Pratinjau Laga

Catatan Pra-Pertandingan: The Blues Siap Bangkit di Brighton

Jeda akhir musim lalu yang singkat terasa sedikit lebih lama bagi Chelsea daripada tim lainya di Premier League dengan laga pembuka kami ditunda hingga Senin besok nanti… tetapi pratinjau yang penuh dengan kami siapkan kali ini disajikan oleh sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton…

Debu dari pertandingan 36 hari yang lalu mungkin belum mengendap seluruhnya, tetapi kami harus bangkit dan berlari lagi untuk fase mendebarkan berikutnya dalam sejarah the Blues. Bisakah laga terakhir dari pembukaan Premier League kali ini bisa memberi hasil sempurna untuk Chelsea di awal musim?

Ini adalah laga pembuka yang tidak biasa. Kick-off di Amex Stadium diundur 15 menit dari jadwal sebelumnya menjadi pukul 8.15 malam, dan juga laga ini sengaja ditunda dua hari karena keterlibatan the Blues di kompetisi Eropa di akhir musim. Dan tidak seperti kunjungan persahabatan kami baru-baru ini di pra-musim, yang mana para pendukung the Seagull hadir di tribu dengan melakukan social distancing, kini mereka tidak akan hadir saat lagu pra-pertandingan ‘Good old Sussex by the sea’ diputar di tribun stadion yang kosong nanti.

Manajer kedua klub sedang memulai musim kedua mereka sebagai pelatih di klub masing-masing, yang konon katanya akan berjalan sulit selayaknya kesulitan album lagu untuk mencapai tangga lagu terpopuler. Frank Lampard mengantarkan the Blues ke urutan keempat dan satu final Piala FA di musim perdananya, sementara Graham Potter membawa Albion ke posisi ke-15 di Premier League.

Pertemuan dua manajer di musim lalu

Satu atau keduanya mungkin akan kehilangan poin pada Senin malam nanti, tetapi tim London yang baru memperkuat timnya ini harus yakin dengan kemenangan yang sebelumnya selalu diamankan dalam sembilan dari 10 pertemuan liga kami sebelumnya. 

Selama 16 musim terakhir, tidak ada juara liga yang tersandung pada rintangan pertama, dan laga dalam satu pekan ini mungkin pertanda baik. Dua kali Chelsea memulai kampanye musim  Premier League pada hari Senin ( pada 2014 dan 2016) dan pada kedua kesempatan tersebut juga kami sukses finis di puncak. Brighton, bagaimanapun, tidak pernah kalah dalam pertandingan di kompetisi papan atas yang diadakan pada hari senin dengan catatan lima hasil imbang.

Kemenangan bisa membuat Chelsea mendapatkan 2,000 poin diPremier League, urutan ketiga di bawah Manchester Utd dan Arsenal.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita Tim Chelsea

Ini merupakan jendela transfer yang menggiurkan bagi para penggemar Chelsea, tetapi jangan sampai kita melupakan kekayaan talenta yang sudah ada di klub sebelumnya. Kami tahu Hakim Ziyech, Ben Chilwell dan Thiago Silva akan absen untuk saat ini, tetapi bagaimana para pemain baru lainnya akan berbaur dengan para pemain reguler musim lalu?

Pencetak gol terbanyak musim lalu Tammy Abraham dan Oli Giroud akan bersaing memperebutkan tempat dengan Timo Werner - yang berada di urutan kedua setelah Lionel Messi di lima liga top Eropa untuk jumlah gol yang dicetak atau ciptakan (34).

Pemain kelahiran Stuttgart berusia 24 tahun ini jelas memiliki naluri predator, dan sudah tahu apa yang menjadi tujuannya di Amex Stadium. Ia bahkan sukses membuka pundi-pundi golnya dengan seragam Chelsea lewat sentuhan pertamanya dalam pertandingan persahabatan baru-baru ini di sana. Ia mampu bermain melebar atau sebagai striker tunggal, dan juga muncul di mana-mana.

Kai Havertz's first week at Chelsea, Timo Werner scores every shot! | Chelsea Unseen

Perekrutan Kai Havertz, yang menjadi salah satu pemain bintang di generasinya, telah membuat sang pelatih terkesan dengan kualitas dan kecerdasan yang ia bawa ke berbagai peran di lapangan. Tinggi, cepat, cerdas, terampil dan mematikan, kedatangan pemain Jerman itu memperkuat lini depan Chelsea yang menyerang dengan menakutkan. Dia memiliki banyak hal lain untuk ditawarkan di berbagai posisi lainnya.

Jika Lampard ingin memainkan formasi 4-2-3-1 (seperti yang dia lakukan dalam pertandingan persahabatan melawan Brighton), pemain berusia 21 tahun itu bisa bermain sebagai salah satu gelandang tengah atau di mana pun di posisi belakang striker. Dalam formasi 4-3-3 dia bisa melebar di kedua sisi.

Permainan terstruktur dan sabar The Blues melawan tim-tim dengan pertahanan yang dalam akan mendapatkan keuntungan dari percikan fantasi permainan serta penyelesaian klinis. Para pendatang baru dari Bundesliga juga sama-sama dididik dengan baik dalam hal menekan lawan dengan pressing tinggi, dan memungkinkan untuk memanfaatkan kerentanan dari bek Brighton. Havertz adalah eksekutor tendangan penjuru di Leverkusen, dan diharapkan akan memperbaiki area kelemahan ini untuk the Blues di musim lalu.

Ketika kedua tm bertemu baru-baru ini dalam pertandingan persahabatan, ada sedikit pengingat menjelang peluit akhir. Musim lalu di fase permainan 10 menit terakhir dari the Blues tampak memudar, dengan  akhirnya kebobolan 13 gol lawan di menit akhir yang akhirnya mengorbankan sembilan poin hilang (hanya Aston Villa dengan kebobolan 16 lebih di fase ini).

Kemenangan Chelsea di pramusim digagalkan oleh penalti Brighton

Salah satunya adalah gol penyama kedudukan pada menit ke-85 di Brighton pada Hari Tahun Baru lalu, dan kejadian terjadi di Amex Stadium dua pekan lalu di uji coba lewat gol penalti menit terakhir dari Pascal Gross.

Bek kiri baru kami dari timnas Inggris dan bek yang menjadi finalis Liga Champions yang seharusnya memperkuat kuartet lini belakang, malah harus absen. Meski begitu, Cesar Azpilicueta telah pulih dari cedera terakhirnya saat Piala FA akhir musim lalu.

Dinginnya Brighton

Klub asal South Coast tersebut finis di peringkat ke-15 di musim pertama Graham Potter menjadi manajer dengan kesulitan mencetak gol. Setelah pemain depan Neal Maupay, Aaron Connelly dan Leandro Trossard, setelahnya Dan Burn, Adam Webster dan Lewis Dunk yang harus dipertimbangkan. Trio pertahanan yang menjulang tinggi di kotak penalti saat melakukan set play bola mati, membuat mereka sulit untuk ditaklukkan.

Pada hari Senin nanti, kubu the Seagulls akan tampil tanpa Jose Izquierdo, Davy Propper, dan Christian Walton. Gelandang reguler Aaron Mooy baru saja hengkang, dengan Adam Lallana didatangkan dari Liverpool sebagai penggantinya. The Blues bukanlah lawan favorit bagi pemain 32 tahun itu, yang tercatat gagal mencetak atau membuat gol dalam 11 pertemuan di semua kompetisi. Yang terbaru adalah kemenangan kami 2-0 di Piala FA London atas Liverpool sebelum jeda lockdown beberapa waktu lalu.

Bek kanan mereka adalah lulusan Akademi Chelsea Tariq Lamptey, yang pindah pada Januari lalu.

Tariq Lamptey yang saat ini bermain di Brighton, musim lalu sempat tamil ketika melawan Arsenal

Ruang untuk Perbaikan di Laga Pembuka

Chelsea adalah tim yang tak tertandingi dalam pertandingan pembuka Premier League antara 1999 dan 2016 silam, dengan menjalani 18 musim berturut-turut tanpa kekalahan. Tetapi kini tercatat kalah dua kali dari tiga pertandingan di beberapa musim terakhir.

Bisa dikatakan, the Blues lebih sering memulai pertandingan awal musim di kandang sendiri. Namun saat harus menjalani laga pembuka di tandang, para Londoners kerap menyabet hasil bagus sampai akhirnya rekor tersebut patah musim lalu di Old Trafford.

Past Premier League openers away from home
18-Aug-96SouthamptonD 0-0
09-Aug-97CoventryL 2-3
15-Aug-98CoventryL 1-2
17-Aug-02CharltonW 3-2
17-Aug-03LiverpoolW 2-1
14-Aug-05WiganW 1-0
14-Aug-11StokeD 0-0
19-Aug-12WiganW 2-0 (Lampard penalty)
18-Aug-14BurnleyW 3-1
11-Aug-18HuddersfieldW 3-0
11-Aug-19Manchester UtdL 0-4

Pekan depan, Liverpool akan menjadi tamu pertama ke Stamford Bridge musim ini. Ujian awal mempertahankan gelar mereka dimulai pada Sabtu malam ketika mereka menjamu Leeds yang baru saja promosi.

Pertandingan yang menentukan  juga akan muncul dengan menunggu hasil dari pertemuan Middlesbrough arahan Neil Warnock atau sesama tim Championship yaitu Barnsley yang akan datang ke Bridge dalam waktu delapan hari ke depan di Piala Liga Carabao Cup akan berlangsung di Riverside pada Selasa 15 September, kick-off pukul 18:00.

Nomor Punggung

Christian Pulisic akan mewarisi seragam Willian musim ini, menjadi 'nomor 10 dari Penn'. Di tempat lain, Fikayo Tomori telah pindah ke nomor 14, memungkinkan Kai Havertz untuk mengklaim 29, kemudian Hakim Ziyech akan mengambil nomor punggung 22 yang sebelumnya dipakai Pulisic dan nomor punggung 11 milik Pedro telah pindah tangan ke Timo Werner. Ketiga pemain baru itu mengenakan nomor yang sama di klub mereka sebelumnya. Ben Chilwell telah beralih dari nomor 3 di The Foxes menjadi 21 di Chelsea, sementara Thiago Silva, yang merupakan nomor 2 PSG, akan mengenakan nomor 6. Billy Gilmour mengadopsi nomor 23.
 

Musim ini semua pemain Premier League  akan memakai lencana berlengan bertuliskan 'No Room For Racism', pesan yang dibagikan oleh semua di Chelsea.

Bagaimana Menonton Chelsea

Masing-masing dari tiga pertandingan pertama The Blues dipilih untuk disiarkan secara langsung di Sky Sports, tetapi klub-klub di Premier League memang  telah memilih untuk mengizinkan semua pertandingan 28 September ditayangkan di televisi secara langsung. Itu berarti ada 11 laga siaran langsung tambahan, enam di antaranya akan ada di Sky Sports, tiga di BT Sport dan masing-masing satu di BBC dan Amazon Prime.

Untuk melihat di mana semua pertandingan Blues dapat ditonton di tempat Anda tinggal, periksa panduan televisi situs resmi Premier League, yang akan terus diperbarui sepanjang musim.

Program Chelsea TV untuk pertandingan Brighton akan dimulai dengan berita sebelum laga mulai pukul 19:00 di aplikasi 5th Stand, Facebook Live, dan saluran YouTube resmi kami dengan tiga siaran langsung.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA