Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Sevilla 0 Chelsea 4

Empat gol menakjubkan dari Olivier Giroud memastikan Chelsea meraih kemenangan tandang kami di kompetisi elit Eropa dan, dengan itu, posisi teratas di grup Liga Champions kami berhasil amankan.

Giroud adalah pemain Blues pertama yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan untuk kami sejak bosnya Frank Lampard melakukannya melawan Aston Villa pada Maret 2010, dan ia menjadi pemain Chelsea pertama yang mencapai prestasi itu dalam pertandingan Liga Champions.

Mungkinkah empat gol Giroud lebih baik? Sulit untuk diketahui. Tiga yang pertama terdiri dari hat-trick sempurna, dua penyelesaian luar biasa di kedua kaki (kanan dan kiri) dan sundulan khas Giroud untuk menyegel hattrick-nya.

Penghitungan gol nya untuk hari itu dibuat lebih lengkap - jika itu memungkinkan! - dengan satu sepakan penalti di akhir pertandingan setelah dia dilanggar di kotak penalti saat menerima umpan silang.

Ini semua berarti kami telah mengamankan tempat pertama di Grup E Liga Champions dengan satu pertandingan tersisa, sebagai hadiah untuk penampilan klasik Chelsea yang menggabungkan kegigihan dalam pertahanan saat dibutuhkan dengan passing yang apik dan sentuhan ajaib Giroud di depan. 14 pertandingan tak terkalahkan Sevilla di kandang sendiri di Eropa telah berakhir, sementara kami telah memenangkan empat pertandingan Liga Champions berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 2012. Malam yang luar biasa!

Pemilihan Pemain

Laga semalam melihat tim Chelsea yang banyak berubah di sisi starter pada malam di Andalusia, karena Lampard memanfaatkan kedalaman dan kebugaran yang baik dari pasukannya. 

Dari sembilan wajah baru, Emerson melakukan start keduanya musim ini, dan Andreas Christensen penampilan pertamanya sejak pertengahan Oktober. Christian Pulisic dan Kai Havertz fit untuk menjadi starter, dan Lampard juga bisa menyambut kembali Billy Gilmour ke dalam skuat pertandingannya. Gilmour masuk sebagai pemain pengganti untuk debut Liga Champions-nya.

Thiago Silva dan Kurt Zouma tidak melakukan perjalanan ke Spanyol.

Sevilla sendiri membuat delapan perubahan, dengan satu pergantian dilakukan sesaat sebelum kick-off. Kiper muda 20 tahun Alfonso Pastor masuk untuk debut seniornya dengan mengorbankan Tomas Vaclik yang cedera saat pemanasan.

Lepas Landas

Baru berjalan 30 detik, Alfonso Pastor langsung sibuk di gawangnya, ia meninju umpan silang Havertz saat Chelsea Langsung beradaptasi dengan pertandingan.

Peluang pembuka pertama yang jelas tiba dengan lima menit permainan berlangsung. Cesar Azpilicueta memberikan umpan kepada Pulisic, yang menemukan ruang kosong di area penalti yang padat dengan pemain lawan. Dia berbalik dan melepaskan sepakan yang melebar.

Kami tidak perlu menunggu lebih lama untuk kembali membuka pertahanan Sevilla, dan kali ini tidak ada pemborosan di depan gawang. Sebuah operan yang sabar menciptakan ruang bagi Havertz untuk bergerak maju dari lini tengah. Dengan opsi kiri dan kanan, dia memilih untuk Giroud, yang menyelinap masuk ke dalam pertahanan lawan dan melakukan tendangan melengkung ke sudut jauh dan menjadi gol saat itu.

Itu adalah awal yang meyakinkan dari the Blues, tetapi kami membutuhkan keberanian dan refleks Edouard Mendy untuk membuat kami tetap unggul sebelum 20 menit laga berjalan. Pemain Senegal itu menukik di kaki Diego Carlos untuk memblokir usahanya saat bola lepas dari tendangan bebas, dengan upaya lanjutan dari Carlos yang membentur Toni Rudiger, yang berhasil mengawal gawang saat itu.

Banyak Hal dari Pulisic

Dengan begitu banyak kecepatan di tim kami, kami terus memberi ancaman besar melalui serangan balik. Mateo Kovacic dan Jorginho bekerja sama untuk mencuri penguasaan bola dan melepaskan Pulisic, yang tendangan rendahnya berhasil dicegah oleh kaki Pastor. Dari hasil tendangan sudut Emerson, sundulan Rudiger di sisi lain berhasil dihalau pertahanan lawan.

Pulisic melakukan tembakan dari jarak jauh, dan di sisi lain ada pemeriksaan VAR untuk kemungkinan handball yang dia lakukan. Tayangan ulang menunjukkan bola telah memantul ke perutnya.

Tahap penutupan babak pertama sangat tidak menyenangkan, dengan banyaknya kartu kuning yang diberikan oleh wasit Portugal, termasuk kepada Kovacic dan Pulisic. Upaya peluang terakhir sebelum jeda datang dari kaki kiri Ivan Rakitic, yang melepaskan tembakan namun bolanya tinggi dan melebar.

Cerita serupa untuk Nemanja Gudelj ketika permainan dimulai kembali di babak kedua, meskipun usahanya membuat khawatir Mendy untuk sementara sebelum kami kembali lepas landas setelahnya..

Olivier Melakukannya Lagi

Callum Hudson-Odoi menguasai bola di sisi kanan kami dan beberapa umpannya sempat gagal, tetapi di menit ke-54 kami menciptakan gol kedua yang luar biasa.

Setelah beberapa pertukaran pergerakan dan bola yang apik di luar kotak Sevilla, Jorginho berputar 360 derajat dan memindahkan bola ke Kovacic, yang kemudian mengoper umpan ke Giroud. Dia melakukan pekerjaan ringan dari bola yang datang ke sisi kanannya, membuat Sergi Gomez terjatuh sebelum dengan hati-hati Giroud mengangkat bola tersebut melewati kiper. Eksekusinya sederhana dan sempurna untuk menjadi gol kedua.

Tidak diragukan lagi The Blues sedang bersenang-senang. Lampard membawa tiga wajah baru ke dalam laga ini, dan salah satunya, Mason Mount, yang hampir langsung memberi dampak instan. Umpan pertama Jorginho disambut oleh sang gelandang yang melakukan tendangan voli rendah ke kiri namun berhasil diselamatkan Pastor saat itu.

Masalah Ketiga

Dua pemain pengganti lainnya kemudian saling berkombinasi untuk membuat gol hattrick Giroud. Bola panjang Mendy diterima oleh Hakim Ziyech dan diumpankan ke N'Golo Kante, yang merangsek di sisi kanan sebelum melakukan umpan silang apik untuk Giroud, kemudian pemain internasional Prancis itu membuat sebuah sundulan dekat tiang melewati Pastor.

Ketika Giroud kemudian didorong lawan di dalam kotak terlarang, dia mengambil tanggung jawab penaltinya sendiri dan menempatkan usahanya ke sudut kanan atas dengan penyelesaian yang tenang.

Tepuk tangan yang bergema di sekitar Ramon Sanchez Pizjuan yang kosong ketika dia digantikan semenit kemudian karena tepuk tangan terasa lebih kencang dari biasanya di era laga tanpa penonton ini. Jarang sekali seorang striker Chelsea memberikan performa berkualitas seperti itu.

Kita sekarang bisa menantikan pertandingan babak 16 besar dengan leg pertama di tandang pada bulan Februari.

Golden Terbaik 

Menjadi starter keduanya musim ini, Giroud menggarisbawahi pentingnya dirinya untuk skuad Chelsea dengan empat gol luar biasa dan menampilkan bagaimana seorang striker bekerja. Sevilla memainkan lini pertahanan yang tinggi dan itu memungkinkan Hudson-Odoi, Pulisic dan Havertz yang memiliki kecepatan untuk memberi umpan terukur pada Giroud dan mengarahkannya ke ruang kosong. Tetapi ketika bek lawan mundur lebih dalam, ia memanfaatkan area di antara lini belakang mereka untuk membuat peluang tersebut.

Pemain Prancis itu sekarang telah memainkan setidaknya beberapa bagian di masing-masing dari tujuh pertandingan terakhir kami. Pertunjukan ini memastikan dia hanya akan tampil lebih sering saat kita mendekati jadwal pertandingan yang padat sebentar lagi di akhir tahun ini.

What’s next?

Leeds United at the Bridge on Saturday, with 2,000 Blues supporters in the stadium. Let's hope for a repeat performance! Our Champions League group stage campaign concludes the following Tuesday at home to Krasnodar.

Chelsea (4-3-3): Mendy; Azpilicueta (c), Christensen, Rudiger, Emerson; Havertz (Kante 67), Jorginho (Gilmour 85), Kovacic (Ziyech 67); Hudson-Odoi, Giroud (Werner 84), Pulisic (Mount 67).
Unused subs: Kepa, Caballero, Tomori, James, Chilwell, Alonso, Abraham.
Scorer Giroud 8, 54, 74, 83 (penalty)
Booked Kovacic 37, Pulisic 43, Mount 90+1

Sevilla (4-3-3): Pastor; Jesus Navas (c) (Kounde 60), Sergi Gomez, Diego Carlos, Rekik; Rakitic (Torres 75), Gudelj, Oscar Rodriguez (Jordan 60); Vazquez (Munir 66), En-Nesryi, Idrissi (Ocampos 60).
Unused subs Gonzalez, De Jong, Fernando, Zarzana, Vazquez, Romero.
Booked Gudelj 15, Idrissi 41, Sergi Gomez 82

Referee Artur Dias.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA