Berita

Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Musim 2020/21

Sudah waktunya untuk mulai berpikir jauh ke depan untuk menyambut musim yang baru dan ada banyak perubahan pada jadwal untuk dipahami para suporter…

Menyusul usainya laga puncak dari Liga Champions tadi malam, tirai musim yang panjang ini akhirnya ditutup. Namun, Chelsea akan kembali beraksi tiga pekan lagi dengan perjalanan tandang ke Brighton di ajang Premier League, yang membuat seluruh perhatian kini telah beralih ke musim 2020/21.

Di sini, kita akan melihat apa yang musim baru akan sajikan, termasuk perubahan pada kompetisi piala domestik dan jadwal yang sangat padat antara September dan Mei…

Kapan Musim Baru Mulai?

Musim 2019/20 dimulai dengan laga akhir pekan ini di Community Shield pada Sabtu 29 Agustus antara Arsenal dan Liverpool.

Sedangkan Premier League akan kembali pada akhir pekan 12/13 September, dengan Blues arahan Frank Lampard beraksi pada Senin dini hari, 14 September di Pantai Selatan Inggris. Pertandingan awal musim yang agak lambat tersebut bukan karena masalah penjadwalan TV yang berurusan dengan tanggal dan waktu yang direvisi belum dikonfirmasi oleh pihak penyiar, tetapi ini adalah kompensasi bagi kami karena menyelesaikan musim lebih telat karena keterlibatan di babak 16 besar Liga Champions.

Bagaimana Semua Pertandingan Bisa Selesai Dalam Waktu yang Singkat Ini?

Jelas musim ini hanya punya waktu yang sedikit untuk menarik napas! Musim 2020/21 akan menjadi musim yang tanpa henti dibandingkan musim-musim sebelumnya karena hampir setiap akhir pekan atau tengah pekan akan menyajikan pertandingan liga, pertandingan piala domestik atau laga sepakbola di jeda internasional.

Faktanya, hanya ada empat tengah pekan yang kosong di sepanjang musim ini, dengan beberapa di antaranya pasti dipakai untuk menyelenggarakan laga Premier League yang harus dijadwal ulang karena bentrok dengan kompetisi yang lain. Hal ini bisa terjadi karena Musim akan dimulai hampir enam minggu lebih lambat dari yang direncanakan karena gangguan besar pada musim lalu.

Kapan Liga Champions Mulai Kembali?

Pengundian untuk fase grup akan diadakan di Athena pada Kamis 1 Oktober mendatang, dengan Chelsea dikonfirmasi sebagai unggulan Pot 2. Itu berarti kami akan menghadapi salah satu juara dari enam liga top Eropa atau juara bertahan Liga Champions atau Liga Europa di fase grup nanti.

Jadwal pertandingan akan dimainkan selama enam kali di tengah pekan secara berturut-turut untuk mulai Oktober hingga Desember.

Jadwal Pertandingan Fase Grup Liga Champions:

20/21 Oktober - Fase grup, laga pertama
27/28 Oktober - Fase grup, laga kedua
3/4 November - Fase  grup, laga ketiga
24/25 November - Fase grup, laga empat
1/2 Desember - Fase grup, laga kelima
8/9 Desember - Fase grup, laga enam

UEFA telah melonggarkan aturannya yang sebelumnya melarang adanya pertandingan liga domestik dimainkan bersamaan dengan pertandingan Liga Champions khusus untuk musim ini.

Bagaimana Dengan Turnamen Domestik?

Perubahan sudah diumumkan untuk Piala Liga dan Piala FA musim ini, dengan semifinal di Piala FA dikurangi menjadi hanya satu leg pada Januari 2021, sementara FA telah mengkonfirmasi bahwa laga replay di kompetisi ini akan ditiadakan untuk mengurangi tekanan di jadwal pertandingan para klub nantinya.

Putaran ketiga Piala Liga, tahap di mana Chelsea akan masuk, akan dimainkan pada pertengahan minggu 22/23 September, sementara putaran ketiga Piala FA mendapatkan jatah di awal tahun baru mendatang.

Dan Sepakbola Internasional?

Para manajer tim nasional harus menunggu lebih sabar lagi untuk melanjutkan pekerjaan mereka, karena bulan Maret lalu terhenti oleh pandemi dan turnamen Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan untuk musim panas ini akhirnya ditunda untuk satu tahun kedepan..

Jeda internasional pertama tahun 2020/21 tampaknya akan dimulai sebelum kompetisi klub dimulai, dengan pertandingan fase grup UEFA Nations League di Eropa akan berlangsung pekan depan. Kemudian akan ada laga internasional lagi di bulan Oktober (5-13, menampilkan tiga matchday), November (9-17, juga menampilkan tiga matchday) dan Maret (22-30) sebelum akhirnya putaran final Kejuaraan antar negara Eropa yaitu Euro 2020 yang tertunda dimulai pada 11 Juni 2021 mendatang.

Untuk para pemain yang jadi andalan baik klub dan negara, ini akan menjadi kampanye yang membuat mereka gelisah.

Apakah para suporter sudah diizinkan menghadiri laga di stadion?

Musim 2020/21 akan dimulai secara tertutup. Premier League berkomitmen untuk membawa para suporter kembali ke stadion penuh secepat mungkin, dengan keselamatan dan kesehatan selalu menjadi prioritas.

Apakah akan ada jeda musim dingin?

Tidak. Akan ada pekan pertandingan Premier League yang terbagi di bulan Januari, tersebar di dua tengah pekan.

Akankah para pelatih dan manajer masih bisa memakai lima pemain pengganti dalam satu pertandingan?

Hal tersebut tidak akan berlaku pada 2020/21 setelah pemungutan suara oleh pemegang saham Premier League. Ini berarti pemain cadangan akan kembali ke tujuh pemain dan jumlah pergantian pemain akan kembali ke sistem tiga pemain seperti sebelumnya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA