Pratinjau Laga

Preview: Chelsea vs Tottenham Hotspur

Stamford Bridge akan kosong tanpa penonton untuk satu pertandingan lagi pada hari Minggu besok, tetapi tidak akan ada kekurangan minat dalam pertandingan besar antara dua tim London yang sedang dalam performa bagus. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton membahas laga derby ini...

Jadwal ini mempertemukan dua klub teratas London saat ini. Empat musim telah berlalu sejak Arsenal finis di atas Chelsea atau Tottenham, dan dua tim yang akan bertarung ini berbagi selisih gol terbaik di kompetisi teratas.

Menuju akhir pekan ini, hanya sembilan poin yang memisahkan 15 tim teratas. Jika Liverpool mengacaukan laga mereka di Brighton, pemenang derby London ini akan berkesempatan naik ke puncak klasemen.

The Blues dan The Lilywhites sudah bertemu musim ini di Piala Liga/Carabao Cup. Pertandingan itu berakhir imbang 1-1 setelah 90 menit tetapi Tottenham menang setelah adu penalti.

Secara keseluruhan, Chelsea telah mendominasi pertandingan Premier League selama seperempat abad yang dimainkan melawan Tottenham sejak 1995/96. The Blues telah menang 28 kali dibandingkan dengan tujuh Spurs, memiliki keunggulan gol bersih 90, dan meraih poin hampir tiga kali lipat: 99 berbanding 36 poin.

Chelsea 2-1 Tottenham Hotspur (H) | Premier League Highlights

Kemenangan kandang dan tandang musim lalu melawan skuat the Cockerels adalah yang ke-11 yang diraih sejak klub kami pertama kali bertemu pada 1909/10. Mereka hanya berhasil mencetak satu clean sheet dalam 17 perjalanan terakhir mereka ke Stamford Bridge.

Ini adalah pertandingan ke-1.000 Chelsea di era Roman Abramovich, yang dimulai pada Juli 2003. The Blues memiliki tingkat persentase kemenangan 60,9% sejak saat itu, dibandingkan dengan 44,3 % secara keseluruhan sepanjang sejarah.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci


Berita Tim Chelsea

Baik pemain senior atau pemain muda, dibutuhkan usaha keras untuk tampil cemerlang dan selama beberapa minggu terakhir Reece James, Tammy Abraham, Mason Mount dan Callum Hudson-Odoi semuanya telah menjadi pertimbangan bagus karena penampilannya.

Berpikir cepat dan eksekusi cepat The Blues saat transisi di lini tengah terlihat sangat mengesankan, dan yang bisa menjadi penentu hasil dari pertandingan kali ini. Chelsea akan memiliki ruang untuk dieksploitasi di belakang full-back Spurs dan melawan pasangan bek tengah lawan mereka, sementara Harry Kane juga memiliki peran baru yang dirancang untuk mengekspos tim yang bertahan.

Amazing angle of Mason Mount's assist for opening goal v Rennes

Kane bahkan bisa dibilang mampu menyebabkan lebih sedikit masalah bagi bek tengah dan lebih menyulitkan gelandang bertahan akhir-akhir ini dan akan menarik apa yang dilakukan oleh staf pelatih Chelsea untuk menangkal kebiasaannya turun ke lini tengah, karena ia mampu menarik bek tengah dan menciptakan celah untuk penyerang timnya yang lain.

Man City lalai terhadap taktik ini akhir pekan lalu dan gol Son Heung-min yang sedang dalam performa terbaik adalah contohnya. Seseorang akan menyusun rencana untuk menggagalkan sumber utama gol Spurs ini, dan tidak ada alasan bahwa The Blues tidak bisa untuk itu.

Ada hal tersembunyi dalam hiruk pikuk derby London ini karena ada gaya yang berbeda dari dua tim ini. Chelsea telah membuat umpan terbanyak di liga musim ini, 5.814 (86% di antaranya sukses menuju rekan satu tim), mewakili 20% lebih banyak daripada Tottenham yang bermain lebih direct.

Dalam pertemuan Piala Liga/Carabao Cup baru-baru ini, the Blues menciptakan banyak peluang dari penguasaan bola di sekitar kotak penalti Spurs, dan itu sebelum kedua tim ini lebih produktif mencetak gol.

Empat pemain belakang kami yang fasih berbahasa Prancis ketika melawan Rennes

Spurs Melaju

Jose Mourinho kemungkinan besar akan bermain melawan Chelsea seperti yang dia lakukan saat melawan Manchester City, bertahan dalam, melewati tekanan dengan memainkan bola jauh ke depan, dan berharap untuk mengambil peluang ketika Tottenham mengandalkan kecepatan dan kecerdikan. 

Namun, seperti yang telah jelas terlihat dalam pertandingan terakhir melawan tim-tim yang menggunakan pendekatan blok pertahanan rendah, termasuk Newcastle akhir pekan lalu, Chelsea memiliki kekuatan di area serangan yang lebih melebar yang saat ini tidak dimiliki City, dan tak banyak tim yang bisa menangkal kreasi peluang Hakim Ziyech.

Bek tengah Toby Alderweireld telah memainkan peran kunci dalam mengamankan tiga clean sheet Spurs dalam empat pertandingan sebelum ia cedera pangkal paha hari Minggu lalu. Absennya pemain Belgia itu mungkin berarti membuka peluang untuk Japhet Tanganga atau Davinson Sanchez (keduanya bermain pada Kamis di laga Eropa), meskipun Joe Rodon yang kurang berpengalaman, akan menawarkan lebih banyak ketinggian di kotak penalti. (Mourinho biasanya memilih pemain tertinggi yang tersedia melawan enam tim teratas, dan kehebatan luar biasa The Blues di udara saat melawan Rennes hanya akan mengulangi kasus itu.)

Japhet Tanganga berduel dengan Andreas Christensen musim lalu

Mantan pelatih Chelsea itu mungkin akan memanggil kembali Matt Doherty di bek kanan setelah sebelumnya terjangkit covid-19, atau Harry Winks mungkin cocok untuk sosok itu. The Lilywhites tidak mungkin mengubah poros lini tengah mereka, bagaimanapun, karena Pierre-Emile Hojbjerg dan Moussa Sissoko telah tampil baik di lini tengah mereka dengan sangat baik musim ini.

Loading OPTA feed
Aksi dari pertandingan di tahun 1964 dengan John Mortimore dari Chelsea

 

Hari derby lainnya

Ini adalah laga derby ibukota kedua musim ini untuk Chelsea dan Tottenham, yang bernasib baik di musim 2019/20. The Blues memperoleh 16 poin dari delapan pertandingan di musim lalu, dan Cockerels menjadi yang terbaik berikutnya dengan 14 poin.

Kubu London Barat sendiri telah menang dalam delapan dari 10 derby terakhir kancah liga di Stamford Bridge.

London Premier League table 2020/21
PWDLGDPtsPts per game
Arsenal2200463
Chelsea1100433
Crystal P2101-331.5
West Ham3111041.33
Tottenham1013011
Fulham3003-500
Premier League 2020/2021
1Leicester City8602189918
2Tottenham Hotspur85211991017
3Liverpool85211816217
4Southampton85121612416
5Chelsea843120101015
6Aston Villa7502189915
7Everton84131614213
8Crystal Palace84131212013
9Wolverhampton Wanderers841389-113
10Manchester City7331109112

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA