Laporan Pertandingan

Match Report: Newcastle United 0 Chelsea 2

Performa dominan memberi kami tiga poin melawan Newcastle United dan kami sukses meraih lima kemenangan beruntun dan 12 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi.

Chelsea berada dalam kendali penuh dari menit pertama hingga menit terakhir saat kami mengabaikan pemikiran St James 'Park sebagai tempat yang sulit bagi kami setelah beberapa laga selalu sulit saat bertandang ke Tyneside.

Kami unggul setelah hanya 10 menit melalui skema tendangan sudut pendek yang dikerjakan dengan baik, yang membuat Mason Mount mengirimkan umpan silang berbahaya ke dalam kotak enam yard yang tidak dapat ditangani dengan baik oleh bek Newcastle, saat Federico Fernandez malah membelokkan bolanya ke gawangnya sendiri di tiang belakang saat mendapat tekanan dari Ben Chilwell.

Kami harus menunggu gol kedua meskipun kami menguasai bola dan membuat banyak peluang, tetapi gol itu tiba di babak kedua ketika akselerasi brilian dari Timo Werner diakhiri dengan finishing Tammy Abraham yang melewati Karl Darlow.

Satu-satunya kejutan di Newcastle adalah kami hanya menang dengan dua gol, dengan gol Werner dianulir karena offside dan Mount serta Zouma juga nyaris mencetak gol.

Seleksi Pemilihan Pemain

Lampard sebelumnya mengonfirmasi bahwa Thiago Silva tidak akan menjadi bagian dari tim yang akan menghadapi Newcastle United hari ini menyusul perjalanan panjangnya ke Amerika Selatan selama jeda internasional. Antonio Rudiger adalah orang yang dipilih untuk mengambil tempatnya di bek tengah bersama Kurt Zouma, pemain Jerman itu memainkan pertandingan liga pertamanya musim ini setelah penampilan Liga Champions melawan Krasnodar dan Rennes.

Absennya Thiago Silva, ditambah dengan nama Cesar Azpilicueta dan Jorginho di antara pemain pengganti, dan Reece James dan Mateo Kovacic mempertahankan tempat mereka di starter, membuat N'Golo Kante menjadi kapten Chelsea di St James 'Park.

Ben Chilwell pulih dari cedera yang dideritanya dengan Inggris untuk bermain sebagai bek kiri dan Kepa Arrizabalaga kembali dari cedera untuk mengambil tempat sebagai penjaga gawang pengganti.
Newcastle United tanpa pencetak gol terbanyak Callum Wilson, yang telah mencetak enam dari 10 gol Premier League mereka sejauh musim ini.

Tekanan awal

Newcastle tampak memulai dengan cepat dan memenangkan dua tendangan bebas awal di posisi dalam, yang kedua mengharuskan Ben Chilwell waspada untuk menyundul di belakang tiang dekat, dan menghasilkan beberapa tendangan sudut awal untuk tim tuan rumah, tetapi mereka tidak menghasilkan apa-apa dari sepak pojok tersebut.

Namun, Chelsea yang kemudian menciptakan peluang pertama, ketika Mason Mount memenangkan bola dengan baik di area Newcastle dan memberi umpan kepada Timo Werner, yang tendangan rendahnya memaksa penyelamatan  yang sangat baik dari Karl Darlow.

Sepak pojok cerdik dari Mount sukses menemukan Reece James di tepi kotak, tetapi tembakannya yang keras gagal menembus barikade blok dari badan pemain lawan.

Kami terus mengontrol penguasaan bola di tahap awal dan tidak lama kemudian Darlow terpaksa untuk beraksi lagi, kali ini ketika Tammy Abraham menyundul bola hasil umpan silang melengkung dari kanan oleh Hakim Ziyech.

Dari tendangan sudut yang dihasilkan, kami memimpin. Sebuah rutinitas cerdas melihat Mount, Werner dan Ziyech saling berbagi umpan pendek yang melebar, menciptakan ruang bagi Mount untuk memberikan umpan silang rendah di depan gawang. Dengan Chilwell dan lainnya bergegas untuk menyongsongnya, bek Newcastle Federico Fernandez malah melakukan kesalahan dengan memasukkan bola ke gawangnya sendiri di tiang belakang di bawah tekanan pemain kami.

Sempat ada kekhawatiran bahwa itu mungkin akan dianulir karena VAR memeriksa pergerakan dari Chilwell yang berpotensi termasuk pelanggaran pada Fernandez, tetapi itu tidak berlangsung lama dan gol pun diberikan. Chelsea unggul 1-0 dengan 10 menit bermain.

Kami tidak melihat laga ini dengan keunggulan satu gol, dan langsung segera mengancam lagi ketika Mount membuat Werner berlari di area kiri, tetapi Abraham gagal menyambut umpan dari pemain Jerman itu di tepi kotak enam yard.

Newcastle tampaknya tidak mampu menguasai bola karena kami terus mendominasi babak pertama. Umpan silang rendah dari posisi melebar tampaknya memberi pertahanan tim tuan rumah masalah, dengan James menjadi pemain Chelsea berikutnya yang melakukan hal tersebut saat kami dengan sabar mencari gol kedua. Kali ini Werner berada di pihak penerima, tetapi dia tidak dapat melakukan kontak yang dia butuhkan dari sudut yang sulit saat menyambut umpan James tersebut.

Lalu lintas satu arah

Momen paling mengancam Newcastle di setengah jam pertama datang ketika Joelinton berusaha melewati Edouard Mendy dari garisnya dengan tembakan dari tepi lingkaran tengah, tetapi saat itu ia coba menggiring bola melebar dan bisa ditutup pergerakannya oleh kiper kami. Aksi tersebut menjadi konklusi 30 menit pertama dari kubu the Magpies, dimana Chelsea mendominasi 81% penguasaan bola sepanjang laga.

Satu-satunya kejutan adalah keunggulan kami hanya satu gol saja saat itu. Mateo Kovacic memenangkan kembali bola di lini tengah dan Mount menemukan Abraham di kotak penalti. Saat sang striker mengontrol bola di bawah tekanan lawan dan coba mengumpan ke Werner, sentuhan pertama pemain Jerman itu membuat ruang untuk tembakan tetapi ia mencoba untuk mengarahkannya ke sudut dan usahanya pun  melebar tipis dari tiang.

The Geordies setelahnya mencoba mengikutinya dengan serangan nyata pertama mereka sejak set-piece awal itu, tetapi Mendy waspada untuk bergegas keluar dari garisnya dan menahan bola sebelum mereka bisa melepaskan tembakan.

Serangan itu membuat Newcastle percaya diri untuk mencoba lagi dan segalanya tampak berbahaya ketika umpan Abraham diintersep oleh Joelinton di area berbahaya dan kemudian Allan Saint-Maximin menguasai ruang untuk berlari ke pertahanan kami, tetapi N'Golo Kante melakukannya dengan baik untuk mengalihkan tembakannya menjadi melebar.

Kubu tuan rumah menjalani waktu terbaik mereka sebelum paruh waktu, ketika akhirnya mereka coba menguasai bola di area Chelsea. Namun, itu tidak menghasilkan apa-apa karena mereka gagal mengelola tembakan tepat sasaran sebelum jeda.

Segalanya menjadi lebih buruk untuk Newcastle segera karena kapten Jamal Lascelles tidak bisa melanjutkan dengan cedera yang telah dia paksakan sedari babak pertama setelah terkenal tekel dari Werner saat itu.

Kami mungkin seharusnya memiliki gol kedua ketika Werner bergegas untuk melewati Schar yang tampak ragu-ragu tepat di luar kotak penalti Newcastle, dan Werner coba memberikan umpan pada Ziyech untuk masuk ke area lawan namun sayangnya operan Werner kurang kuat dan memungkinkan Newcastle untuk menyapu bersih umpan tersebut.

Zouma kemudian naik untuk menemui tendangan sudut Ziyech, tapi sundulannya melebar, saat itu karena kami terus berupaya menambah margin gol agar kami aman dalam mengamankan keunggulan ini.

Ada peringatan bagi the Blues untuk tidak berpuas diri juga, ketika pantulan di area penalti kami memberi Hayden peluang besar untuk menyamakan kedudukan, tetapi sepakannya melambung di atas gawang dengan Mendy mencoba keluar dari garisnya saat itu.

 Joelinton selanjutnya mencoba untuk membawa Newcastle menyeimbangkan skor tapi upayanya pun masih gagal. Saat kami memasuki 30 menit terakhir permainan, kami mendapat peringatan bahwa keunggulan satu gol kami tidak senyaman seperti yang terlihat dari dominasi penguasaan bola kami.

Mengamankan Tiga Poin

Gol kedua kami datang tepat waktu dan itu berkat kecepatan Werner. Dia mengambil bola jauh di dalam area kami dan mulai berlari ke depan gawang lawan. Setelah ia melewati beberapa pemain bek lawan, dia melepaskan umpan kepada Abraham, dan pemain nomor sembilan kami dengan tenang membuka tubuhnya dan melepaskan bola melewati untuk menaklukkan Darlow dan masuk ke tiang kanan.

Itu adalah momen kecemerlangan dari Werner yang layak untuk memenangkan pertandingan dan kami memiliki keunggulan dua gol yang kami cari dengan begitu sabar. Mengingat kendali kami sejauh ini, sepertinya lawan harus membutuhkan sesuatu yang luar biasa dalam 20 menit terakhir untuk menggagalkan kemenangan kami di St James 'Park semalam.

Entah dari mana Newcastle hampir menghasilkan sesuatu yang istimewa, meskipun, tendangan bebas mereka sempat mengarah ke Longstaff di ruang kosong, dan upayanya dari jarak jauh membentur mistar gawang saat itu. The Magpies kemudian mencoba untuk mengubah pendekatan mereka, dengan Andy Carroll masuk untuk bergabung dengan Joelinton di depan saat Steve Bruce menggunakan pengganti ketiganya dan terakhir dengan 15 menit tersisa.

Hampir seketika itu terlihat seperti kami akan mencetak gol ketiga, saat Werner melewati kiper dan memasukkan bola, tetapi dia dinyatakan offside dan gol itu dianulir. Itu adalah kontribusi terakhir Werner dari penampilannya yang luar biasa dan Lampard menggantinya dengan Callum Hudson-Odoi untuk pergantian pertama kami.

Upaya Mount adalah yang berikutnya saat ia menerobos ke dalam kotak di area sebelah kanan, tetapi ia tidak dapat membuat koneksi yang bersih dengan tembakannya melebar dari tiang jauh. 

Sebenarnya, kami jarang sekali meninggalkan St James 'Park dengan kurang dari tiga poin, terutama setelah gol kedua kami, dan laa ini menjadikan salah satu penampilan kami paling dominan sejauh ini.

Werner Yang Merajalela

Dia mungkin tidak berhasil mencatatkan namanya di papan skor untuk laga Premier League kelima, tetapi Werner kembali membuat lawan kami kesulitan lagi. Dia tidak beruntung karena golnya dianulir karena offside yang tipis, tetapi gol Abraham adalah hasil aksi dari pemain Jerman itu saat dia melewati hampir seluruh bek Newcastle saat itu. Hal ini artinya dia sudah terlibat dalam 10 gol dalam enam penampilan terakhirnya untuk Chelsea, dengan tujuh gol dan tiga assist.

Apa Selanjutnya?

Liga Champions akan kembali pada Selasa malam saat kami melakukan perjalanan ke Prancis untuk menghadapi Rennes, sebelum kami kembali ke aksi Premier League dengan derby London melawan Tottenham Hotspur di Stamford Bridge pekan depan.

Chelsea (4-3-3): Mendy; James, Rudiger, Zouma, Chilwell (Emerson 82); Kovacic, Kante (k), Mount; Ziyech (Giroud 87), Abraham, Werner (Hudson-Odoi 76)

Pengganti: Kepa, Christensen, Azpilicueta, Jorginho

Pencetak Gol: Fernandez og 10, Abraham 65

 

Newcastle United (5-4-1): Darlow; Manquillo (Almiron 66), Clark, Lascelles (c) (Schar 47), Fernandez, Lewis; Murphy, S Longstaff, Hayden, Saint-Maximin (Carroll 74); Joelinton

Pengganti: Gillespie, Krafth, Hendrick, Shelvey

Kartu Kuning: Hayden 40, Murphy 45

 

Wasti: Craig Pawson

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA