Berita

Mendy Resmi Bergabung dengan Chelsea

Hari ini Chelsea Football Club resmi mendatangkan penjaga gawang Edouard Mendy dari Rennes.

Pemain internasional Senegal itu telah menandatangani kontrak lima tahun di Stamford Bridge dan akan bersaing dengan Kepa Arrizabalaga dan Willy Caballero untuk mendapatkan tempat utama di bawah mistar gawang musim ini. 

Setelah menandatangani kontrak jangka panjang dengan the Blues, Mendy mengatakan,’Saya sangat senang bergabung dengan Chelsea. Ini adalah sebuah mimpi bagi saya untuk menjadi bagian dari skuat ini dan untuk bekerja dengan Frank Lampard dan staf kepelatihannya. Saya menantikan untuk bertemu dengan rekan satu tim saya dan tidak sabar untuk segera memulai.’

Direktur Chelsea Marina Granovskaia juga mengeluarkan komentarnya setelah memastikan kedatangan Mendy. ‘Memiliki tiga penjaga gawang berpengalaman untuk musim 2020/21 dipastikan akan ada tingkat persaingan yang kuat untuk posisi penting yang kami bangun di seluruh skuad. 

‘Begitu Petr Cech dan tim teknis kami mengidentifikasi Edouard sebagai penjaga gawang yang cocok untuk melengkapi skuat kami sekarang, dia adalah satu-satunya pemain yang sangat ingin kami datangkan. Edouard tiba setelah musim yang sukses bersama Rennes, dia ambisius untuk berkembang, dan kami menyambutnya di klub kami.’

Lahir di Montivilliers, Prancis utara, Mendy memulai karirnya bersama AS Cherbourg di Championnat National, divisi ketiga sepakbola Prancis, dan tetap bersama klub Normandia itu hingga 2014. 

Menyusul karir singkat di Marseille B tanpa pernah bermain sekalipun, Mendy mulai naik kasta sepakbola tertinggi pada 2016 ketika bergabung dengan Reims dan dengan cepat memantapkan dirinya sebagai pilihan pertama.

Penampilannya yang mengesankan dan konsisten untuk Les Rouges et Blancs membuatnya berhasil mengangkat trofi pertama dalam karirnya, ketika Reims merebut gelar Ligue 2 pada 2018 dan hanya kebobolan 24 gol musim itu, rekor terendah di liga. 

Setelah tiga tahun di Reims, Mendy bergabung dengan Rennes jelang dimulainya musim 2019/20. Dalam musim pertamanya di Roazhon Park, penjaga gawang dengan tinggi 6 kaki 5 inci itu mencatat 13 clean sheet dan hanya kebobolan 31 gol dalam 33 pertandingan sebelum musim diakhiri sebelum waktunya karena pandemi virus corona. 

Dia membantu Rennes lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya musim lalu, dengan klub Prancis itu finis ketiga di Ligue 1. Mendy sudah berpengalaman dalam kompetisi klub Eropa, setelah tampil dalam empat pertandingan Liga Europa musim lalu.

Meski lahir di Prancis, Mendy memilih mewakili Senegal - negara kelahiran ibunya - di level internasional dan memiliki delapan caps untuk negara Afrika Barat itu. 

Ayahnya adalah keturunan Bissau-Guinea dan Mendy benar-benar mewakili Guinea-Bissau dalam pertandingan persahabatan melawan Portugal pada 2016. Dia menolak undangan untuk bermain bagi Guinea-Bissau di Piala Afrika 2017 dan kemudian melakukan debutnya untuk Senegal pada 2018.

Pemain berusia 28 tahun itu bukanlah penjaga gawang pertama yang pindah dari Rennes ke Chelsea. Sebelumnya ada Petr Cech yang sudah lebih dahulu pindah dari Prancis ke Chelsea pada tahun 2004.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA