Pratinjau Laga

Preview: Man United vs Chelsea

Ini kembali ke kompetisi domestik akhir pekan ini setelah tes pertama kami di kompetisi Eropa musim ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton mengalihkan perhatian mereka jelang kunjungan kami ke Old Trafford...

Pertandingan akhir pekan ini mempertemukan dua klub Inggris paling sukses di abad ke-21: Chelsea telah mengumpulkan 17 gelar dan trofi sejak tahun 2000, sementara Manchester United sukses kumpulkan 16 gelar.

Ini adalah persaingan lawas dan selalu menarik - pertandingan pertama kami di Divisi Dua memecahkan rekor hingga 67.000 penonton di Stamford Bridge pada tahun 1906 - dan sekarang berada di tangan dua pelatih muda yang merupakan legenda klub sebagai pemain. Ole Gunnar Solskjaer, sekarang 47, berusia 40 tahun ketika dia melatih Cardiff pada 2014, tiga bulan lebih muda dari Frank Lampard ketika dia pertama kali melatih The Blues pada 2019.

Chelsea tandang ke Manchester dengan posisi sementara di peringkat ke delapan, sedangkan tuan rumah berada di urutan ke-15. Mereka juga telah memainkan satu pertandingan lebih sedikit dari kebanyakan tim lain, tetapi begitu juga Aston Villa dan mereka akan memainkan laga pekan kedua nanti.

Man United telah memenangkan dua pertandingan tandang Premier League mereka musim ini, tetapi belum ada kemenangan kandang dalam kompetisi domestik di Old Trafford selama empat pertandingan. Dua pertandingan papan atas mereka di sana menghasilkan skor agregat 2-9.

The Blues telah memenangkan dua dari tiga pertandingan Premier League terakhir kami melawan klub 'Enam Besar', di Tottenham dan Arsenal.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita Tim Chelsea

Setelah hasil imbang di Liga Champions pada Rabu, Chelsea sudah mencatatkan tiga clean sheet musim ini, dua di antaranya dengan pemain baru Edou Mendy di gawang dan tiga dari susunan empat bek yang sama.

Selain Billy Gilmour yang sedang melakukan pemulihan cedera, skuat Frank Lampard kini tak ada yang menghuni ruang perawatan di Cobham dan amunisi pemain untuk menguji pertahanan tim tuan rumah yang akan tanpa bek andalan mereka Harry Maguire dan Eric Bailly. 

Seperti yang diamati dari analis Joe Cole setelah bermain 0-0 pada hari Selasa, masalah yang timbul dari paruh kedua hasil imbang 3-3 dengan Southampton tampaknya telah ditangani, dengan ketenangan di lini pertahanan, koherensi dan kebersamaan yang lebih baik, meskipun tekanan Sevilla cukup konsisten saat itu

Permainan impresif Edouard Mendy, Thiago Silva & Pertahanan th Blues ketika menahan Sevilla | Unseen Extra

Kesalahan masih dibuat tetapi, untungnya tak berbuah kebobolan. Lima kesalahan individu oleh para pemain Blues telah menghasilkan banyak gol bagi lawan di Premier League sejauh ini, yang paling banyak oleh klub manapun, meski peluang untuk terkena serangan pelaung lawan cukup sedikit dari lawan.

Dan sementara pemain Chelsea penguasaan bolanya direbut oleh lawan lebih sedikit per pertandingan daripada tim papan atas lainnya (lebih dari lima), jumlah rata-rata kehilangan bola karena kontrol yang buruk adalah yang tertinggi (hampir 20 kali setiap 90 menit) . 

Pelatih kepala the Blues masih mengharapkan pendekatan finishing yang lebih klinis di depan gawang, terutama melawan tim Man United yang hanya memberikan sedikit peluang untuk mencetak gol di kandang. Musim lalu skor 0-4 dalam pertandingan tidak menggambarkan jalannya permainan karen akami menguasai laga, tapi begitulah sepakbola.

Kesalahan David De Gea masih bisa diingat setelah kemenangan kami di semifinal Piala FA 3-1 yang dieksekusi dengan gemilang di Wembley pada bulan Juli, saat itu taktik The Blues berhasil meredampengaruh Bruno Fernandes, dan United tidak dapat menahan agresifitas skuat the Londoners. Kali ini, the Blues membutuhkan performa serupa untuk membalikkan penampilan buruk di kancah liga saat bermain di Old Trafford sejak 2013.

 

Mason Mount setelah mencetak gol di semifinal Piala FA musim lalu

Mungkin, tim London barat dapat meniru tim London utara yaitu Tottenham yang mengalahkan 10 pemain United dengan begitu meyakinkan dengan memakai permainan dengan cepat dalam serangan, membuat barisan belakang tuan rumah menjadi break point. Melesat dari lini tengah menarik full-back Setan Merah ke dalam, menciptakan ruang di sisi sayap. Ini akan cocok untuk the Blues, di mana Reece James dan Ben Chilwell tampil luar biasa di tengah pekan lalu.

Hakim Ziyech mungkin akan banyak berduel melawan mantan rekan satu timnya di Ajax yaitu Donny van de Beek - gelandnag anyar Chelsea itu adalah pemain terbaik klub Amsterdam tahun ini di masing-masing dari tiga musim terakhir.

Ziyech dan Van de Beek ketika sama-sama membela Ajax

United yang Tidak Konsisten

Chelsea terakhir kali meninggalkan Old Trafford dengan membawa tiga poin pada Mei 2013 - terakhir kali Sir Alex Ferguson menghadpi klub London, satu-satunya gol dalam pertandingan hari itu dibuat oleh Juan Mata.

Manchester United v Chelsea EPL 2012/13

Pemain Spanyol yang kembali dimainkan secara reguler di starter Manchester United setelah start bermasalah mereka untuk musim2020/21, termasuk saat kalah 6-1 dari Tottenham beberapa waktu lalu.

Jose Mourinho mengidentifikasi Eric Bailly sebagai titik lemah di lini belakang United pada pertandingan itu dengan coba melepaskan umpan-umpan panjang dari belakang ke arah Harry Kane, Harry Maguire dan Luke Shaw juga membuat kesalahan saat tim tamu menambah skor. Ketiganya bisa absen pada hari Sabtu, dengan bek tengah cedera dan bek kiri Alex Telles baru saja tiba dari Porto.

Di lini depan, Man Utd dapat merepotkan tim manapun, dengan pemain depan yang sangat cair, dan banyak sentuhan yang dilakukan untuk membuat tembakan dari tepi kotak penalti. Chelsea harus waspada tinggi untuk menutup ruang itu dan membatasi upaya peluang mereka.

Hukuman Anthony Martial bisa membuka peluang debut untuk Edinson Cavani, yang mencetak tiga gol dalam delapan pertandingan saat melawan the Blues untuk Napoli dan Paris Saint-Germain antara 2012 dan 2016 silam.

Cavani melawan Chelsea ketika berseragam PSG
Juan Mata cetak gol ke gawang Man United pada laga drama 3-3 di 2012

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA