Pratinjau Laga

Statistik Chelsea vs Liverpool

Persiapan untuk kunjungan sang juara bertahan sedang bergulir, dan di sini kita melihat secara rinci fakta dan angka utama yang menambah lapisan ekstra pada pertandingan besar Chelsea vs Liverpool akhir pekan ini...

Rekor Pertemuan Chelsea vs Liverpool

Chelsea memenangkan salah satu dari 11 pertemuan Premier League terakhir kami dengan Liverpool (lima seri, lima kekalahan), mengalahkan mereka 1-0 pada Mei 2018 berkat gol Olivier Giroud.

Setelah memenangkan hanya satu dari 16 pertandingan tandang Premier League mereka melawan Chelsea, Liverpool telah memenangkan enam dari 12 pertandingan terakhir mereka di Stamford Bridge dalam kompetisi tersebut.

Di semua kompetisi, Chelsea hanya gagal mencetak gol dalam satu dari 23 pertemuan terakhir kami dengan Liverpool, kekalahan 0-2 di Anfield pada 2018/19.

Liverpool mengunjungi Stamford Bridge di kancah liga pada bulan September untuk tahun ketiga berturut-turut.

Kemenangan terbesar untuk setiap tim

Chelsea 6-1 Liverpool 1937/38 Divisi Satu

Liverpool 6-0 Chelsea 1934/35 Divisi Satu

Pertandingan Musim Lalu

CHELSEA 1 LIVERPOOL 2
Premier League, Stamford Bridge, 22.09.19, 

Chelsea (4-3-3) Arrizabalaga; Azpilicueta (c), Christensen (Zouma 42), Tomori, Emerson (Alonso 15); Kante, Jorginho, Kovacic; Willian, Abraham (Batshuayi 76), Mount
Pengganti Caballero, Barkley, Pedro, Pulisic
Cedera Hudson-Odoi, James, Loftus-Cheek, Rudiger, Gilmour.
Sakit Giroud
Pelatih Kepala Frank Lampard
Kartu Kuning Tomori 20, Kovacic 84, Alonso 90+4
Pencetak Gol Kante 71

Liverpool (4-3-3) Adrian; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson (c) (Lallana 84), Fabinho, Wijnaldum; Salah (Gomez 90+2), Firmino, Mane (Milner 71)
Pengganti Kelleher, Oxlade-Chamberlain, Shaqiri, Brewster
Manajer Jurgen Klopp
Kartu Kuning Alexander-Arnold 56, Fabinho 78, Milner 86
Pencetak Gol Alexander-Arnold 14, Firmino 30

Wasit Michael Oliver
Penonton 40,638

Statistik Chelsea

Chelsea mengincar kemenangan ketujuh beruntun di Stamford Bridge di semua kompetisi sejak kekalahan dari Bayern Munich pada Februari silam. Kami menjaga lima clean sheet selama itu (termasuk melawan Liverpool di Piala FA) dan hanya kebobolan satu gol dari Kevin De Bruyne.

Chelsea menargetkan untuk mempertahankan empat clean sheet berturut-turut di Premier League untuk pertama kalinya sejak Januari 2018.

Chelsea tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan kandang di liga melawan juara bertahan Premier League musim sebelumnya, dan sukses memenangkan tiga pertandingan terakhir.

The Blues sukses memenangkan 14 dari 17 pertandingan kandang pembuka kami di Premier League, hanya kalah dari Burnley pada 2017 silam.

Liverpool adalah salah satu dari tiga tim yang meraih kemenangan ganda (kandang dan tandang) di liga atas Chelsea musim lalu. West Ham dan Manchester United tim lainnya yang sukses lakukan ini.

Reece James adalah pemain keenam berusia 21 tahun ke bawah yang mencetak gol di Premier League untuk Chelsea sejak awal musim lalu. Pemain lainnya adalah Callum Hudson-Odoi, Mason Mount, Christian Pulisic, Fikayo Tomori dan Tammy Abraham.

Rekor

Penampilan Jorginho berikutnya akan menjadi yang ke-100 untuk the Blues di semua kompetisi.

Dengan kemenangan di Brighton, Chelsea menjadi klub ketiga yang meraih 2000 poin Liga Inggris, bergabung dengan Manchester United (2234 poin) dan Arsenal (2014 poin).

Pertandingan itu juga menjadi kemenangan ke 600 kami di segala kompetisi sejak Roman Abramovich mengakuisisi klub pada tahun 2003 dan juga kemenangan ke-400 kami di Premier League di saat yang sama.

Marcos Alonso sukses mencapai penampilan ke-150 untuk the Blues di semua kompetisi saat berlaga di Amex Stadium.

Statistik Liverpool

Musim lalu

Premier League - Juara

Liga Champions - 16 Besar

Piala FA - Putaran kelima

Piala Liga - Perempat final

Community Shield - Runner-up

Piala Super Eropa - Juara

Piala Dunia Antarklub - Juara

Pencetak gol terbanyak semua kompetisi: Mohamed Salah (23 gol)

Statistik Liga Premier musim lalu
Penampilan terbanyak: Alexander-Arnold 38, Firmino 38, Van Dijk 38

Gol terbanyak: Salah 19, Mane 18, Firmino 9

Assist terbanyak: Alexander-Arnold 13, Robertson 12, Salah 10

Clean sheet terbanyak: Alisson 13, Adrian 2

Meski tim arahan Jurgen Klopp ini sukses memenangkan tiga pertandingan Premier League terakhir mereka, namun mereka telah kebobolan tujuh gol dalam pertandingan tersebut dan sembilan gol dalam empat pertandingan liga terakhir mereka.

The Reds gagal menjaga clean sheet dalam enam pertandingan liga terakhir mereka.

Liverpool telah mencetak semua 16 penalti terakhir mereka di semua kompetisi.

Liverpool terakhir kali kalah dalam pertandingan tandang Premier League perdana mereka pada 2014/15 melawan Man City (1-3), setelahnya mereka menang empat kali dan seri satu kali

Juara bertahan Premier League terakhir yang kalah dalam pertandingan tandang pertama mereka dalam satu musim adalah Leicester pada 2016/17 (1-2 melawan Hull).

Liverpool kalah dalam dua pertandingan tandang terakhir Premier League melawan tim 'enam besar' (Man City dan Arsenal) - dan mereka terakhir kali kalah dalam tiga pertandingan berturut-turut pada November 2010 (empat pertandingan).

Ketika the Reds mengalahkan Leeds akhir pekan lalu, mereka memperpanjang rekor tak terkalahkan di Premier League menjadi 60 pertandingan.

Leeds membuat 33 tekel saat melawan Liverpool, yang paling banyak dilakukan tim manapun saat melawan Liverpool dalam pertandingan Premier League selama lima musim terakhir.

Mohamed Salah melakukan sembilan percobaan gol ke gawang Leeds pekan lalu, mencetak gol dari ketiga tembakannya yang tepat sasaran. Ini adalah jumlah percobaan gol terbanyak yang dilakukan pemain Liverpool sejak Philippe Coutinho mencetak sembilan percobaan ke gawang Everton pada April 2016.

Rekor Jurgen Klopp sebagai pelatih melawan Chelsea
Menang 5
Imbang 5
Kalah 3

Pertandingan Terakhir Liverpool di Liga Premier

Sabtu 12 September
Liverpool 4 Leeds United 3
Tim 4-3-3: Alisson; Alexander-Arnold (Matip 89), Gomez, Van Dijk, Robertson; Keita (Fabinho 58), Henderson (c) (Jones 66), Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.
Pencetak Gol: Salah 4 pen, 33, 88 pen, Van Dijk 20
Kartu Kuning: Firmino

Pencetak Gol Liverpool di Liga Premier
Salah 3 (1 pen), Van Dijk 1
 

Wasit dan VAR

Wasit: Paul Tierney
VAR: Michael Oliver

Pertandingan terakhir Paul Tierney untuk Chelsea adalah yang laga perdana kami pasca jeda lockdown pandemi melawan Aston Villa di Villa Park. Pertandingan Blues lainnya yang ia pimpin musim lalu terjadi pada bulan Oktober. Dia juga menjadi tim ofisial wasit saat kami menang 4-1 di Southampton pada ajang Premier League dan kekalahan kandang 1-2 kami dari Man Utd di Piala Liga/Carabao Cup.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA