Laporan Pertandingan

Timo Werner Cetak Gol Ketika Chelsea Imbang Lawan Brighton

Butuh waktu kurang dari lima menit dari pertandingan di Sabtu sore melawan Brighton bagi Timo Werner untuk mencetak gol untuk pertama kalinya dengan seragam Chelsea.

Tendangan kaki kanan pemain Jerman itu dari jarak enam meter menjadikan irama penampilan babak pertama yang solid dari tim Frank Lampard dalam kunjungannya di Stadion Amex. Laga ini juga memperlihatkan keterampilan penyelamatan penalti dari Willy Caballero untuk mencegah tim tuan rumah menyamakan kedudukan di awal babak kedua dan peluang emas skuat the Seagulls pun ada yang membentur tiang gawang. Tetapi di menit-menit akhir mereka sukses mengonversi penalti lainnya lewat Pascal Gross dan membuat skor akhir menjadi 1-1.

Selain Werner, Hakim Ziyech juga menjadi starter dan sering terlibat dalam permainan, termasuk sebagai eksekutor bola mati, sampai akhirnya cedera yang ia derita harus dilakukan pergantian pemain. 

Pertandingan pra-musim ini terasa tak biasa di berbagai aspek. Tidak hanya datang begitu cepat setelah akhir musim sebelumnya (kami bermain tandang di Munich hanya tiga minggu yang lalu hari ini), ada sorotan ekstra dengan laga tersebut, karena laga ini dipilih sebagai uji coba yang didukung pemerintah dalam kehadiran para penonton di dalam stadion.

Tercatat ada 2.500 suporter Brighton yang diizinkan masuk untuk laga uji coba ini, semuanya ditempatkan di dua tribun. Tidak ada penggemar Chelsea yang dapat hadir, dan beberapa pemain skuat tim utama pria kami juga tidak hadir karena mereka harus mengisolasi diri.

Oleh karena itu, bangku cadangan berisi beberapa pemain dari sisi Akademi kami tetapi susunan pemain awal berisi nama-nama yang sudah dikenal, dan termasuk pemain baru Werner dan Ziyech. Sedangkan N'Golo Kante mengenakan ban kapten di laga ini.

Perlu dicatat juga bahwa nomor punggung yang dikenakan hari ini tidak selalu sesuai dengan nomor skuat untuk musim yang akan datang.

Reece James di bek kanan melakukan tembakan ke gawang di beberapa detik pembukaan dan itu tidak butuh waktu lama bagi Chelsea untuk memimpin setelah peluang itu. Hakim Ziyech mengirim bola panjang diagonal ke area penalti di mana Callum Hudson-Odoi menerimanya dan Werner memiliki tugas sederhana untuk mencetak gol dari jarak dekat. Bukan penjagaan yang bagus dari dari bek Brighton tapi proses gol tersebut masih memiliki visi yang bagus dalam skema permainan Chelsea. Penggemar Brighton percaya bahwa gol itu offside, seperti yang diperjelas oleh sorakan yang terdengar kemudian.

Gol pembuka itu datang setelah periode penguasaan bola yang bagus, tetapi ketika lawan kami menguasai bola dan mulai menekan di akhir babak pertama, kami bertahan dengan baik. Jake Clarke-Salter, yang dipinjamkan ke Birmingham musim lalu, berada di tempat yang tepat untuk membuat sapuan (clearance) yang penting saat Seagulls memberi ancaman di pertengahan babak pertama.

Segera setelah itu, Ziyech melakukan tendangan bebas dari kiri tapi Werner tidak bisa mengontrol sundulannya.

Hudson-Odoi kemudian melakukan gerakan memotong ke dalam dan memaksa Mat Ryan melakukan penyelamatan, dan kombinasi Mateo Kovacic serta Kante hampir saja melewati pertahanan Brighton menjelang jeda, pada akhir pergerakan dimulai dengan intersepsi khas oleh pemain Prancis itu, tapi kami harus puas dengan keunggulan satu gol saat jeda.

Ada tiga pergantian pemain di babak pertama dengan Cesar Azpilicueta dan Toni Rudiger masuk di lini pertahanan dan Willy Caballero di penjaga gawang. Dua dari mereka terlibat langsung setelah babak kedua baru dimulai ketika Rudiger dinilai telah melakukan pelanggaran terhadap Lewis Dunk saat sepak pojok dilakukan. Beruntung, penyelamatan apik Caballero sukses menggagalkan penalti Neal Maupay yang mengarah rendah ke kiri gawang.

Pertandingan Ziyech harus berakhir di tengah laga. Dia keluar setelah menerima perawatan. Setelah pertandingan, Lampard mengindikasikan ada sedikit cedera terkilir pada lututnya dan masih harus diobservasi lebih lanjut lagi.

Kisah utama dari pertengahan babak kedua adalah saat Brighton membidik mistar gawang ketika Adam Webster melakukan tendangan bebas sebelum Caballero tiba dengan tepisannya, dan Pascal Gross hampir cetak gol dengan tendangan bebas langsung untuk tuan rumah, serta banyak pergantian pemain kali ini.

Pergantian tersebut salah satunya Ethan Ampadu yang merupakan rekan satu tim dari Werner musim lalu saat menjadi pemain pinjaman di Leipzig, dan jebolan dari Akademi Harvey Vale ini sempat melakukan tembakan memantul dekat mulut gawang tak lama setelah ia masuk ke lapangan.

Ada satu menit dari 90 menit tersisa ketika Brighton kembali diberikan penalti yang kedua dalam pertandingan tersebut. Ampadu adalah pemain yang dihukum karena mengulurkan kaki dan melakukan kontak dengan Aaron Connelly. Azpilicueta jelas tidak senang dengan keputusan itu. Sayangnya, kali ini Caballero tidak bisa mencapai tendangan penalti tersebut, dengan Gross mengirimnya ke sisi berbeda dari tendangan penalti sebelumnya.

Saat itu, masih ada waktu bagi Oliver Giroud untuk melakukan satu tembakan yang akhirnya diselamatkan kiper lawan dan kemudian keluar dengan kepala diperban sebelum peluit dibunyikan dengan hasil akhir imbang 1-1.

Kami akan kembali ke stadion ini untuk pembukaan musim Premier League kami pada 14 September mendatang.

Chelsea Kepa (Caballero h-t); James (Lawrence 66), Christensen (Azpilicueta h-t), Clarke-Salter (Rudiger h-t), Alonso (Maatsen 66); Kante (Ampadu 61), Kovacic (Baker 61), Loftus-Cheek (Vale 72); Ziyech (Gallagher 54), Werner (Giroud 61) (Castillo 90+2), Hudson-Odoi (McCormick 72).
Pemainn Pengganti Baxter, Peart-Harris.
Pencetak Gol Werner 4
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA