Abraham, Reece James, Callum Hudson-Odoi dan Billy Gilmour yang muncul dan tampil di musim ini, dan yang lebih penting berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk berkembang lebih jauh, adalah untuk menyadari bahwa kami bisa memulai lagi era baru Chelsea selanjutnya. 

Usia rata-rata tim musim depan saat pemain seperti Werner bersama Christian Pulisic, adalah detail yang akan diperhatikan oleh setiap klub lain di negara ini dan mungkin juga membuat iri mereka. Bisa dibilang, Lampard dengan sangat berani mengelola tim muda ini, percaya pada mereka, mengasuh mereka, dan berpegang teguh pada mereka. Saya yakin bahkan mereka tahu bahwa tidak semua manajer dan tentu saja tidak setiap klub mau atau mampu menghargai dan merawat pemain muda mereka hingga level ini.

Di tengah upaya ini, penting untuk tidak menyingkirkan  pemain manapun yang sudah senior di atas usia tertentu. Performa yang ditunjukkan oleh Olivier Giroud, Cesar Azpilicueta dan lainnya sangat fenomenal sehingga mereka harus dihormati tidak hanya atas apa yang telah mereka lakukan tetapi apa yang masih dapat mereka lakukan untuk tim ini.

Sepanjang musim kemarin, sikap dari Olivier Giroud telah menjadi hal yang menyenangkan untuk ditonton dan harus menjadi inspirasi bagi pemain muda manapun tentang menjadi seorang profesional yang hebat. Dave (Azpilicueta) pun sangat mengejutkanku dengan musim terbaiknya di klub dan jika dipikir-pikir, ia menjadi salah satu rekrutan terbaik yang pernah kami lakukan di era modern.

Ada begitu banyak hal positif tetapi masih ada pekerjaan besar yang harus dilakukan dan saya belum berbicara tentang Frank yang mungkin akan menginvestasikan sejumlah uang di lini belakang. Saya rasa lini tengah ke area depan kami terlihat sangat lengkap, dengan mungkin satu tambahan kreatif untuk ditambahkan di sana, tetapi untuk lini pertahanan, jelas ini tidak akan mudah.

‘Frank dengan sangat berani membawa kelompok ini, mengasuh mereka dan percaya kepada mereka.’

photo of Pat Nevin Pat Nevin

Hampir setiap klub sedang mempertimbangkan atau baru saja mendatangkan bek tengah yang andal dan pandai menguasai bola di kakinya. Dari raksasa Spanyol, Real dan Barca hingga Manchester United dan hingga pekan lalu Manchester City, karena tampaknya posisi inilah yang paling memprihatinkan. Maksudku, apa yang sedang terjadi? Bukankah dulu semua tim berlomba untuk mencari playmaker yang kreatif dan pencetak gol ulung yang selalu menjadi prioritas utama semua orang di pra-musim?

Anda hanya perlu melihat berapa banyak yang dibayarkan Liverpool untuk Virgil van Dijk dan United membayar Harry Maguire untuk melihat bahwa di posisi ini lah ada masalah besar dengan penawaran dan permintaan di level top. Kini, hampir setiap klub top berlomba mencari bek yang tepat.

Sampai batas tertentu, saya merasa kasihan pada manajer top pada saat ini. Tepat ketika musim telah berakhir dan Anda ingin beristirahat dari stres, ketegangan, dan tekanan 24/7, namun Anda tahu betul jika Anda mengalihkan pandangan sejenak dari sepakbola, pemain yang dapat membuat perbedaan besar bagi tim Anda, akan diambil oleh salah satu saingan Anda. Namun, istirahat sangat penting dan tentu saja ada tim tersendiri yang berkomitmen di klub yang siap menjelajahi planet ini dengan sistem scouting pemain, sementara manajemen tim dan para pemain harusnya memulihkan diri (recovery) mereka masing-masing.

Saya menduga bagi Frank itu akan menjadi masalah baginya di masa depan, meski begitu ia kini tampaknya tak sabar untuk kembali ke sepakbola karena dia tahu dia baru saja memulai petualangan ini. Karena jika melihat kembali perjalanan musim ini, seperti itulah rasanya - sebuah petualangan. Yang menarik, yang tidak dapat diprediksi tetapi bisa mencapai kesuksesan dan masih banyak peluang untuk lebih sukses lagi kedepannya. Tentu saja, tidak akan pernah membosankan dengan Frank sebagai pelatih; dia terlalu berpikiran positif dan ia adalah seorang pemenang untuk membuat timnya bermain dengan cara apapun.

Kami mendapat tempat di empat besar yang kami inginkan dengan satu jatah sepak bola Liga Champions, kami membawa banyak pemain muda, kami mencapai final Piala FA, kami berhasil mengalahkan semua tim papan atas di negara ini seperti yang kami telah lakukan, tetapi itu semua tampaknya hanya sampingan saja karena utamnya Frank sukses membawa suporter Chelsea lebih besar dan lebih dekat lagi ke klub ketimbang dalam beberapa tahun terkahir.

Memang, tidak ada trofi yang diraih tetapi saya pribadi lebih menikmati musim ini ketimbang sebelumnya meski telah menghasilkan beberapa trofi, tentu karena cara kami untuk mencoba meraihnya. Inilah Chelsea, inilah kami dan apa yang kami inginkan. Jadi, terima kasih untuk para pemain musim ini dan kami semua tidak sabar untuk melihat Anda memberi kami lebih banyak hal yang lebih baik lagi ketika Anda semua kembali ke lapangan nanti. Saya juga berharap para penggemar bisa kembali ke tribun secepat mungkin. Untuk tim, kehadiran suporter lagi tersebut akan sama baiknya dengan rekrutan baru yang bisa dilakukan Frank saat ini.

More from Chelsea