Wawancara

Wawancara Eksklusif Thiago Silva

Dalam wawancara pertama dan terbuka sejak bergabung dengan Chelsea, Thiago Silva menjelaskan bagaimana pengalamannya dapat membantu tim yang sedang berkembang, merinci rasa lapar untuk sukses dan juga mengenang beberapa pertemuan dirinya di masa lalu dengan the Blues.

Meskipun Thiago Silva belum melakukan debutnya di Chelsea setelah kedatangannya dari Paris Saint-Germain bulan lalu, pemain Brasil itu telah menyesuaikan diri dengan kehidupan di Cobham dan jelas ia sudah tak sabar sangat ingin untuk memulai. Setelah masa istirahat setelah keterlibatannya di final Liga Champions, bek ini telah berada di London selama beberapa minggu terakhir dan baru-baru ini mengikuti sesi latihan dengan rekan satu tim dan bos barunya, Frank Lampard.

Sekarang, dia mengarahkan pandangannya untuk bisa bersaing masuk ke jajaran lini pertahanan the Blues demi memperebutkan satu tempat. Di sini, dalam wawancara eksklusif dengan situs resmi Chelsea, kami mendapatkan banyak jawaban dari nomor enam baru kami ...

Thiago Silva, selamat datang di Chelsea! Apa yang membuat Anda tertarik ke klub ini

Pertama dan terpenting, saya datang karena Chelsea adalah tim yang luar biasa dan salah satu klub terbesar di dunia. Ini membantu ketika Anda disambut dengan sangat hangat, terutama oleh pelatih yang pernah bermain hingga beberapa waktu lalu, karena dalam sepakbola terkadang ada prasangka yang sangat kuat mengenai usia pemain. Tapi saya tahu tentang pengalamannya saat pertama kali tiba di Manchester City, secara teoritis di akhir kariernya. Dia mengalami hal yang sama seperti yang saya alami

Jadi bahkan dari luar, tanpa mengenal saya secara pribadi, dia tahu betapa kerasnya saya bekerja untuk tetap di level tertinggi. Keyakinan yang dia tunjukkan pada saya - hanya itu yang diperlukan. Bagi saya, kepercayaan diri itu adalah satu-satunya faktor terpenting. Mendengar bahwa dia percaya pada saya, bahwa dia berpikir bahwa saya bisa datang ke sini dan memberikan kontribusi positif. Dengan skuat muda kami, serta beberapa pemain yang lebih berpengalaman seperti kapten kami [Cesar] Azpilicueta, kami mendapatkan semua yang diperlukan untuk menjalani musim yang hebat.

Anda bisa yakin bahwa saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk membalas kepercayaan itu di atas lapangan. Kami telah merekrut beberapa pemain top dan kami memiliki skuad yang mampu menjalani musim yang hebat oleh karena itulah yang akan kami coba dan lakukan di lapangan.

Seberapa besar Anda menantikan musim depan bersama Chelsea, dan bermain di Premier League untuk pertama kalinya?

Saya benar-benar tidak sabar. Saya harus mencoba untuk menahan hasrat saya tetapi hampir tidak dapat dikendalikan karena ini adalah kesempatan unik bagi saya. Biasanya, pada usia 35 atau 36 tahun, ini adalah waktu ketika para pemain meninggalkan Premier League tetapi saya melakukan hal sebaliknya - saya baru saja memulai.

Menurut saya, ini adalah liga terberat di dunia, dengan enam atau tujuh tim besar benar-benar memperebutkan gelar sehingga motivasinya sangat besar. Saya sangat tidak sabar untuk bermain tetapi banyak hal akan terjadi pada waktunya dan tidak diragukan lagi saya akan benar-benar siap ketika saatnya tiba.

Pada usia 36, ​​Anda telah mencapai banyak hal dalam sepakbola, jadi apa yang masih memotivasi Anda?

Yang memotivasi saya, hari demi hari, adalah rasa lapar untuk menang. Untuk memenangkan segalanya dalam jangkauan saya. Datang ke Premier League, tujuan utama saya adalah memenangkan gelar liga dan saya yakin bahwa kami akan berjuang untuk itu. Tim ini sangat kuat, kami memiliki pelatih yang hebat dan saya datang kesini untuk berkontribusi dengan cara apa pun yang saya bisa untuk memastikan bahwa kami sedekat mungkin untuk mencapai tujuan tersebut. Itulah yang memotivasi saya: melangkah ke lapangan, lalu menang, menang, dan memenangkan lebih banyak lagi. Saya tidak memikirkan hal lain.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, prospek bermain di Piala Dunia berikutnya adalah hal lain yang benar-benar memotivasi saya. Saya akan berusia lebih atau kurang 38 tahun pada saat Piala Dunia berikutnya dan saya sangat termotivasi untuk berada dalam kondisi yang baik untuk itu.

Pekerjaan yang saya lakukan untuk mewujudkannya sudah dimulai beberapa waktu yang lalu dan sekarang Chelsea telah memberi saya kesempatan besar untuk terus bermain di level tertinggi. Apa yang Chelsea wakili bagi saya adalah sumber kebahagiaan dan motivasi besar untuk menjadi bagian dari proyek baru, keluarga baru dan saya berharap ini akan menjadi tahun yang sangat istimewa.

Anda bergabung dengan PSG di awal era baru untuk klub itu. Apakah rasanya hal serupa terjadi di Chelsea?

Tidak, saya tidak akan mengatakan itu serupa. Saat saya tiba di PSG, klub baru saja diambil alih oleh Qatar. Mereka sedang melalui fase rekonstruksi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Itu adalah permulaan dari semuanya - mereka membangun hal-hal yang belum pernah dialami PSG sebagai klub dan saya sangat bangga menjadi bagian dari proyek itu, yang membuat klub itu diakui di seluruh dunia dan mampu melaju ke final Liga Champions apalagi saya adalah bagian dari itu sejak awal.

Tapi disini berbeda. Chelsea sudah memenangi final Liga Champions, proyeknya sudah berjalan cukup lama. Klub telah menjalani beberapa tahun tanpa mengeluarkan banyak uang, tanpa meregenerasi skuad, tetapi sekarang kami memulai lagi perjalanan baru dengan beberapa pemain besar. Saya berharap reboot ini akan membawa kesuksesan yang sama seperti yang dinikmati klub di masa lalu. Saya berharap bisa memainkan peran saya di lapangan, dan saya berharap reboot ini terbukti sesukses proyek yang saya bantu di PSG.

Apa kenangan Anda bermain melawan Chelsea?

Itu adalah pertandingan besar, dengan pemain hebat di kedua sisi: [Didier] Drogba, dengan kekuatan fisiknya; Diego [Costa], yang selalu menjadi mimpi buruk untuk dihadapi! Itu adalah pertandingan yang sulit, baik di sini maupun di Paris. Saya pikir PSG lebih baik di laga-laga itu tetapi bisa saja hasil berkata lain karena pertandingan di level tertinggi antara dua tim hebat selalu sampai ke detail terkecil.

Pada kesempatan itu, saya pikir PSG hampir keluar sebagai pemenang. Ketika saya mengingat kembali laga itu, insiden yang muncul di benak saya adalah penalti yang saya berikan karena handball. Saya melompat dengan [Kurt] Zouma dan lengan saya terpental dari bahunya dan terkena bola. Juga, gol yang saya cetak untuk menjadikannya 2-2 yang memastikan kelolosan bagi kami di Inggris, yang sangat penting bagi saya dan PSG saat itu.

Tapi itu semua berubah sekarang - saya bersama Chelsea dan saya akan melakukan segalanya untuk memastikan kami memberikan yang terbaik dari diri kami sendiri dan sedekat mungkin untuk mencapai tujuan yang kami tetapkan untuk musim ini.

Ada tradisi Brasil yang kuat di Chelsea. Bisakah Anda ceritakan tentang bermain dengan beberapa mantan pemain Brasil kami seperti Alex, David Luiz, Willian, Oscar dan Ramires untuk klub dan negara?

Mereka semua adalah pemain top. Tapi kemudian, Chelsea selalu mencari pemain yang bisa tampil di level tertinggi. Pengalaman bermain bersama Ramires, David Luiz, Oscar, Willian, itu adalah pengalaman yang luar biasa. Masih ada kesempatan untuk bermain bersama Brasil dan saya berharap kami segera mendapatkan kesempatan lagi. Ini  adalah pengalaman yang melekat seumur hidup karena mereka bukan hanya pemain hebat, tetapi juga orang-orang hebat di luar lapangan dan mereka adalah persahabatan yang akan bertahan seumur hidup.

Apakah Chelsea klub besar di Brasil?

Bukan hanya di Brasil, tapi di seluruh dunia. Chelsea memiliki merek/brand yang sangat kuat. Di Brasil, Chelsea dianggap sebagai salah satu tim terbaik di Inggris, di atas sana bersama Liverpool, Man City, Man United, dan sebagainya. Ada beberapa tim yang memiliki bobot tertentu dan Chelsea termasuk di antara mereka.

Saya sangat senang menjadi bagian dari proyek ini dan saya berharap dengan datang ke sini saya akan membantu meningkatkan profil Chelsea lebih jauh di Brasil, dengan membawa penggemar saya sendiri dan penggemar Fluminense, di mana saya di idolakan. Saya berharap mereka semua mulai mendukung Chelsea sekarang juga. Dan saya berharap kami mencapai tujuan kami dan membawa kegembiraan bagi para penggemar kami di Brasil.

'Kami telah merekrut beberapa pemain top dan kami memiliki skuad yang mampu membuat musim menjadi hebat jadi itulah yang akan kami coba dan lakukan.'

photo of Thiago Silva Thiago Silva

Anda bermain melawan Frank Lampard di pertandingan pertama di Maracana yang diperbarui pada 2013, saat Anda berdua menjadi kapten tim nasional. Apa kesan Anda tentang dia dari jauh?

Sudah lama sekali sekarang, jadi sulit untuk membicarakan pertandingan itu, tetapi saya bisa melihat kualitasnya setiap kali saya melihatnya bermain untuk Inggris atau Chelsea. Ia menonjol karena tekniknya, kualitas operan panjang dan pendeknya, serta tendangan jarak menengah dan jauhnya yang luar biasa. Itu adalah kualitas hebat yang akan selalu diperhatikan oleh penggemar sepak bola. Pemain berkualitas akan selalu teringat dalam pikiran Anda dan Anda layak untuk menjadi kapten Inggris, bukan hanya kepemimpinan. Sebenarnya, keduanya berjalan seiring - Anda membutuhkan kualitas sebagai pemain untuk dapat memimpin grup dan itulah yang dia miliki.

Dia memiliki kualitas yang diperlukan untuk menjadi kapten karena orang melihat betapa hebatnya dia. Adapun permainannya, itu sangat ketat. Inggris unggul dua kali, mereka membuat skor menjadi 1-0, kami menyamakan kedudukan, mereka menjadikan skor 2-1 dan kemudian Fred mencetak gol tepat saat sebelum bubaran. Permainan itu menjadi batu loncatan nyata bagi kami karena segera setelahnya kami bermain di final Piala Konfederasi melawan Spanyol, yang saat itu adalah juara dunia.

Hasil imbang melawan Inggris itu sangat membantu kami, karena di final kami mengalahkan Spanyol 3-0 dan bermain sangat baik. Kami sangat bangga akan hal itu. Kami mempersiapkan turnamen dengan bermain imbang melawan tim kelas dunia di Inggris dan kemudian kami mencapai final melawan juara bertahan, Spanyol, yang memenangkan Piala Dunia di Afrika Selatan.

Apa yang ingin Anda capai selama berada di Chelsea?

Tujuan saya adalah untuk menang. Seperti yang saya katakan sebelumnya, ini adalah tim muda dan kami bertujuan untuk memenangkan pertandingan sebanyak mungkin. Kami tahu bahwa lawan tidak akan pernah membuat kami mudah dan akan bersiap untuk memenangkan pertandingan tetapi saya akan bekerja sekeras yang saya bisa sejak awal. Saya selalu mengatakan bahwa jika Anda akan berlaga besok, maka Anda tidak dapat mulai mempersiapkannya hari ini. Persiapan seperti itu tak akan berhasil; karena hal tersebut harus dilakukan dalam periode tertentu.

Dari apa yang saya lihat, Chelsea sedang mempersiapkan dengan sangat baik untuk musim baru ini. Tentu saja, akan ada saat ketika segala sesuatunya tidak berjalan 100% sesuai rencana karena kami memiliki banyak pemain baru dan terkadang itu membutuhkan waktu. Tapi menurut saya, jika Anda bekerja dengan pemain top, itu akan jauh lebih mudah. Setelah beberapa pertandingan, Anda membangun pemahaman. Setelahnya lagi, Anda hanya perlu melirik satu sama lain, Anda bahkan tidak perlu mengatakan apa-apa untuk memahami rekan satu tim.

Berada di klub besar, memenangkan trofi, itulah yang menjadi motivasi saya. Dari sudut pandang saya, saya melakukan segalanya untuk memastikan bahwa saya dapat memberikan yang terbaik dari diri saya. Itu sampai pada titik di mana istri saya muak dengan saya karena saya sepenuhnya berdedikasi untuk memastikan bahwa saya dalam kondisi terbaik untuk setiap pertandingan. Saat permainan selesai, hal pertama yang saya lakukan adalah menontonnya kembali untuk mencari kesalahan yang saya lakukan. Jadi seperti yang bisa Anda bayangkan, saya membuat dia gugup! Tapi dia sangat bangga dengan apa yang saya lakukan.

Terakhir, pesan apa yang ingin Anda sampaikan kepada fans Chelsea?

Saya tiba 100% termotivasi untuk proyek baru ini. Saya di sini bukan hanya untuk berbagi pengalaman, saya di sini untuk menang. Saya berharap mereka percaya, sama seperti kami, bahwa ini akan menjadi tahun yang sangat istimewa demi kesuksesan untuk klub.

Thiago Silva akan memberikan konferensi pers pertamanya sebagai pemain Chelsea hari ini jam 4 sore waktu setempat. Anda bisa menyaksikannya langsung melalui aplikasi 5th Stand dan juga website ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA