Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Man United 0 Chelsea 0

Chelsea mendapatkan poin kredit di Old Trafford setelah bermain imbang tanpa gol dalam dua laga berturut-turut dengan pertahanan yang tampil baik lagi.

Peluang terbaik di laga ini jatuh ke tangan Marcus Rashford di babak pertama, tetapi Edouard Mendy melakukannya dengan luar biasa untuk menahan peluang tersebut dengan kaki kanannya. Dalam pertandingan tandang pertamanya di Premier League, sang kiper juga melakukan penyelamatan yang luar biasa saat menggagalkan aksi Juan Mata, dan di waktu tambahan dia berusaha keras untuk menggagalkan Rashford lagi. Tiga penyelamatan bagus menjadikannya malam yang luar biasa bagi pemain Senegal tersebut.

The Blues cukup solid dalam pertahanan, yang mana akan membuat gembira Frank Lampard, yang menggunakan formasi 3-4-3 untuk pertama kalinya musim ini. Tapi seperti melawan Sevilla pada Selasa malam lalu, banyak hal tidak cukup bagi kami di wilayah sepertiga akhir meskipun banyak pergerakan tajam ketika peluang muncul. Christian Pulisic membuat dua upaya terbaik kami, sementara kami memiliki klaim yang sangat kuat untuk penalti yang diabaikan setelah pelanggaran yang tampak jelas pada Cesar Azpilicueta oleh Harry Maguire.

Tingkat konsentrasi tetap terjaga memastikan tidak ada drama kebobolan di penghujung laga, seperti saat melawan Southampton seminggu yang lalu, dengan penyelamatan Mendy di menit ke-91 dari peluang Rashford memastikan clean sheet pertama di liga saat laga tandang sejak kemenangan di Tottenham pada Natal lalu.

Pemain yang Diturunkan

Pergantian Azpilicueta untuk Mason Mount adalah satu-satunya perubahan deretan starter saat kami berlaga di laga sebelumnya di liga, dengan sang kapten bergabung dengan Thiago Silva dan Kurt Zouma di lini pertahanan dengan skema tiga bek yang diapit oleh bek sayap Reece James dan Ben Chilwell.

Jorginho dan N'Golo Kante kembali menjadi pasangan lini tengah pilihan Lampard, dengan Kai Havertz dan Pulisic mendukung Timo Werner di lini depan.

Awal yang penuh kesabaran

Hujan telah turun di Manchester jauh sebelum kick-off bergulir, dan tidak berhenti setelah laga dimulai. Kesabaran Chelsea saat coba mengoper membutuhkan akurasi ekstra untuk menggulirkannya di sepanjang lapangan Old Trafford yang basah kuyup.

Pada titik tengah babak pertama, kami menikmati 65% penguasaan bola, tetapi, selain beberapa tendangan sudut, sangat sedikit catatan untuk ditunjukkan.

Tanda-tanda munculnya peluang dari kedua sisi di sepertiga akhir muncul sekitar setengah jam berlalu. Pulisic melakukan dua upaya yang bagus, satu diselamatkan kiper lawan dan satu lainnya melebar karena membentur pemain lawan, dan Mendy secara impresif mencegah Rashford dengan kaki kanannya yang  terulur setelah kesalahan Chelsea di lini tengah yang memungkinkan striker MU untuk mencuri peluang.

Penalti?

Azpilicueta dan kemudian Rashford memiliki banding penalti yang diabaikan oleh wasit saat paruh waktu semakin dekat, dengan klaim kapten kami yang sangat kuat karena lengan Maguire yang melingkar di lehernya. Selain itu, Mendy sempat meluncur ke kanan untuk menggagalkan tembakan Mata dari luar kotak penalti sebelum menit ke 45, tetapi jelas lebih banyak kualitas yang dibutuhkan untuk memecah kebuntuan.

Tujuh menit memasuki babak kedua, mungkin pergerakan serangan kami yang paling cair di laga ini belum menciptakan ruang bagi Werner, ketika bek lawan Harry Maguire berhasil memblok tendangan kaki kirinya.

Lini bertahan kami tetap solid dan cerdik. Sesaat sebelum satu jam, Paul Pogba dan debutan Edinson Cavani menggantikan Mata dan James. Pergantian itu hampir saja berbuah hal instan saat flick dari penyerang Uruguay itu tergelincir melebar ke sisi jaring gawang.

Umpan silang dari sisi sayap kanan yang indah dari James sayangnya gagal menjangkau Havertz dan Pulisic yang meluncur, dan pemain Amerika itu terlihat kecewa Werner tidak mengopernya di ruang kosong setelah James memenangkan bola kembali setelahnya.

Saat pertandingan memasuki seperempat jam terakhir, pertandingan menjadi sedikit lebih mengendur, dan Azpilicueta berada dalam kondisi dan posisi terbaiknya untuk memblokir upaya Rashford.

Dua puluh menit tersisa ketika Lampard mengubah susunan pemainnya, memasukkan Tammy Abraham dan Mason Mount menggantikan Werner dan Havertz.

Saat pertandingan memasuki tahap akhir, tuan rumah menegaskan dominasi wilayah dan penguasaan bola yang lebih besar. Setelah membuat sepak pojok dengan 10 menit tersisa, Thiago Silva berada di tempat yang tepat untuk memblokir tembakan Pogba, dan juga pemain Brasil itu menggagalkan gol debut rekan setimnya di PSG, Cavani.

James mungkin adalah pemain kami yang luar biasa di laga ini, beberapa umpan silangnya menyebabkan masalah pada deretan bek berkostum merah, tapi itu tak berbuah gol untuk meraih kemenangan yang dramatis kali ini.

Tuan rumah memiliki upaya terakhir ketika Rashford membuat peluang dari jarak 20 yard, tetapi Mendy mampu menghalaunya. Akhirnya, kiper kami pun sukses amankan clean sheet-nya kali ini.

Apa Selanjutnya?

Rusia! The Blues akan menghadapi Krasnodar pada hari Rabu dalam lanjutan laga fase grup Liga Champions kedua kami musim ini, dan laga tandang pertama di Eropa.

Chelsea (3-4-3): Mendy; Azpilicueta (c), Thiago Silva, Zouma; James, Jorginho, Kante, Chilwell; Havertz (Mount 71), Werner (Abraham 71), Pulisic (Ziyech 81).
Pemain Pengganti Caballero, Rudiger, Kovacic, Giroud.
Kartu Kuning Havertz 45+1

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire (c), Shaw; McTominay (Greenwood 83), Fred; Mata (Pogba 58), Fernandes, James (Cavani 58); Rashford.
Pemain Pengganti Henderson, Tuanzebe, Matic, Van de Beek.
Kartu Kuning Shaw 39, Fred 46, Rashford 76

Wasit Martin Atkinson.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA