Pratinjau Laga

Preview: Chelsea vs Sevilla

Dari Spanyol Barat hingga London Barat, fase grup Liga Champions membawa Sevilla ke London untuk pertandingan pembuka. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton memiliki poin-poin penting menjelang pertandingan Selasa malam…

Dua pemenang Liga Europa di dua musim terakhir ini akan bertemu dini hari nanti untuk pertama kalinya dalam pertandingan kompetitif di Stamford Bridge.

Ini adalah musim ke-29 The Blues di Eropa dan musim ke-17 Liga Champions. Musim lalu Bayern Munich menjadi tim terbaik di Eropa, yang baru-baru ini mengalahkan tim tamu Sevilla di Piala Super.

Keberhasilan terbaru The Blues di kandang melawan rekan senegaranya dari Spanyol di Sevilla adalah yang terkenal: kemenangan leg pertama semifinal 1-0 atas Barcelona pada tahun 2012 diselesaikan oleh gol Didier Drogba. 

OTD: Drogba Scores v Barcelona

Tim Andalusia itu berhasil meraih tiga kemenangan beruntun melawan tim Inggris. Mereka mengalahkan Wolves dan Manchester United dalam perjalanan untuk memenangkan Liga Europa musim lalu, tetapi memiliki pengalaman yang beragam dalam pertandingan Liga Champions melawan Liverpool, Leicester dan United pada 2017 dan 2018.

Pertemuan penyisihan grup dengan Liverpool sama-sama berakhir imbang dengan skor tinggi, dan dalam pertemuan babak 16 besar, Leicester menyisihkan mereka 3-2 secara agregat. Mereka mengalahkan Man U 2-1 dengan agg.


Rekor Kandang Chelsea Melawan Tim Spanyol

Main 18  Menang 9  Imbang 6   Kalah 3

Rekor Tandang Sevilla Melawan Tim Inggris
Main 7 Menang 4 Imbang 2 Kalah 1

Rataan umur para pelatih di Grup E hanya 43½ tahun.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita Tim Chelsea

Frank Lampard bertanggung jawab atas skuad muda yang lapar dan berbakat dengan pengalamannya di level elit Eropa, namun Liga Champions, dan terutama tim lawan yang berpengalaman seperti Sevilla, dapat menemukan celah dan bisa memanfaatkannya.

Kesalahan pada hari Sabtu kemarin membuat kita kehilangan poin dan Lampard mengingatkan para pemainnya tentang pentingnya manajemen permainan - tetap fokus, waspada dan mempertahankan energi - di semua level permainan.

Meskipun Edouard Mendy mungkin tidak cukup fit untuk berada di bawah mistar gawang, bek tengah Thiago Silva, yang diistirahatkan setelah kembali dari tugas internasional, adalah finalis dalam kompetisi ini dua bulan yang lalu dan akan membantu di lini pertahanan yang kebobolan tiga gol pada akhir pekan.

Thiago Silva di sesi latihan kemarin

Tentu saja ada banyak hal positif yang bisa diambil dari hasil imbang 3-3 di sisi penyerangan, dengan permainan kombinasi yang apik dan tajam menciptakan banyak peluang ketika melawan tim dengan taktik bertahan, tetapi efisiensi dalam mengubahnya menjadi gol adalah syarat lain untuk sukses di Eropa.

Keinginan Chelsea untuk memberikan umpan terobosan bagi pemain depannya dapat membuahkan hasil melawan juara Liga Europa, yang lini tengahnya menyisakan ruang. Seperti Chelsea, mereka cenderung kebobolan melalui peluang dan kesalahan sendiri atau kelemahan mereka di sayap, sehingga bisa masuk para pemain lawan.

Jika serangan the Blues masih berbahaya malam ini, bek sayap yang penting bagi kita untuk membongkar sistem Sevilla. Pemain yang mencetak dua gol hari Sabtu lalu, Timo Werner sangat tajam di Liga Champions. Pemain Jerman itu mencetak tujuh gol dan membuat dua assist dalam 11 penampilan terakhirnya untuk Leipzig di Liga Champions.

Persiapan Sevilla

Mantan kiper yang kini menjadi pelatih mereka, Julen Lopetegui membawa Sevilla ke tempat keempat di La Liga dan juara Liga Europa di musim pertamanya sebagai pelatih. Dia menyukai formasi 4-3-3, dengan bek sayap yang sering sekali maju membantu pertahanan, gelandang agresif dan kuat di belakang seorang target man.

Sevilla cenderung memainkan bola dari belakang, terutama melalui gelandang Nemanja Gudelj, yang menekankan strategi menekan dari lawan.

Nemanja Gudelj challenging Bayern's Robert Lewandowski in the UEFA Super Cup

Namun tim asal Andalusia ini tidak segan-segan memaksimalkan bek sayap Jesus Navas atau Marcos Acuna (pengganti Sergio Reguilon yang sekarang di Spurs). Pada usia 34, Navas tetap menjadi pemain paling berpengaruh, menciptakan lebih banyak peluang menembak daripada rekan setim mana pun, dan mengarahkan serangan mereka ke sayap kanan.

Set-play mereka biasanya ditujukan dengan ancaman di jarak enam yard dari Luuk De Jong, dan bek tengah Diego Carlos dan Jules Kounde, yang tidak bisa bermain malam nanti. Partner Kounde di sayap dan Hakim Ziyech di timnas Maroko, Oussama Idrissi, juga tidak ada di tim Sevilla yang melakukan perjalanan ke London kemarin pagi.

Mengistirahatkan beberapa pemain untuk pertandingan ini menjadi bumerang pada akhir pekan lalu ketika Sevilla melawan Granada ketika kalah 0-1.

Chelsea ingin menekan kiper Yassine 'Bono' Bounou yang telah menggusur Tomas Vaclik menyusul aksi heroiknya di Liga Europa, meskipun Granada mengungkapkan beberapa pengambilan keputusan yang tidak pasti saat menghadapi umpan silang dan bola mati.

 

10 Unforgettable Champions League Group Stage Moments
Trofi Eropa Chelsea

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA