Analisis

ULASAN: FULL-BACK AKTIF MENYERANG DAN ZIYECH MENEROBOS PERTAHANAN THE BLADES

Setelah menikmati kemenangan di kandang akhir pekan ini, analisis statistik pertandingan kami menunjukkan bahwa Hakim Ziyech terus memberikan apa yang digambarkan oleh manajer kami sebagai keunggulan ekstra, dan ancaman kami datang dari seluruh bagian lapangan…

Potensi serangan Chelsea dari sayap dengan Reece James bermain di belakang Ziyech di kanan dan Ben Chilwell bermain di kiri dengan, dalam beberapa pertandingan terakhir, Timo Werner di depannya, menjadi topik pembicaraan sebelum pertandingan hari Sabtu melawan Sheffield United.

‘Saat ini kami mendapat pujian untuk sisi kanan dan kiri lapangan tetapi saat kami bergerak maju dan menyerang kami bisa menjadi lebih baik dalam hal eksekusi dan penyelesaian di kotak penalti lawan, tetapi itu adalah sesuatu yang membuat saya senang dan kami ingin terus berusaha untuk itu,' kata Frank Lampard pada hari Jumat.

Kemudian, bos kami memberi label kemenangan 4-1 melawan Blades, kemenangan pertama Chelsea melawan tim Chris Wilder di bawah manajemennya, karena kinerja terbaik musim ini dan menunjukkan bahwa tim memang dengan cepat menjadi lebih baik dalam skema permainan yang melebar, dan statistik dari game mendukung itu.

Meskipun skema di sisi kanan sangat apik, dimana Ziyech sebagian besar bergerak disana dan hingga dipilih sebagai man of the match, namun pentingnya menyerang dari sisi kiri tidak dapat diabaikan.

Hebatnya, meski menjadi bek kiri Chelsea, Ben Chilwell memiliki jumlah tembakan tepat sasaran tertinggi dalam permainan tersebut. Ketiga usahanya tepat diarahkan ke gawang, termasuk tentu saja yang membuat timnya unggul 2-1 sebelum jeda. Chilwell juga membuat dua operan kunci, yang merupakan ukuran berapa kali seorang pemain bisa memberikan bola yang membuat rekan setimnya melakukan percobaan ke gawang tanpa mencetak gol.

Tammy Abraham memiliki tembakan paling banyak, dengan dua dari empat tembakan tepat sasaran termasuk gol pertama Chelsea di laga ini, dan penyerang tengah tersebut memainkan empat operan kunci namun ini hanya urutan kedua setelah Ziyech dan enam tembakannya, dan ketika harus memproduksi umpan untuk gol, pemain Maroko itu menyuplai dua asis, untuk Chilwell saat mengubah skor menjadi 2-1 dan satu asis lainnya lewat sepak pojok yang disundul Thiago Silva menjadi 3-1.

Ziyech juga pemain yang paling banyak dilanggar dalam laga kemarin, dengan catatan empat kali dilanggar. Ini menjadi penting, mengingat adanya peningkatan Chelsea dari bola mati musim ini. Kami sudah mencetak gol lewat skema tersebut dari dua pertandingan ini.

Sama mengesankannya dengan Ziyech, karena James dengan eksekusi kaki kanannya berada tepat di belakang rekan satu timnya dalam hal umpan silang terbanyak yang ia buat dalam laga tersebut - yaitu dengan enam dan lima umpan silang di antaranya. Mason Mount di urutan ketiga untuk Chelsea dengan empat umpan silang.

Seperti yang ditunjukkan touch map di bawah ini, momentum dalam permainan ini dikuasai Chelsea meskipun Sheffield United memulai laga ini dengan baik, bek kanan kami dapat lebih sering terlibat dalam penguasaan bola di lini tengah lawan daripada di area sendiri.

Thiago Silva cetak gol perdananya untuk Chelsea dengan sundulannya untuk gol ketiga kami di laga ini dan kami tentu sudah terbiasa dengan pemain Brasil ini mendominasi statistik umpan/passing musim ini. Sekali lagi dia menjadi yang teratas untuk sebagian besar umpan yang dimainkan (117 umpan) sepanjang laga. 

Namun Thiago Silva kurang unggul akurasi operannya dari James yang berhasil mencapai tingkat keberhasilan 93,5% untuk umpan yang dia lakukan sebagai pemain outfield. Edouard Mendy di gawang sedikit lebih tinggi dengan akurasi 93,6%.

N'Golo Kante berada dalam kondisi terbaiknya untuk merusak lawan di laga kemarin, dengan hanya pemain Sheffield United Max Lowe yang menyamai lima tekel suksesnya. Kante juga melakukan intersep dua kali. Mason Mount dan pemain the Blades, Chris Basham berada di urutan teratas dalam kategori itu.

Melihat tim secara keseluruhan, kubu the Blues berhasil melepaskan 20 tembakan berbanding enam tembakan untuk tim asuhan Wilder. Kami juga memiliki 70% penguasaan bola dan memenangkan lebih banyak tekel sukses daripada lawan kami. Perjalanan kami dari lima clean sheet berturut-turut berakhir ketika Sheffield United mencetak gol cepat dari sepak pojok tetapi kami berhasil bertahan dengan baik dari enam tendangan sudut lawan yang lainnya dan dari enam tendangan sudut yang kami buat, kami sukses mencetak dua gol.

Skuat arahan Lampard juga telah memenangkan empat pertandingan terakhir dengan mencetak 14 gol dan rekor tak terkalahkan kami sekarang adalah delapan pertandingan sejak kami tersingkir melalui adu penalti oleh Tottenham di Piala Carabao. Satu-satunya kekalahan kami dalam 90 menit musim ini adalah saat melawan Liverpool, di laga kedua kami beberapa waktu lalu.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA