Pratinjau Laga

Data dan Fakta Derbi London: Tottenham vs Chelsea

Undian untuk kompetisi Piala Liga/Carabao Cup ini jadi pertandingan pertama Chelsea melawan rival sekota pada musim 20/21 dan merupakan juga pertandingan dengan sejarah yang kuat dalam kompetisi ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton mempelajari pertandingan hari ini secara mendetail…

Chelsea dan Tottenham bertemu di babak keempat di salah satu rute tercepat sepak bola Inggris menuju trofi, dengan satu tempat di delapan besar ditawarkan kepada tim yang lolos dari fase ini. Laga Chelsea vs Tottenham satu-satunya pertandingan putaran keempat Piala Carabao malam ini, dengan sisa pertandingan lainnya di esok hari dan Kamis. Jadwal ini telah disesuaikan dengan jadwal padat Tottenham.

Kedua belah pihak berkeinginan untuk menebus kesalahan untuk hasil imbang akhir pekan, meskipun Chelsea bangkit dari ketinggalan tiga gol terlebih dulu i West Brom, sementara Spurs merasa dirugikan bahwa Newcastle dapatkan hasil imbang setelah penalti telat karena handball diberikan setelah tinjauan VAR.

Dalam keadaan normal, the Cockerels (julukan Spurs) akan berusaha keras untuk memenangkan trofi yang terakhir mereka menangkan pada 2007/08 dengan mengalahkan The Blues di final. Setelahnya, tidak ada kesuksesan sejak saat itu, seperti yang diingatkan Jose Mourinho kepada para penggemar klub pada akhir pekan lalu.

Namun, mereka menghadapi padatnya jadwal pertandingan yang menuntut kompromi dan harus mendahulukan prioritas, dan Chelsea akan sedikit lebih bersemangat di laga nanti yang mengingatkan pada final Piala Liga lainnya: kemenangan the Blues 2-0 melawan the Lilywhites saat the Special One (Jose Mourinho) melatih di periode keduanya di Stamford Bridge.

Highlights: Tottenham Hotspur COC Final 14/15

Gelar Piala Liga

Liverpool 8
Manchester City 7
Chelsea 5
Aston Villa 5
Manchester Utd 5
Nottm Forest 4
Tottenham 4
Leicester 3

Chelsea telah memenangkan empat pertandingan terakhir dari 166 pertemuan dalam persaingan sengit dua klub London ini sejak Desember 1909, dan berada di atas angin dengan 72 kemenangan secara keseluruhan.

Chelsea mengincar kemenangan kelima secara beruntun dari Tottenham

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita tim Chelsea

Ini adalah pertemuan yang lebih cepat di babak awal kompetisi daripada biasanya, dan sudah harus menghadapi dengan lawan yang lebih tinggi di babak ini, tetapi Frank Lampard mungkin siap untuk menurunkan banyak pemain yang mengalahkan Barnsley 6-0 sebelumnya. Khususnya Kai Havertz, pencetak gol terbanyak The Blues di kompetisi ini, akan tertarik untuk menambah gol-golnya.

Lampard telah mengonfirmasi kiper Edouard Mendy dan bek kiri Ben Chilwell berada dalam skuak di laga derby ini tetapi Hakim Ziyech dan Christian Pulisic belum cukup siap.

Mantan pemain Leipzig, Timo Werner akan merasa di rumah malam ini: seperti Willian untuk Chelsea, ia adalah salah satu pemain tim tamu pertama yang mencetak gol kemenangan di stadion baru Tottenham. Kecepatan dan skill tipu daya dari striker Jerman itu meneror tuan rumah sepanjang malam di Liga Champions pada bulan Februari silam, dan dia sukses mengonversi penaltinya menjadi gol saat itu.

Timo Werner celebrating his goal for Leipzig against Spurs last season

Sembilan dari enam gol Chelsea musim ini berasal dari pergerakan permainan terbuka, tetapi Tottenham nyaris tidak kebobolan dengan cara itu. Empat dari enam gol melawan mereka berasal dari penalti atau bola mati.

Bagaimana susunan pemain Lilywhites?

‘Saya ingin tim saya berjuang untuk Piala Liga/Carabao Cup tetapi saya rasa saya tidak bisa,’ kata Jose Mourinho setelah timnya bermain imbang 1-1 dengan Newcastle pada hari Minggu, dan kompetisi ini mungkin merupakan prioritas terendah mereka dari tiga laga di kompetisi yang mereka jalani pekan ini.

Bahkan jika membiarkan keinginan Mourinho untuk mendapatkan trofi, tekanan untuk memenangkan derby melawan mantan klubnya ini mungkin jauh lebih sedikit di stadion yang kosong. Sementara itu, jika menang melawan Maccabi Haifa Israel pada hari Kamis akan meloloskan mereka ke fase grup Liga Europa, dan mendapat pemasukan dari penyisihan grup dan seterusnya. Skuat the Cockerels juga harus beraksi di Old Trafford tiga hari setelah itu pada ajang Premier League, jadi ada sesuatu yang harus diberikan diantara tiga laga itu.

 

Lima pertandingan Tottenham dalam 10 hari
Thu 24 SepPlovdiv W 2-1Europa League qualifier
Sun 27 SepNewcastle home D 1-1Premier League
Tue 29 SepChelsea homeCarabao Cup
Thu 1 OctMaccabi Haifa homeEuropa League play-off
Sun 4 OctManchester Utd awayPremier League

Penyerang Spurs, Son Heung-Min dan Harry Kane berkontribusi mencetak delapan dari 11 gol tim mereka musim ini (lima dari Son) dan juga membuat tujuh assist di antaranya.

Son ditarik keluar pada babak pertama melawan Newcastle karena masalah hamstring, dan akan absen selama beberapa pekan. Bisakah Mourinho mengambil risiko Harry Kane memimpin lini depan di tiga pertandingan berikutnya? Striker Inggris itu hanya absen 60 menit saja dari lima pertandingan Spurs sejauh ini, dan cedera membuatnya absen lebih dari 30 pertandingan selama dua musim sebelumnya.

Absennya Son, Gareth Bale, bek muda Japhet Tanganga dan mungkin Moussa Sissoko, yang jatuh sakit pada akhir pekan lalu, dan hal itu suka-tidak-suka dapat memaksa lebih banyak perubahan oleh kubu Spurs.

Dengan kekuatan penuh mereka, kubu Lilywhites cukup menghasilkan banyak peluang. Paling tidak karena mantan bek sayap Wolves Matt Doherty telah terbukti efektif sebagai bek kanan dengan lisensi untuk bertindak sebagai inside forward/penyerang dalam.

Former Wolves man Matt Doherty is a new Spurs signing

Tanguy Ndombele, yang menyelesaikan 90 menit pada Kamis lalu, masuk dari bangku cadangan pada Minggu malam, dan rekrutan baru Sergio Reguilon mungkin akan terlibat untuk pertama kalinya. Mourinho cenderung memilih skuat yang memiliki tinggi badan untuk pertandingan seperti ini.

Aturan-aturan di Piala Liga

Tidak akan ada waktu tambahan malam ini. Jika pertandingan seri saat peluit akhir, tendangan adu penalti dalam format lama A-B-A-B akan dilakukan. Chelsea menang tiga kali dan kalah dua dari lima adu penalti terakhir di berbagai kompetisi. Tottenham kalah di tiga laga terakhirnya - termasuk melawan the Blues di semifinal Piala Liga pada Januari 2019.

Untuk tim yang berhasil lolos, babak kelima, babak perempat final, akan berlangsung sesaat sebelum Natal tiba, dan semifinal, yang akan dimainkan satu leg saja telah ditetapkan untuk berlaga di awal Januari. Laga final akan digelar di Wembley pada Minggu 28 Februari mendatang.


 

Tottenham 0-2 Chelsea (A) | Premier League Highlights

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA