Pratinjau Laga

Uraian Pra-Musim 2020/21 Bagian Pertama: Magnetisme Frank Lampard

Dengan dimulainya musim baru yang hampir tiba, sekarang saatnya untuk mengatur suasana dengan melihat tambahan baru di tim, jadwal dan banyak lagi yang akan dipandu bersama sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton…

Begitu banyak antisipasi, dan sedikit waktu untuk menikmatinya. Musim ke-86 Chelsea di divisi teratas dan musim liga ke-105 secara keseluruhan akan dimulai hanya dalam waktu 37 hari setelah yang musim sebelumnya berakhir di Munich, dan sekitar lima pekan jedalebih sedikit dari biasanya.

Ada 15 dari 24 klub pemenang gelar kompetisi Liga Inggris sebelumnya akan bersaing memperebutkan mahkota Premier League musim ini. Chelsea finis 33 poin di belakang sang juara musim lalu - selisih terbesar di era Roman Abramovich (selisih dua) - namun semua orang, tentu saja, kembali ke nol untuk musim baru ini.

Rekor Liga Premier Terakhir
2019/20 Empat
2018/19 Ketiga
2017/18 Kelima
2016/17 Juara
2015/16 Sepuluh
2014/15 Juara
2013/14 Ketiga
 

Jadwal yang Menantang

Menyusul laga terakhir musim 2019/20 melawan Bayern pada 8 Agustus lalu, sebagian besar pemain diizinkan libur 12 hari sebelum kembali berlatih pada 21 Agustus. Setelah delapan hari latihan, ada laga persahabatan di Brighton, kemudian 13 pemain dipanggil untuk tim nasional mereka selama 10 hari lagi.

Sebagai hasil dari adanya pandemi COVID-19, ini adalah September yang pertama untuk the Blues untuk kick-off di liga selama 106 tahun, dan menjadi yang paling telat dibandingkan yang lain. Sejak 1914/15, setiap musimnya selalu dimulai pada bulan Agustus.

Meskipun Premier League kali ini kehilangan empat slot biasa untuk pertandingan di Agustus, musim ini masih akan mencapai klimaksnya pada Minggu 23 Mei, dengan dua pertandingan tengah pekan tambahan akan dipadatkan pada Januari dan Mei. Untuk membuat jadwal berjalan lancar, final Piala FA juga akan dimajukan ke akhir pekan sebelum musim Premier League berakhir. Jeda musim dingin yang direncanakan sebelumnya pun telah dibatalkan.

Selain itu, Piala Liga Carabao pun dimajukan dan pertandingan kancah Eropa masih harus disesuaikan dengan jadwal yang ada, pemain Chelsea yang juga bermain untuk tim nasional secara efektif bisa bermain dua kali dalam seminggu dari sekarang hingga pertengahan Desember mendatang.

Bagaimana Caranya Menonton Chelsea di Televisi?

Masih belum ada berita pasti tentang kapan penonton diizinkan kembali ke tribun stadion untuk Premier League, tetapi untungnya semua tiga pertandingan pertama the Blues terpilih untuk disiarkan secara langsung. Pihak klub kemudian memilih untuk mengizinkan semua pertandingan pada bulan September juga untuk disiarkan, seperti yang terjadi setelah restart liga pasca pandemi musim lalu.

Pertandingan yang disiarkan
Brighton tandang   8.15pm Senin 14 Sep (Sky Sports)
Liverpool kandang   4.30pm Minggu 20 Sep (Sky Sports)
West Brom tandang  5.30pm Sabtu 26 Sep (Sky Sports)

Untuk melihat dimana laga tersebut dan yang lainnya dapat ditonton di tempat Anda tinggal, periksa panduan televisi di situs resmi Premier League, yang akan diperbarui sepanjang musim.

Untuk perjalanan the Blues di Liga Champions musim ini, siaran lokal dapat ditemukan di situs resmi UEFA.

Program game day di Chelsea TV akan hadir kembali di aplikasi 5th Stand, Facebook Live, dan saluran YouTube resmi kami dengan tiga acara langsung: pra-match (dimulai 75 menit sebelum kick-off), paruh waktu dan post-match. Mereka akan menyertakan berita tim utama, wawancara eksklusif dan analisis berorientasi Chelsea dari para pandit seperti Joe Flemons dan Jason Cundy, ditambah pandit tamu termasuk Pat Nevin, Claire Rafferty, Zac Djellab dan Savage Dan. Selama pertandingan berlangsung, aplikasi 5th Stand akan menyajikan komentar audio.

Sang juara bertahan WSL yaitu Chelsea Women bisa diikuti aksinya melalui aplikasi FA Player, yang menyiarkan langsung setiap pertandingan Women's Super League. Detail tersedia di sini.

Selain itu, setiap minggu beberapa pertandingan disiarkan secara eksklusif di BT Sport.

Skuat Baru Chelsea

Salah satu jendela transfer musim panas klub yang paling luar biasa menjadi saksi daya tarik pelatih kepala kami yaitu  Frank Lampard, dengan beberapa pemain terbaik Eropa menyatakan bahwa kehadiran sang bos membantu menginspirasi mereka untuk bergabung dengan the Blues.

Saat masih berperan sebagai pemain, Lampard bekerja setiap musim panas untuk meningkatkan berbagai aspek permainannya untuk menjadikan dirinya pemain yang lebih komplit lagi. Dia sekarang menerapkan prinsip yang sama untuk kepelatihannya, serta dalam kinerja dan peningkatan kualitas skuatnya.

Dia melihat kebutuhan untuk memecah pertahanan blok rendah lawan dan mengatur saat diserang oleh counter attack dan bola mati. Ia akhirnya merekrut tiga pemain kreatif yang cerdas dan serba guna pada sosok Hakim Ziyech, Timo Werner dan Kai Havertz, serta Bek tengah berpengalaman Thiago Silva dari Paris Saint-Germain dan bek kiri Ben Chilwell dari Leicester City.

Musim lalu hanya enam dari 69 gol liga the Blues yang tercipta dari situasi bola mati. Sembilan dari 16 assist Ziyech untuk Ajax di semua kompetisi berasal dari umpan silang atau sepak pojok, dan empat dari delapan golnya berasal dari luar kotak penalti.

Mengingatkan kita pada Zidane atau Gullit muda, Havertz, usia 21 tahun, yang mempunyai tubuh tinggi, cerdas sebagai pemain, dan berwibawa, unggul dalam berbagai posisi dari lini tengah ke depan. Werner yang gigih dan cerdas, berusia 24 tahun, menjadi runner-up pencetak gol terbanyak Jerman di belakang Robert Lewandowski dan baru-baru ini sukses mencetak gol dengan sentuhan pertamanya saat berseragam Chelsea  di Brighton dalam pertandingan pra-musim kami. Di antara mereka, Havertz dan Werner memiliki andil dalam setiap 18 gol Bundesliga musim lalu.

Lampard tahu betul bahwa mencetak gol bisa memenangkan pertandingan, dan kebobolan kehilangan gelar. Angka 54 gol di kolom 'kebobolan' hanya satu gol lebih banyak daripada di musim 2015/16 silam, ketika kami finis di urutan ke-10.

Delapan gol melawan tim papan atas datang dari serangan balik - terbanyak di Premier League - dan juga the Blues menderita kebobolan terbanyak ketiga dari tendangan sudut (10 gol), meski kecolongan sepak pojok paling sedikit kedua secara keseluruhan di liga (131 kali).

Kedatangan Chilwell yang energik, bek tengah Thiago Silva, serta kembali bugarnya sosok N'Golo Kante akan membantu kami dalam situasi tersebut.

Dengan Ziyech menjadi opsi dalam set-play bola mati, the Blues berharap bisa meningkatkan rekor pencetak gol bek di tengah Chelsea, yang hanya membuat dua gol dari 39 percobaan sundulan di musim lalu

Tentu saja, selain para pendatang baru, kami memiliki semua pemain muda yang terbukti tampil inspiratif sepanjang musim lalu.

Debutan Chelsea?

Pada hari Senin nanti, Chelsea bisa saja mencatatkan salah satu rekor yang lebih tinggi untuk debutan liga di pertandingan pembukaan musim ini.

Jumlah terbanyak debutan liga pada hari pembukaan musim
1905/06 - 11 - Copeland, Foulke, Key, Kirwan, Mackie, McEwan, McRoberts, Miller, Moran, JT Robertson, Windridge
1946/47 - 9 - Bain, Galloway, Goulden, Harris, Lawton, Lewis, Robertson, Williams, Winter
2003/04 - 6 - Bridge, J Cole, Duff, Geremi, Johnson, Veron,
2004/05 - 6 - Carvalho, Cech, Drogba, Ferreira, Kezman, Smertin
1919/20 - 4 - Browning, Dale, Dickie, Wilding
1983/84 - 4 - Dixon, McLaughlin, Niedzwiecki, Spackman
2001/02 - 4 - Gallas, Lampard, Petit, Zenden
2007/08 - 4 - Ben-Haim, Malouda, Pizarro, Sidwell

 

Lebih Beraneka Ragam

Hubungan panjang Chelsea dengan bintang-bintang Brasil terus berlanjut meski Willian hengkang dengan kedatangan bek kelahiran Rio, Thiago Silva. the Blues adalah klub sepakbola Inggris paling populer di negara Amerika Selatan, mungkin karena 12 pemain dari sana pernah mengenakan warna kostum biru yang terkenal ini diawali dengan Emerson Thome pada tahun 1999, dan ini adalah catatan terbanyak daripada tim Premier League lainnya.

Masuknya beberapa pemain brilian di musim panas dari skuat die Mannschaft melanjutkan tradisi yang sama dari para pemain Jerman yang luar biasa, yang dimulai dengan Robert Huth pada tahun 2003. Kedatangan Hakim Ziyech menambah stempel Maroko di paspor Chelsea untuk pertama kalinya. Pemain Maroko itu tidak akan absen pada Januari/Februari nanti karena Piala Afrika 2021 diundur ke tahun 2022.

Nantikan bagian kedua dari uraian pra-musim kami dimana kami akan merinci statistik, pencapaian yang akan datang, perubahan peraturan, dan banyak lagi...

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA