Laporan Pertandingan: Burnley vs Chelsea

Gol pertama Hakim Ziyech di Premier League, gol ketiga Kurt Zouma musim ini dan gol tandang pertama Timo Werner di liga membuat perjalanan Chelsea terus bergerak ke arah yang benar.

Ada bayang-bayang kemenangan di Rusia pada pertengahan pekan tentang bagaimana permainan ini dimenangkan di Turf Moor kali ini, dengan The Blues cetak gol di babak pertama dan kemudian menginjak pedal gas di babak kedua untuk membuat keunggulan kami bertambah. Meskipun tak sama seperti di laga Krasnodar, tim lawan hari ini dibatasi hanya satu peluang yang mengancam gawang kami di setiap babaknya.

Tentu saja kami terus tampil lebih baik dan lebih baik lagi di lini pertahanan dan ini adalah clean sheet keempat berturut-turut kami kali ini.

Sebelum kami mencetak gol dan menanggapi insiden Cesar Azpilicueta dan Harry Maguire di Old Trafford pekan lalu, muncul pertanyaan lagi tentang VAR ketika Ben Chilwell tampak dilanggar di area penalti Burnley di awal pertandingan, tetapi setelah kami memimpin pada menit ke-27, dengan cara kami menggerakkan bola, tiga poin tidak pernah benar-benar diragukan akan kita dapatkan kali ini.

Gol Zouma tercipta dari tendangan sudut Mason Mount dan tendangan Werner merupakan penyelesaian yang tajam dari umpan Ziyech.

Kemenangan tersebut membuat pasukan Frank Lampard naik ke urutan keempat.

Pemilihan Pemain

Ada insiden sebelum kick-off ketika Christian Pulisic, yang awalnya akan starter di laga ini, harus ditarik keluar karena cedera.

Setelah perjalanan panjang ke Rusia, Frank Lampard awalnya membuat enam perubahan ke line up tetapi itu hanya menjadi lima perubahan ketika Pulisic mengalami masalah dengan hamstringnya dalam pemanasan pra-pertandingan. Hal ini membuat tidak ada istirahat bagi Werner yang awalnya menjadi pemain pengganti dan masuk sebagai ke starting eleven yang juga termasuk kembalinya Thiago Silva sebagai kapten di lini belakang. Tammy Abraham juga dipasang di lini depan juga Ziyech yang melakukan start pertamanya di Premier League.
 

Ada pekerjaan awal yang harus dilakukan Edouard Mendy ketika di menit kelima, bola melewati pertahanan kami membuat mendy berhadapan dengan Ashley Barnes. Meskipun penyerang Burnley mencapai bola lebih dulu, penjaga gawang kami dengan cepat menghalaunya dan upaya lawan menuju sasaran itu gagal. Itu jadi peluang terbaik untuk kubu tim asal Lancashire di 45 menit pertama.

Di sisi lain, ada beberapa umpan silang dari Reece James di tahap awal laga. Satu umpannya mengarah ke Ben Chilwell yang tiba di tiang jauh. Bek kiri kami tersebut menerima dorongan dari lawan tetapi tidak ada hukuman yang diberikan oleh wasit dan untuk dua laga berturut-turut, VAR gagal memberikan sesuatu untuk Chelsea.

Hakim Mencetak Gol Lagi

Itu tidak membuat Chilwell kehilangan langkahnya untuk waktu yang lama dan pergerakan ke area itu pada menit 20 terlihat oleh Ziyech yang melepaskan tembakan ke depan dari area dalam, tetapi sepakannya terlalu kencang untuk mencapai target.

Sejak peluang itu, permainan passing kami meningkat pesat. James membuat lebih banyak umpan silang dan Abraham bergerak menyamping  ketika dia mengancam pertahanan lawan, lewat aksi tersebut sepertinya sebuah gol akan datang, dan akhirnya pada menit ke-26 gol itu tiba.

Ancaman berasal dari sisi kanan kami, dengan Werner yang memberikan umpan balik ke Abraham yang sukses menaruhnya untuk Ziyech melepaskan tembakan rendah ke gawang. Nick Pope yang sudah salah langkah. Tembakan Ziyech tidak membentur bek yang bisa berbelok arah untuk menipu penjaga gawang Inggris, namun memang arah bola tetap tak terlihat karena tertutup oleh pemain beknya sendiri.

Awal musim yang tertunda Ziyech terus bersinar dengan gol ini sebagai lanjutan dari yang gol perdananya untuk Chelsea di Rusia pada hari Rabu lalu.
 

Sayangnya Werner, yang juga mencetak gol di Liga Champions, gagal menyambut umpan silang indah dari Chilwell saat Chelsea mencari gol kedua sebelum jeda. Abraham dengan umpan yang luar biasa mengawali serangan itu. Peluang pemain Jerman tersebut untuk cetak gol akan datang setelah istirahat.

Dalam lima menit terakhir sebelum jeda, ada beberapa momen longgar dari the Blues saat kami bertahan. Itu menciptakan bahaya, tetapi Chelsea yang mengakhiri 45 menit pertama dengan keunggulan ketika James memiliki kesempatan untuk mencari Werner dengan umpan silang awal, tetapi blok dari Kevin Long di depan gawang mencegah upaya dari no.11 kami tersebut.


Tempo Meningkat Setelah Jeda

Burnley mengubah bentuk dan skema mereka dan memasukkan Jay Rodriguez pasca jeda paruh waktu tetapi itu tidak banyak membantu mereka.

Peluang Mount dari tendangan bebas dan Chilwell dalam skema open play, keduanya melakukan tembakan tepat sasaran tetapi terlalu mudah diantisipasi  Pope di awal babak kedua, tetapi selain dari pergerakan bek kami, ada aksi luar biasa yang melibatkan Havertz dan Ziyech yang sangat menjanjikan di sisa laga ini.

Ada satu tembakan yang mendekati gawang Chelsea dari Barnes setelah Havertz gagal mengoper bola, tetapi gelandang itu menebus kesalahan tersebut ketika dia memenangkan bola di ujung lapangan untuk menciptakan peluang bagi Ziyech untuk mencetak gol. Peluang itu mengarah ke sepak pojok yang menghasilkan gol nomor dua.

Sepak pojok yang dieksekusi dengan ciamik oleh Mount dan disambut oleh kepala Zouma untuk menjadi gol dan Pope tidak memiliki kesempatan untuk menahan bola. Laga suda berlangsung 63 menit saat itu.

Gol nomor tiga menyusul dengan cepat ketika the Blues memanfaatkan Burnley yang kehilangan bola. James yang melakukan intersep, kemudian Ziyech memindahkan bola ke depan dengan mulus dan penyelesaian Werner ke gawang lawan sangat meyakinkan.

Selain itu, Olivier Giroud pun cetak gol namun dianulir karena offside dan sundulan Thiago Silva dari sepakan pojok Mount berhasil diselamatkan kiper lawan. Seandainya Chelsea mencetak gol keempat, itu jadi penampilan yang sempurna dan hasil yang pantas didapatkan oleh kami.


Kembali Sukses di Turf Moor

Kemenangan hari ini melanjutkan rekor bagus the Blues di Lancashire. Kami sekarang telah memenangkan enam dari tujuh pertandingan tandang pada ajang Premier League melawan Burnley dan telah mencetak setidaknya dua gol dalam setiap kemenangan. Kekalahan terakhir kami dalam segala kompetisi di sini terjadi pada tahun 1983 ketika kami bertemu dalam pertempuran untuk menghindari degradasi dari Divisi Dua saat itu.

Kembali Clean Sheets

Setelah semua tanda tanya tentang pertahanan Chelsea di awal musim, kami sekarang menjadi lebih solid di lini belakang. Sekarang kami sudah mencatatkan empat kali clean sheet berturut-turut di semua kompetisi dan kami melakukan clean sheet tandang berturut-turut di Premier League untuk pertama kalinya sejak Oktober 2018.

Edouard Mendy adalah orang pertama yang mencatatkan clean sheet dalam tiga penampilan pertamanya di Premier League untuk Chelsea sejak Petr Cech mencapai prestasi tersebut pada Agustus 2004.


 

Apa Selanjutnya?

Jadwal dua pertandingan sepekan berlanjut dengan pertandingan Liga Champions tengah pekan lainnya di depan mata, kali ini di kandang di mana kami menjamu Rennes, yang saat ini berada di urutan ketiga dalam klasemen Ligue 1 Prancis. Namun mereka baru memiliki satu poin dari dua pertandingan Grup E mereka di Liga Champions.

Chelsea (4-3-3): Mendy; James, Thiago Silva (c), Zouma, Chilwell; Mount, Kante, Havertz (Jorginho 86); Ziyech (Hudson-Odoi 73), Abraham (Giroud 77), Werner.
Pemain Pengganti Caballero, Ziger, Azpilicueta, Rudiger.
Pencetak Gol Ziyech 27, Zouma 63, Werner 67

Burnley (4-4-2) Pope; Lowton, Long, Tarkowski, Taylor; Brownhill, Westwood (c), Stephens (Rodriguez h-t), McNeil; Barnes (Brady 73), Wood.
Pemain Pengganti Peacock-Farrell, Dunne, Thompson, Richardson, Vydra.
Kartu Kuning Long 48

Wasit David Coote
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA