Analisis

Uraian Akhir Musim 2019/20 - Catatan Bersejarah

Kami coba untuk kembali melihat musim yang baru saja berakhir dengan merinci beberapa kejadian, catatan, dan fakta penting dari 2019/20, dengan bantuan ahli statistik klub yaitu Paul Dutton...


MUSIM SECARA KESELURUHAN

Premier League - keempat

Piala FA - runner-up

Piala Liga - babak keempat

Liga Champions - babak 16 besar

Piala Super UEFA - runner-up

Premier League 2 - juara

Checkatrade Trophy - ronde kedua

UEFA Youth League - babak grup

Premier League U18 - runner-up

FA Youth Cup - saat ini di semifinal, nasib kompetisi akan ditentukan kemudian

Premier League U18 Cup - semifinal

FA Women Super League (WSL) - juara

Piala FA Women- saat ini di perempat final, kompetisi masih harus diselesaikanPiala Liga Kontinental - pemenang


CATATAN BERSEJARAH

Willian - Penampilan ke-300 saat tandang ke Lille

Willian - Penampilan Premier League nya ke-200 saat bertandang ke Norwich

Pedro - Penampilan ke-200 saat menjamu Liverpool di Piala FA

Antonio Rudiger - Penampilan ke-100 saat tandang ke Leicester di Premier League, mencetak kedua gol tersebut

Andreas Christensen - Penampilan ke-100 saat bertandang ke Bayern Munich

Marcos Alonso - Penampilan ke-100 Liga Premier ke Southampton

Kurt Zouma - Penampilan ke-100 saat bertandang ke Brighton

Cesar Azpilicueta - start ke-100 sebagai kapten Chelsea saat bertandang ke Brighton

Cesar Azpilicueta - Penampilan tandang ke-350 di Ajax diraih dari kemungkinan 416, hanya absen dua pertandingan karena cedera atau sakit, yang terakhir pada 2014/15.

REKOR

Rekor klub kami dalam 16 pertandingan tak terkalahkan di Eropa (tidak termasuk adu penalti) berakhir di kandang melawan Valencia di fase grup Liga Champions.

Rekor baru klub 10 pertandingan tak terkalahkan di tandang di Eropa berakhir di Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions leg kedua.

Tim meraih tujuh kemenangan beruntun di laga tandang pada semua kompetisi di papan atas, ini merupakan rekor klub baru menyamai tujuh kemenangan yang dicapai pada 1988/89 di Divisi Dua di bawah arahan Bobby Campbell.

Chelsea mencetak tiga gol atau lebih dalam empat pertandingan tandang liga papan atas berturut-turut untuk pertama kalinya dalam sejarah kita: Norwich 3-2, Wolves 5-2, Southampton 4-1, Burnley 4-2.

PEMAIN MUDA MENGESANKAN

Melawan Grimsby di Piala Liga (Carabao Cup), the Blues menunjuk empat pemain muda di starting line-up untuk pertama kalinya sejak 1980, dan di pertandingan yang sama menggunakan enam pemain muda untuk pertama kalinya dalam sejarah kita.

Dalam usia 20 tahun 311 hari, Mason Mount menjadi pemain Chelsea termuda yang mencetak gol untuk Inggris sejak Jimmy Greaves pada November 1960 melawan Wales (20 tahun, 277 hari).

Mason Mount menjadi pemain lokal Chelsea pertama yang melakukan debutnya di tim utama dan menyelesaikan 50 penampilan di musim yang sama (saat tandang ke Liverpool).

Reece James (19 tahun 332 hari) menjadi pencetak gol Liga Champions termuda Chelsea ketika ia menyamakan kedudukan dalam hasil imbang 4-4 ​​kami dengan Ajax di babak penyisihan grup.

Laga Watford di kandang sendiri adalah pertama kalinya bagi Chelsea hanya membawa empat pemain pengganti dalam pertandingan yang semuanya merupakan lulusan Akademi kami - Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi, Ruben Loftus-Cheek dan Billy Gilmour.

Fikayo Tomori menjadi pemain ke-50 yang tampil untuk Inggris di timnas senior sebagai pemain Chelsea setelah melakukan debutnya sebagai pemain pengganti pada menit ke-84 dalam kemenangan 4-0 mereka di Kosovo.

Tammy Abraham mencetak 12 gol tandang di semua kompetisi - terbanyak dari seorang pemain Chelsea sejak Didier Drogba (18 gol ) pada 2009/10 silam.

Abraham adalah pemain homegrown pertama yang sukses mencetak 15 gol liga dalam satu musim kompetisi liga sejak Tommy Langley (15) pada 1978/79 (Clive Walker mencetak 16 gol pada 1981/82 di Divisi Dua). Pemain lokal terakhir yang sukses membuat 18 gol di semua kompetisi papan selama satu musum atas adalah Peter Osgood dengan 31 gol  dan John Hollins 18 gol - keduanya terjadi pada tahun 1971/72.

STATISTIK DAN FAKTA LAINNYA

Reece James menjadi starter untuk pertama kalinya di kandang sendiri saat melawan Crystal Palace pada November silam, mengakhiri rentetan 73 start beruntun Cesar Azpilicueta dalam kompetisi.

Dalam pertandingan di kandang melawan Bournemouth, Azpilicueta menjadi pemain Spanyol pertama yang mencapai 250 penampilan di Premier League untuk Chelsea.

Stamford Bridge menjadi stadion pertama di Premier League yang menyajikan 100 penalti Premier League (78 untuk Chelsea, 22 untuk lawan) ketika Jorginho mencetak gol penaltinya melawan Brighton.

The Blues kebobolan 79 gol di semua kompetisi pada musim 2019/20, rata-rata kebobolan 1,44 gol per pertandingan - ini merupakan rasio terburuk dalam satu musim sejak kampanye 1990/91 (1,64 gol per pertandingan).

Tim ini menderita delapan kekalahan kandang di semua kompetisi untuk pertama kalinya sejak 1985/86 (juga delapan kekalahan).

Jeda musim selama 105 hari akibat lockdown pandemi Covid-19 melebihi rekor jarak jeda 28 hari bagi the Blues antara pertandingan Februari – Maret pada 1986 silam.

Willian adalah pemain Chelsea pertama dalam sejarah kami yang mencetak gol penalti dalam tiga pertandingan liga berturut-turut.

Pertandingan kami di Villa Park pada 21 Juni - pertandingan kompetitif ke-5.136 kami - adalah yang pertama digelar sepenuhnya secara tertutup. Manchester City pada 25 Juni adalah pertandingan pertama yang dihelat di Stamford Bridge tanpa ada suporter.

Pertandingan di Aston Villa adalah yang pertama di liga dimana skuat the Blues menggunakan lebih dari tiga pemain pengganti.

Chelsea tidak pernah kalah dalam pertandingan di mana Pedro (yang sekarang sudah hengkang) mencetak gol. Dia mencetak 43 gol dalam 39 pertandingan, menghasilkan 37 kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Chelsea tidak mengakhiri pertandingan di luar posisi empat besar dari 6 Oktober hingga 26 Juli.

Willian menjadi pemain Blues pertama yang mencetak gol kompetitif di setiap bulan dalam satu tahun kalender.

Willy Caballero (38y 308d) menjadi pemain tertua dan Callum Hudson-Odoi (19y 268d) termuda yang tampil untuk Chelsea di final Piala FA.

Cesar Azpilicueta mengakhiri musim sebagai pembuat penampilan tertinggi kedua kami yang berasal dari luar negeri dan Willian pencetak gol terbanyak keenam kami dari luar negeri.

Kami mencapai 200 pertandingan melawan Arsenal (lawan tersering), dan 100 melawan Burnley.

Gelar Manager of The Month - Frank Lampard (Oktober 2019).

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA