Sejarah

Chelsea Top 10s in the Premier League

Dengan Chelsea memberikan nomor punggung 10 kepada Christian Pulisic untuk musim 2020/21, kami melihat beberapa bintang Blues lainnya yang pernah mengenakan nomor tersebut dengan memberikan hal berbeda untuk klub selama bertahun-tahun.

Pulisic sudah pernah menggunakan nomor punggung ikonik tersebut di level internasional untuk Amerika Serikat, dan fans Chelsea akan berharap dia bisa meniru pencapaian pemain nomor 10 terbaik klub di era Premier League yang mencakup sejumlah pemain terbaik dari tahun ke tahun.

 Baca: Nomor punggung resmi skuat Chelsea musim 2020/21

Gavin Peacock

Meskipun nomor punggung 10 pernah dikenakan di masa lalu oleh beberapa legenda Chelsea termasuk Bobby Tambling, Ian Hutchinson dan Charlie Cooke, baru pada tahun 1993 nomor tersebut secara resmi dialokasikan untuk salah satu pemain kami setelah pengenalan nomor skuad di era Premier League.

Gavin Peacock menjadi pemain Chelsea pertama yang menggunakannya secara penuh dan melakukannya dengan baik dengan nomor punggungnya pada 1993/94, mencetak gol dalam kemenangan 1-0 di kandang dan tandang melawan Manchester United di liga, dan tercatat total mencetak enam gol di Piala FA saat kami mencapai final untuk pertama kalinya dalam 24 tahun.

Dua musim kemudian pada Februari 1996, Peacock menjadi pemain Chelsea pertama yang mencetak hattrick di era Premier League saat mengalahkan Middlesbrough 5-0.


Mark Hughes

Setelah menggunakan nomor 8 setelah bergabung dengan The Blues pada tahun 1995, Mark Hughes beralih ke nomor 10 setelah Peacock pergi setahun kemudian dan Hughes menikmati musim yang luar biasa pada 1996/97 ketika dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Klub kami saat itu. 

Penyerang asal Wales itu menjalin partnership yang hebat dengan Gianfranco Zola dan mencetak 14 gol, termasuk lima gol di Piala FA saat kami mengangkat trofi legendaris tersebut untuk pertama kalinya dalam 27 tahun.

Dia menambahkan 12 gol lagi pada tahun berikutnya termasuk gol krusial dalam kemenangan semifinal atas Arsenal di Piala Liga dan Vicenza di Piala Winners saat kami memenangkan trofi di kedua kompetisi tersebut.

Joe Cole

Joe Cole mengenakan seragam no. 10 ketika ia bergabung dengan Chelsea dari West Ham United pada tahun 2003 dan gelandang lincah itu kemudian menikmati masa tujuh musim yang luar biasa bersama the Blues di mana ia mencetak 39 gol dalam 282 penampilan. Dia membantu kami memenangkan Piala FA dan Piala Liga dan tiga gelar Premier League. 

Pemain serba bisa dan berbakat secara teknik, Cole berada dalam performa terbaiknya di musim 2007/08 ketika penampilannya yang inspiratif membuatnya mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Tahun ini saat kami mencapai final Liga Champions untuk pertama kalinya, dan nyaris menjadi juara lagi Premier League di musim tersebut.


Juan Mata

Juan Mata mengenakan nomor punggung 10 setelah kedatangannya dari Valencia pada 2011 dan gelandang Spanyol itu adalah sosok yang berpengaruh bagi The Blues saat kami memenangkan Liga Champions di musim pertamanya di Inggris, memberikan asis gol penting untuk Didier Drogba melawan Bayern Munich di final. .

Dia juga memainkan peran kunci untuk the Blues saat kami mengangkat trofi Liga Europa pada tahun berikutnya dan sangat populer di kalangan penggemar Chelsea, dia dua kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Klub pada 2012 dan 2013.


Eden Hazard

Setelah kepergian Mata, Eden Hazard mengganti nomor punggungnya dari 17 menjadi 10 sebelum musim 2014/15 dan menghasilkan musim yang gemilang saat The Blues merebut kembali gelar Premier League dan juga mengangkat Piala Liga. 

Pemain asal Belgia itu juga meraih beberapa penghargaan individu musim itersebut. Dia menjadi pemain Chelsea pertama yang memenangkan penghargaan Pemain Terbaik dan Pemain Terbaik versi PFA di tahun yang sama.


Willian

Setelah Hazard keluar dari the Blues dengan penampilan dua gol dalam kemenangan final Liga Europa 2019 atas Arsenal, kostum bernomor 10 diteruskan ke pemain jenius lainnya, Willian.

Satu-satunya musim pemain Brasil dengan nomor tersebut mungkin tidak menghasilkan trofi apapun, tetapi ia mengambil peran kepemimpinan di tim muda Frank Lampard, mencetak 11 gol dan menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Premier League di setiap bulan dalam satu tahun kalender.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA