Berita

Pantauan Media: Cole Menjadi Pelatih, Robben Kembali, Masa Depan Torres

Dalam pembahasan berita terbaru terkait Chelsea dari media, Ashley Cole angkat suara mengenai tentang sosok dari Chelsea yang meyakinkannya untuk mendapatkan lisensi kepelatihannya dan Arjen Robben berbagi pengalamannya setelah comeback dari masa pensiun untuk memainkan pertandingan pertamanya bersama Groningen.

Cerita-cerita ini adalah contoh yang diambil dari sumber media eksternal. Mereka tidak mewakili pandangan atau posisi Chelsea Football Club.

Cole memuji Bath dengan transisi ke pembinaan

Dalam wawancara bersama ESPN.com, Ashley Cole mengungkapkan bahwa Head Youth Development Chelsea yaitu Neil Bath memainkan peran kunci dalam keputusannya untuk menjadi pelatih setelah dia pensiun dari sepakbola.

Mantan bek kiri itu gantung sepatu pada akhir musim 2018/19 setelah memainkan pertandingan terakhirnya untuk Derby County di bawah asuhan mantan rekan setimnya di Chelsea, Frank Lampard. Namun saat mereka berdua kembali ke The Blues musim panas lalu, Cole menjelaskan semuanya terjadi secara kebetulan.

‘Hal itu (melatih) akan selalu jadi kartu pilihan saya’ katanya. 'Saya berbicara dengan Neil Bath mungkin tiga tahun lalu ketika saya berada di Los Angeles, dan dia bertanya apa yang ingin saya lakukan. Saya mengatakan kepadanya mungkin tentang scouting pemain. Dia memberi saya pilihan, dan mengatakan saya bisa kembali (ke Chelsea) melakukan percobaan enam bulan sebagai pelatih, dan enam bulan sisanya di scouting pemain jika saya mau.

'Berada di LA, saya melakukan banyak pekerjaan di belakang layar sebagai kapten, baik itu melatih, analisis video dengan pemain baik secara individu atau unit. Begitu saya tahu saya akan pensiun dan itu menjadi akhir dari karir saya di Derby, saya tahu inilah yang ingin saya akan lakukan.’

'Saya berbicara dengan Neil lagi dan dia memberi tahu saya bahwa saya diterima kapan pun. Saya memulai proses dengan pengambilan lisensi saya waktu itu. Sungguh transisi yang mudah.’

‘Bagi saya, Neil sangat luar biasa. Dia tidak hanya membuat Anda ke dalam kesibukan, setumpuk dokumen, dan semua itu. Berada disekitar Frank (Lampard) juga luar biasa, tapi bagaimanapun juga aku akan kembali.’

Menurut Cole, tanggung jawab diberi kapten LA Galaxy juga memberinya kepercayaan yang lebih besar untuk terjun ke dunia kepelatihan.

‘Begitu saya menjadi kapten di LA Galaxy, saya berubah menjadi orang yang berbeda,’ tambahnya.

‘Saya pikir saya ingin bertahan di sepakbola setelah saya pensiun, tetapi pergi ke LA dan mereka memberi saya keyakinan bahwa saya bisa menjadi kapten dan kemudian memberi saya peran khusus dengan individu atau unit tim, saya merasa saya bisa melakukannya.’

Robben bahagia bisa memainkan laga comeback

Arjen Robben mengatakan merasa 'sangat istimewa' bermain untuk Groningen dalam pertandingan persahabatan akhir pekan lalu dan bersikeras dia ingin membantu klub Belanda tersebut di lapangan setelah memutuskan untuk keluar dari masa pensiun, seperti dilaporkan Goal.com.

Setelah menandatangani kontrak dengan klub Belanda pada bulan Juni, mantan pemain sayap Chelsea itu memainkan pertandingan pertamanya dalam 15 bulan dalam hasil imbang 1-1 dengan Almere City pada hari Sabtu lalu.

Dia menampilkan beberapa sentuhan apik sebelum diganti tepat setengah jam pertandingan, seperti yang telah disepakati sebelum pertandingan.

‘Senang rasanya bisa bertanding lagi. Untuk itulah Anda melakukannya,' kata pemain berusia 36 tahun itu kepada Fox Sports Belanda.

'Saya ingin membantu Groningen, tetapi tidak hanya dengan penjualan tiket musiman ataupun kostum, tapi juga membantu  di lapangan. Saya telah menempuh perjalanan jauh dan saya masih jauh dari sana. Tapi saya membuat langkah-langkah yang bagus dan setengah jam ini sangat menyenangkan.’

 Laga ini cukup istimewa, tapi saya hanya ingin berkonsentrasi melakukan pekerjaan saya. Yang terpenting adalah tetap fit. Kita lihat saja nanti. Karena Itu juga merupakan kombinasi dari tidak bermain sepak bola selama satu tahun dan juga bertambahnya usia. Saya harus mengejar (level kebugaran itu) sekarang.’

Groningen dijadwalkan untuk memulai kampanye Eredivisie 2020-21 mereka pada 13 September melawan mantan klub Robben lainnya, PSV Eindhoven.

Torres ungkapkan rencana kepelatihannya

Baru-baru ini, mmantan striker Chelsea Fernando Torres telah menulis tentang niatnya untuk menjadi pelatih dalam sebuah posting Instagram-nya untuk menandai satu tahun pensiunnya sebagai pemain.

Pria asal Spanyol itu mengunggah pesannya pada hari Minggu, tepat setahun setelah dia memainkan pertandingan terakhir dalam karirnya untuk Sagan Tosu di Jepang.

'Hari ini adalah satu tahun sejak saya pensiun dari sepakbola. Saya akui bahwa ketika saya aktif saya tidak menyadari betapa cepatnya waktu berlalu,' tulis Torres, yang mencetak gol dalam kemenangan final Liga Europa the Blues atas Benfica pada 2013.

'Saya mulai terbiasa dengan kenyataan baru. Saya berasumsi bahwa saya bukan lagi pemain sepakbola, sementara pada saat yang sama saya akan menjadi seorang pelatih. "

Pemain berusia 36 tahun itu, yang tidak menunjukkan dimana dia akan melatih, dan mengakhiri tulisan di unggahannya dengan pesan sepenuh hati kepada para penggemar yang terkena dampak pandemi virus corona.

‘Sayang sekali, sepakbola kini harus dimainkan tanpa kehadiran suporter di tribun, elemen yang membuat olahraga ini begitu istimewa,' tambahnya.

'Di tengah itu semua, kita semua mengalami dampak dari pandemi yang membuat ribuan keluarga hancur. Untuk alasan ini, satu-satunya hal yang saya minta dari Anda adalah tetap aman dan sehat.’

‘Harapan terbaik saya untuk semua orang.’

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA