Pratinjau Laga

Preview: Rennes vs Chelsea

Pertandingan besar penyisihan grup Liga Champions menanti di Brittany hari ini dengan lolos grup dalam jangkauan The Blues. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton melihat ke seluruh statistik...

Kick-off kedua dan terakhir Chelsea di babak penyisihan grup terjadi di Rennes di Prancis Utara malam ini. Ini juga merupakan pertandingan hari Selasa setelah pertandingan hari Sabtu, beberapa perubahan akan dilakukan ketika semua pemain utama The Blues juga terlibat dalam pertandingan internasional.

Kemenangan akan membuat Tyneside mengemas enam kemenangan dari sembilan laga kandang, dan akan membawa Chelsea memuncaki grup E, dan berharap untuk mengalahkan Bretons dua kali beruntun dalam kampanye Liga Champions yang mengesankan hingga saat ini. 

Pada hari Jumat, Rennes merosot ke posisi ketujuh di Ligue 1 setelah kalah 1-0 dari Bordeaux di kandang, itu merupakan kekalahan kelima mereka dalam enam pertandingan terakhir. Kick-off yang lebih awal masih memberi mereka satu hari ekstra untuk memulihkan diri menjelang pertandingan yang sekarang sangat penting ini. Peluang Bretons untuk melaju tergantung pada titik tengah babak penyisihan grup karena mereka terpaut enam poin dari dua tim teratas dengan sembilan poin tersisa untuk dimainkan.

Rennes kebobolan di hari Jumat lalu

Chelsea tak kebobolan dalam tiga laga pertama di Liga Champions musim ini. Ini pertama kalinya The Blues melakukan ini sejak terakhir pada musim 2007/08.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Permutasi Group E

Polarisasi di Grup E sangat mencolok, dua teratas dengan koleksi tujuh poin dan dua lainnya hanya satu poin. Kemenangan malam ini di Prancis utara, ditambah dengan kesuksesan Sevilla di Krasnodar, akan membuat The Blues (dan Spanyol) dengan aman lolos ke fase gugur kompetisi ini.

Liga Champions 2020/2021
1Chelsea32107077
2Sevilla32104227
3FK Krasnodar301238-51
4Rennes301215-41

Berita Chelsea

Tepat setelah pertandingan pertama di Grup E berturut-turut, dua gol Timo Werner mengarahkan pandangannya pada laga kedua dan mengakui, 'kami ingin menang di sana [di Rennes] dengan penampilan bagus seperti hari ini dan kemudian kami ingin melakukannya secara habis-habisan dengan Sevilla untuk tempat pertama dalam grup. '

Pemain Jerman itu pasti sudah tidak sabar ingin melakukan satu atau dua serangan dengan kaki kirinya, seperti yang biasa ia lakukan untuk Leipzig musim lalu. Tammy Abraham dan Ben Chilwell saat ini adalah satu-satunya pemain ambipedal Chelsea - mencetak gol dengan kedua kaki.

Musim lalu sekitar satu dari lima gol untuk The Londoners dicetak dengan kaki kiri, terutama dari Olivier Giroud, Christian Pulisic atau Marcos Alonso. Musim ini, masuknya beberapa orang kidal seperti Kai Havertz, Hakim Ziyech dan Chilwell, rasio itu meningkat mendekati satu dari tiga gol.

Data Gol yang Dicetak dengan bagian tubuh mana (Semua kompetisi)
Kaki kanan2057%
Kaki kiri1029%
Sundulan514%
Total36 (termasuk satu gol bunuh diri)

Untuk perannya malam ini, Abraham akan berusaha menjadi pemain Chelsea pertama yang mencetak gol dalam empat pertandingan Liga Champions berturut-turut sejak Nicolas Anelka pada Februari 2011 (yang berhasil mencetak lima gol berturut-turut). Di semua kompetisi, Tammy ini telah menghasilkan satu gol atau assist setiap kali dia menjadi starter di musim ini. Penentu kemenangannya di St James 'Park adalah bukti sempurna bahwa dia bisa datang ke pertahanan lawan dengan mengukir banyak peluang.

Sementara itu, statistik mendukung bukti visual bahwa Kante kembali ke performa terbaiknya. Dipasang kembali sebagai gelandang bertahan, gelandang Prancis ini telah melakukan 27 intersep, ini yang terbaik di Liga Inggris musim ini, serta 25 tekel sukses. 

Tammy Abraham scores in third successive match, yet another Chelsea clean sheet! | Unseen Extra

Mantan bintang Ligue 1 lainnya yang bersinar bersama The Blues adalah Edouard Mendy, yang memulai musim sebagai pemain Rennes. Pada hari Sabtu, untuk ketujuh kalinya dalam sembilan pertandingan sejak tiba di London, setiap tendangan dapat ditangkapnya.

Berita utama tim menyebutkan bahwa Kai Havertz dan Thiago Silva siap untuk kembali, sementara Christian Pulisic akan tetap di London untuk mempersiapkan diri untuk kemungkinan kembali melawan Spurs pada akhir pekan. Absennya Captain America dapat memastikan bahwa Tammy Abraham akan bermain lagi, meskipun Callum Hudson-Odoi telah menekan untuk bermain sejak awal.

Toni Rudiger bisa memberi jalan bagi Thiago Silva, sementara ketersediaan Havertz mungkin membuat Mateo Kovacic absen kecuali Frank Lampard memutuskan untuk mengistirahatkan dinamonya, Kante. Billy Gilmour mendekati kebugaran setelah penampilan yang bagus dan mencetak gol untuk U-23 pada akhir pekan.


Kekecewaan Rennes

Andalan lini tengah Rennes, Eduardo Camavinga memulai pertandingan kandang hari Jumat dengan Bordeaux, dan pencetak gol terbanyak musim lalu M'Baye Niang keluar dari bangku cadangan. Kabar baik bagi Rennes untuk menyambut pasangan penting itu kembali dari cedera, hancur dengan kekalahan 1-0. Hanya dua dari 14 tembakan Rennes yang tepat sasaran, dan Rouge-et-Noir kini gagal mencetak gol di tiga pertandingan terakhir mereka.

Mereka masih memiliki lebih banyak poin Ligue 1 pada musim ini dbandingkani musim lainnya sejak 2017,  tetapi merosot dari posisi ketiga menjadi kedelapan saat akhir pekan dibuka. Yang terpenting, bek tengah yang didatangkan dari Juve, Daniele Rugani, tetap absen, sementara bek kiri Dalbert diskors setelah mendapatkan kartu merah di London.

Dalbert ketika kebobolan

Julien Stephan menggunakan formasi 4-1-4-1 melawan Chelsea yang menggunakan 4-3-3 di Stamford Bridge, mereka melakukan hal yang sama dalam kekalahan 3-0 melawan PSG. Bagaimanapun, dia sangat senang dengan cara timnya yang mencoba untuk bermain melalui tekanan intensif di London sambil menekan penyerang tuan rumah - meskipun ada dua penalti dan pengusiran.

Bahkan dengan 10 orang mereka bisa menciptakan peluang, dan Mendy melakukan penyelamatannya dengan baik. Meskipun Mendy menggagalkan peluang mereka, jelas pada akhirnya bagaimana pemain internasional Senegal itu tetap tampil baik di klub lamanya.

Stephan harus memutuskan cara terbaik untuk menggagalkan Chelsea yang dia gambarkan sebagai 'tangguh dalam transisi', dan mampu memunculkan jebakan offside bagi Chelsea melalui kecepatan Werner yang merepotkan. Sebenarnya, The Blues selalu terlihat mampu menemukan level lain jika diperlukan, level yang mungkin dibutuhkan di Brittany malam ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA