Berita

Siapa yang Bisa Jadi Lawan Chelsea di Liga Champions?

Hanya 54 hari sejak tirai diturunkan pada musim Liga Champions 2019/20 kami, fokus sekali lagi kembali ke kompetisi klub Eropa menjelang undian penyisihan grup di Swiss.

The Blues akan berharap untuk melaju lebih jauh lagi dari babak 16 besar, setelah musim lalu berakhir dengan kekalahan dari juara bertahan Bayern Munich, dan aksi di kompetisi Eropa akan dimulai lagi dalam waktu tiga pekan lagi.

Setelah pukul 16.00 waktu Inggris hari ini, Frank Lampard dapat merencanakan rute timnya lolos dari penyisihan grup dengan lebih jelas karena lawan kami akan ditentukan dengan cara pengundian yang biasa di markas UEFA di Nyon.

Dengan babak play-off berakhir pada Rabu malam lalu, 32 tim yang berpartisipasi dari 15 negara yang berbeda sekarang telah diketahui, demikian pula pembagian tim-tim tersebut di antara empat pot unggulan.

Jadi, ini cara kerjanya …

Empat pot pada dasarnya mewakili klub-klub unggulan dalam kompetisi, dengan juara enam liga top Eropa bergabung dengan pemegang Liga Europa dan Liga Champions sebagai unggulan teratas.

Tahun ini, karena Bayern Munich saat ini berkuasa sebagai juara Jerman dan Eropa, jatah satu unggulan dari asosiasi dihibahkan ke liga kontinental peringkat terbaik berikutnya (Rusia) dan tempat unggulan Pot 1 milik Bayern itu jatuh ke juara domestik Zenit Saint Petersburg.

Penyusunan Pot 2, 3, dan 4 ditentukan oleh koefisien klub UEFA masing-masing tim dari musim lalu.

Apa itu koefisien klub UEFA?

Koefisien UEFA pada dasarnya adalah peringkat yang digunakan untuk tim unggulan di klub dan kompetisi internasional. Klub memperoleh poin untuk koefisien mereka berdasarkan seberapa baik mereka tampil di Liga Champions dan Liga Europa (dua poin untuk kemenangan babak grup, lima poin untuk mencapai babak 16 besar, dll). Poin kemudian dihitung selama lima musim sebelumnya untuk memberikan koefisien masing-masing klub.

Skor koefisien Chelsea saat ini hingga akhir musim lalu (yang menjadi dasar perhitungan babak grup) adalah 83 poin, yang menempatkan kami di peringkat ke-15 dengan semifinalis tahun lalu, Lyon. Sebagian karena kurangnya keterlibatan kami dalam kompetisi sepak bola Eropa pada 2016/17.

Siapa yang bisa kita hadapi dari Pot 1?

Semua tim kecuali Liverpool, karena aturan di penyisihan grup berarti tidak ada dua tim dari asosiasi negara  yang sama di dalam grup yang sama.

Itu berarti kami bisa tandang kembali ke Munich untuk menghadapi Bayern atau pertemuan dengan finalis tahun lalu, Paris Saint-Germain. Dari tujuh opsi potensial, Sevilla dan Zenit adalah dua yang belum pernah kami hadapi sebelumnya.

Pot 1: Bayern Munich, Sevilla, Real Madrid, Liverpool, Juventus, Paris Saint-Germain, Zenit Saint Petersburg, Porto

Tim mana di Pot 2 yang akan kita hindari?

Jelas kami tidak bisa diundi dan melawan tim manapun dari pot yang sama dengan kami sehingga itu berarti kami akan menghindari tim seperti Barcelona, ​​Atletico Madrid, dan lawan penyisihan grup musim lalu Ajax.

Sesama perwakilan Premier League yaitu Manchester City dan United juga termasuk dalam pot ini.

Pot 2: Barcelona, ​​Atletico Madrid, Manchester City, Manchester United, Shakhtar Donetsk, Borussia Dortmund, Chelsea, Ajax

Siapa yang bisa kita hadapi dari Pot 3?

Dua dari tim kejutan dari babak sistem gugur musim lalu ada di pot ketiga; Atalanta tampil mengesankan sebelum kalah dari PSG di perempat final, sementara RB Leipzig melangkah lebih jauh sebelum juara Prancis itu mengalahkan mereka di semi final.

Pertemuan dengan mantan manajer kami, Antonio Conte, Inter Milan juga dimungkinkan kali ini. RB Leipzig (Jerman), Salzburg (Austria), Krasnodar (Rusia) dan Atalanta (Italia) semuanya akan menjadi lawan baru bagi the Blues jika kami satu grup bersama.

Pot 3: Dynamo Kiev, Salzburg, RB Leipzig, Inter Milan, Olympiacos, Lazio, Krasnodar, Atalanta

Bagaimana dengan Pot 4?

Enam dari delapan kemungkinan di Pot 4 adalah lawan yang tidak biasa bagi Chelsea di kompetisi Eropa, dengan hanya Marseille dan Club Brugge yang berhadapan dengan kami di pertemuan sebelumnya.

Pertemuan dengan Rennes berarti kepulangan ke Prancis untuk Edouard Mendy, sementara Turki dari Basaksehir akan mewakili perjalanan kembali ke Istanbul, kota tempat kami memainkan final Piala Super musim lalu dan tuan rumah final Liga Champions 2021.

Pot 4: Lokomotiv Moscow, Marseille, Club Brugge, Borussia Monchengladbach, Istanbul Basaksehir, Midtjylland, Rennes, Ferencvaros

Dan kapan undiannya?

Sore ini (Kamis) pukul 16.00 waktu Inggris. Anda menonton langsung di BT Sport dan situs web UEFA, sementara kami juga memiliki informasi terbaru di situs web resmi Chelsea, serta aplikasi 5th Stand dan kanal media sosial kami.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA