Analisis

Apa yang Bisa Ben Chilwell Bawa ke Chelsea?

Ada banyak rasa antusias mengenai kedatangan bek kiri timnas Inggris di pekan ini, tetapi ketika musim berlangsung nanti, apa aspek teknis permainan Ben Chilwell yang dapat dinantikan oleh para penggemar Blues? Untuk pandangan ahli, kami beralih ke pakar dan mantan pemain Chelsea, Pat Nevin…

Saat Anda membeli pemain di level teratas, tak ada garansi tertentu terkait kesuksesannya di tim Anda. Akuisisi Ben Chilwell, bagaimanapun, bisa dibilang selayaknya anda bertaruh dengan hal tersebut. 

Dia telah bermain di level teratas di Premier League selama bertahun-tahun dan sudah cukup dianggap sebagai pemain yang tidak hanya mapan, tetapi juga salah satu yang terbaik. Total 11 caps penampilan bersama timnas Inggris adalah fakta yang jelas apalagi ia masih berusia 23 tahun. Dengan tahun-tahun terbaiknya akan datang di kariernya, semuanya sangat cocok kali ini.

Ben sendiri nantinya akan merasa nyaman saat berbaur ke ruang ganti karena banyak pemain seusianya, bahkan banyak diantaranya ia kenal dengan baik dari skuat timnas Inggris. Jadi saya berharap dia bisa menyesuaikan diri dengan nyaman dari hari pertamanya di klub. Ia bukanlah pemain yang harus beradaptasi dan mempelajari terlebih dahulu seluk-beluk Premier League dan berkembang di dalamnya, namun ia adalah pemain yang bisa Anda langsung beri jersey dan menyuruhnya langsung bermain saat itu juga dan mengatakan 'Lanjutkan, Anda tahu apa yang harus dilakukan di lapangan!'.

Meskipun ia sempat bermain di skema tiga bek di posisi kiri, tapi ia jelas merupakan bek sayap kiri yang klasik, dalam skema empat bek standar di sepanjang kariernya sebagai bek sayap yang merupakan posisi yang ideal dengan kemampuannya. Jadi, kini kami memiliki pemain muda berbakat yang yang multi posisi dan serba bisa. Dia jelas cocok dengan model skuad Frank Lampard saat ini.

Lalu, apa yang membuat Ben menonjol ketimbang yang lainnya dan apa yang menggoda klub ini untuk melakukan investasi yang begitu besar padanya? Musim lalu dia mulai rutin mencetak gol termasuk golnya saat melawan the Blues, dengan kaki kanannya!

Dia adalah full-back yang agresif dan kerap kali melakukan overlap di lini depan, tapi ia merupakan sosok yang cukup cakap saat bertahan. Kedengarannya aneh, tetapi ada beberapa bek kiri dan kanan di luar sana yang bermain di level atas saat ini, yang sebenarnya tidak pandai bertahan, baik dalam arti posisi atau sekadar menghentikan pemain sayap yang akan melewati mereka.

Dia adalah pemain yang sangat nyaman dengan bola di kakinya. Meskipun kini bisa dibilang ada banyak bek yang tidak akan nyaman saat bergabung dengan gaya operan cepat dan apik Chelsea. Ketika dia benar-benar terlibat dengan permainan di lini tengah lawan maka kekuatan terbesarnya bisa dibilang ikut bermain dan membangun serangan tentu saja lewat sisi kiri tersebut.

Ben juga memiliki kaki kiri yang cukup baik, yang akan menciptakan banyak peluang bagi penyerang kami dan siapapun pemain yang masuk ke kotak penalti saat dia menguasai bola. Tercatat, ia memberikan total 90 kali umpan silang untuk Leicester di Premier League musim lalu dan dia bisa meningkatkan angka umpan itu saat bermain untuk kami.

Tentu saja banyak bek kiri luar biasa dari Inggris yang telah melayani klub ini selama bertahun-tahun seperti Ashley Cole, Graeme Le Saux dan teman lama saya yang lain, Tony Dorigo. Siapa yang paling mirip dengan Ben Chilwell? Saya selalu menyamakannya dengan pemain Premier League lainnya tetapi tidak di Chelsea, ia adalah Leighton Baines dari Everton.

Meskipun lebih tinggi dari legenda Toffees, mereka berdua memiliki kemampuan yang saya hormati sebagai bek sayap, karena mereka adalah suatu kesenangan bagi seorang pemain sayap untuk diajak bekerja sama. Mereka memiliki kecerdasan dan kemauan untuk mengeluarkan nyali demi membantu partner bermain mereka dengan membuat pergerakan lari yang tepat waktu, agresif dan juga melakukan overlap di pertahanan lawan.

Saya juga memiliki pemahaman seperti itu dengan beberapa bek sayap sepanjang karier saya, tentu saja Stevie Clarke dan saya selama kami di Chelsea, kami tahu betul bagaimana caranya membongkar pertahanan lawan dengan umpan cerdas dan pemahaman tentang gerakan dan kemampuan satu sama lain. Tentu saja, chemistry partner seperti ini terutama di posisi bek sayap dan penyerang sayap tidak selalu ada. Ini bisa ada atau tak ada sama sekali.

Selama dekade terakhir, salah satu partnership luar biasa seperti itu datang dari Leighton Baines dan Steven Pienaar. Selama bertahun-tahun mereka akan terjebak dalam situasi dua-lawan-dua tetapi beberapa detik kemudian mereka sukses memanipulasi keadaan sehingga Pienaar atau Baines berada di garis depan lawan dengan bola di kakinya yang siap mengirimkannya pada striker mereka. Mereka brilian dalam hal itu, dan selama beberapa musim di Leicester saya telah menyaksikan Chilwell menunjukkan keahlian yang persis sama, kadang dengan Harvey Barnes dan di waktu lain, dengan pemain seperti James Maddison.

Di Chelsea, apakah Ben akan memiliki partner pemain sayap yang cerdas, terampil, dan cepat untuk bekerja sama? Seseorang yang memiliki visi, dapat melihat umpan dan yang terpenting tahu kapan harus mengosongkan ruang untuk pasangannya menekan lawan di sisi kiri itu? Seseorang pemain yang dalam kriteria itu seharusnya tidak mementingkan diri sendiri dan ingin membangun chemistry partnership dengan umpan one-two, tipuan dan kemampuan menarik pemain bertahan untuk memberi ruang?

Saya mungkin telah memberikan sesuatu yang mendekati deskripsi sempurna (jika agak panjang) tentang Christian Pulisic di sana. Itu bisa menjadi partner yang luar biasa jika mereka berhasil melakukan ini.

Kami memiliki pemain lain yang bisa bermain di luar sana tentu saja dan Callum Hudson-Odoi, Hakim Ziyech atau Mason Mount yang bisa bekerja sama dengan Chilwell dan ini juga akan menjadi ancaman bagi sebagian besar pertahanan lawan di Premier League.

Mungkin, kami 'hanya' mendatangkan bek kiri di sini, tetapi kami juga mungkin telah memilah posisi itu secara lebih komprehensif daripada sebelumnya sejak era Ashley Cole berada di klub. Bisa jadi, ada masa depan yang bagus selama  tujuh hingga sepuluh tahun ke depan di Stamford Bridge untuk rekrutan terbaru kami ini. Sebagai gambaran, coba pikirkan berapa lama dan seberapa penting Cesar Azpilicueta berada di klub ini sejak dia tiba di usia 23 tahun silam.

Saya senang Ben sekarang akhirnya di sini tetapi mungkin tidak sesenang Olivier Giroud, Tammy Abraham dan tentu saja Timo Werner, yang semua punya peluang mencetak gol yang jelas dengan kedatangannya ke klub ini. Penggemar Chelsea di seluruh dunia sekarang pasti bisa melihat apa strategi perekrutan yang dilakukan Frank dan kesediaan klub untuk mendukung keinginannya. Mungkin nanti kami masih tidak akan bisa mendengarkan keriuhan penonton di stadion akan tetapi (di bursa transfer) kali ini adalah saat yang menyenangkan untuk menjadi seorang Blues.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA