Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Krasnodar 0 Chelsea 4

Gol pertama Hakim Ziyech untuk Chelsea pada kesempatan debut penuhnya adalah saat tampil di laga tandang Eropa yang luar biasa dari the Blues, yang termasuk clean sheet ketiga berturut-turut di semua kompetisi.

Meskipun tidak terus tancap gas hingga akhir pertandingan, dan juga sempat gagal mengeksekusi penalti saat laga masih tanpa gol, namun laga semalam terbukti berjalan baik dan sangat nyaman di Kaukasus, dengan lebih dari 11.000 penduduk setempat diizinkan untuk menonton pertandingan. Roman Abramovich adalah salah satu penonton yang hadir langsung di laga tersebut.

Jorginho adalah pemain yang gagal memanfaatkan kesempatan untuk membawa kami unggul dari jarak 12 yard di titik penalti, namun kami unggul sebelum jeda tiba berkat gol pertama Liga Champions dari Callum Hudson-Odoi. Memang itu bukan gol terbaiknya karena penjaga gawang tim tuan rumah gagal dan tangkapannya terlepas, tetapi gol itu membuat kami bangkit dan berlari lebih cepat lagi.

Kubu Krasnodar sendiri mengancam secara sporadis dan semakin lama pertandingan berjalan dengan kami unggul 1-0, semakin besar peluang terjadinya drama kebobolan di akhir waktu. Syukurlah, tiga gol tambahan yang dicetak dalam 15 menit terakhir berasal pemain kami yang mengenakan seragam alternatif ketiga malam ini.

Timo Werner akhirnya mengambil eksekusi penalti untuk gol pertamanya di Liga Champions di  Chelsea, dan kemudian Ziyech dengan cepat menjadikan skor 3-0 dari operan Werner. Gol di menit-menit terakhir Christian Pulisic adalah layaknya pelengkap seperti menaruh ceri di atas kue, dan menjaga rekor bagus kami melawan tim asal Rusia. Empat gol dan lini sernag yang cair akan sangat membuat Frank Lampard gembira dan, setelah dua kali clean sheet, Eduoard Mendy dan pertahanannya kembali kokoh untuk menahan Krasnodar.

Pemain yang Diturunkan

Lampard membuat empat perubahan pada starting XI-nya dan kembali ke sistem 4-2-3-1. Sang Bos memberi Toni Rudiger penampilan pertamanya musim ini dan Ziyech dengan debut penuhnya sedari awal. Hudson-Odoi dan Mateo Kovacic adalah wajah-wajah segar lainnya dari hasil imbang akhir pekan di Old Trafford lalu.

Buang-Buang Peluang

Tim tuan rumah memulai dengan penguasaan yang lebih unggul ketika mereka berlaga di depan sekitar 11.000 pendukung, dan Mendy dipaksa untuk beraksi sejak menit keempat. Dia melompat untuk menangkis usaha Daniil Utkin.

Ziyech, yang menjalani start pertamanya sejak awal Maret, kemudian melakukan tembakan pertama setelah dengan cerdas ia berbelok dan masuk ke dalam kotak penalti. Kiper Krasnodar, Matvei Safonov, menepisnya ke belakang.

Pada menit ke-13, pemain Maroko itu kembali mendapatkan area bagus di sisi kanan dalam sebelum melepaskan Cesar Azpilicueta. Umpan silang rendahnya menemui Werner, yang sentuhan pertamanya terlalu cepat untuk bek Krasnodar Kaio, dan menjadi pelanggaran di kotak terlarang.

Itu jelas merupakan penalti, tapi Jorginho tidak bisa memanfaatkannya. Penaltinya memang mengecoh Safonov ke arah yang salah, namun bolanya membentur tiang sebelum rebound dari kiper kembali ke Werner, yang usahanya diblokir oleh pertahanan lawan.

Untuk sesaat sepertinya kami akan segera dihukum karena kami membuang peluang tapi untungnya tembakan Tonny Vilhena dari tepi kotak berhasil membentur dan melewati tiang dengan Mendy yang sudah mati langkah saat itu.

Keuntungan Chelsea

Lampard ingin para pemainnya mengumpan jauh lebih cepat untuk membedah lini tengah Krasnodar yang padat, dan hasilnya muncul pada delapan menit sebelum jeda berakhir dengan gol pembuka.

Setelah umpan panjang akurat Ben Chilwell, Ziyech, Werner dan Kai Havertz semua terlibat dalam memindahkan bola dengan cepat, akhirnya umpan tersebut menemukan Hudson-Odoi di ruang kosong. Upaya pemain berusia 19 tahun itu seharusnya bisa dihalau Safonov, namun sayangnya sang kiper membiarkan bola dari Odoi tergelincir di bawahnya. Tentu saja, ini bukan berarti Hudson-Odoi tidak peduli dengan gol pertamanya di Liga Champions!

Havertz melakukan beberapa upaya sundulan sebelum peluit turun minum. Itu adalah penampilan yang solid namun tidak spektakuler dari The Blues.

Pencarian kami untuk menggandakan keunggulan dimulai lagi di awal babak kedua, Kovacic melakukan pergerakan melebar dari tepi kotak. Itu upaya yang mirip darinya seperti sepakan golnya yang sukses musim lalu.

Ketika memenangkan tendangan penjuru, kubu Krasnodar lebih suka memilih umpan pendek, tetapi dengan saat menit ke 51 mereka mengirimkan sepak pojok langsung ke kotak penalti. Umpan itu disambut oleh Yuri Gazinski yang tendangan voli kaki kirinya ke tanah memantul ke atas mistar gawang. Kurt Zouma yang menghadapi duel lanjutan di umpan silang tersebut, akhirnya membutuhkan perawatan setelah benturan keras di duel tersebut.

Ruang Terbuka

Pertengahan babak kedua, Havertz jadi inisiator serangan balik cepat dan ia coba mengoper  Ziyech, yang melakukan gerakan memotong ke kiri tapi tidak bisa mengarahkan tembakannya dari Safonov. Krasnodar langsung membalasnya dengan serangan langsung dan Mendy harus menyelamatkan dari Marcus Berg.

Dengan 20 menit tersisa, Lampard coba masukkan beberapa pemain pengganti. Sang pelatih memasukkan Mason Mount, N'Golo Kante dan Pulisic untuk menggantikan Kovacic, Jorginho dan Hudson-Odoi.

Keterlibatan pertama Pulisic di laga ini adalah saat melakukan tembakan ke gawang yang dianggap wasit mengenai tangan Aleksandr Martynovich, dan kali ini tidak ada kesalahan saat mengeksekusi tendangan penalti. Werner memikul tanggung jawab dan melesakkan sepakan tingginya ke dalam gawang.

Menit Akhir yang Sibuk

Tiga menit kemudian, gol ketiga tercipta. Mount yang memenangkan sundulan di tengah lapangan, Pulisic sukses memberi umpan ke Werner yang pada gilirannya menemukan Ziyech yang bergerak di kotak penalti. Dia mengontrol dengan rapi dan melepaskan tembakan ke arah gawang ke sudut jauh, penyelesaian yang rapi untuk menandai gol perdana Ziyech untuk the Blues.

Itu adalah keterlibatan terakhir Ziyech sebelum digantikan oleh Tammy Abraham, dengan Emerson menggantikan Chilwell, yang kembali tampil bagus kali ini.

Gol terakhir jatuh ke tangan Pulisic, yang membuka pundi-pundi golnya musim ini di menit terakhir, ketika ia melepaskan tembakan yang melalui kaki Safonov setelah Abraham melakukan umpan di sisi kanan. Gol ini memberi lapisan ekstra pada kemenangan tandang yang bagus kali ini.

Update dari Grup E

Kemenangan ini jadi kemenangan tandang ketiga kami di Liga Champions di bawah Lampard, yang membawa kami ke puncak Grup E, di atas Sevilla yang juga sukses mengalahkan Rennes 1-0. Dua tugas kompetisi Eropa kami berikutnya adalah melawan Rennes sebelum dan setelah jeda internasional, dengan yang pertama akan digelar di Stamford Bridge pekan depan.

Chelsea (4-2-3-1): Mendy; Azpilicueta (c), Zouma, Rudiger, Chilwell (Emerson 80); Jorginho (Kante 71), Kovacic (Mount 71); Ziyech, Havertz, Hudson-Odoi (Pulisic 71); Werner (Abraham 80).
Pemain Pengganti Caballero, Ziger, James, Tomori, Christensen, Giroud.
Pencetak Gol Hudson-Odoi 37, Werner (pen) 76, Ziyech 79, Pulisic 90

Krasnodar (4-2-3-1): Safonov; Smolnikov, Kaio, Martynovich, Chernov; Utkin (Suleymanov 74), Vilhena; Olsson (Spertsyan 82), Gazinski, Ramirez; Berg (c).
Pencetak Gol Gorodov, Sinitsin, Kutovoi, Sabua, Litvinov
Kartu Kuning Olsson 22, Martynovich 74

Wasit Ali Palabiyik dari Turkey.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA