Pratinjau Laga

Preview: Sevilla vs Chelsea

Posisi teratas di grup akan diperebutkan saat Chelsea turun ke markas Sevilla untuk pertama kalinya dalam pertandingan kompetitif kali ini. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menganalisis perjalanan di Andalusia…

Chelsea dan Sevilla sudah dipastikan lolos ke 16 besar Liga Champions, yang akan berlangsung pada 14 Desember, dan keduanya memiliki 10 poin di puncak Grup E. Tentu, masing-masing lebih suka memuncaki grup dan menjadi salah satu dari delapan tim unggulan, memainkan leg kedua di kandang pada tahun depan.

Bahkan hasil imbang di Stadion Ramon Sanchez-Pizjuan malam ini akan menempatkan Chelsea di posisi terdepan menjelang pertandingan terakhir grup minggu depan, karena kedua tim bermain imbang 0-0 di Stamford Bridge pada bulan Oktober lalu.

Edouard Mendy, Thiago Silva & pertahanan Blues tampil mengesankan dengan clean sheet di imbang Sevilla | Unseen Extra

Kedua klub membawanya hingga ujung jurang sebelum mengamankan kemenangan dalam kompetisi ini dengan skor identik 2-1 terakhir kali di matchday lalu. Tandukan impresif pemain pengganti Olivier Giroud mengklaim ketiga poin di Rennes satu menit menjelang bubaran, sementara gol kemenangan Munir El Haddadi untuk tim Andalusia di Krasnodar datang juga di akhir laga.

Pasukan Frank Lampard tidak terkalahkan dalam 14 pertandingan di semua kompetisi dan telah berhasil meraih tiga kemenangan beruntun di Liga Champions, sebuah catatan terbaik dalam delapan tahun ini. Kemenangan tandang ketiga berturut-turut dalam kompetisi ini akan menjadi rekor terbaik klub sejak lima kali diraih antara September 2003 dan April 2004 silam.

Chelsea menargetkan untuk menyelesaikan empat kemenangan Liga Champions berturut-turut untuk pertama kalinya sejak April 2012.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Berita tim Chelsea

Menatap pertandingan Liga Champions ini, Chelsea mengumpulkan statistik yang mengesankan. The Blues adalah pencetak gol terbanyak keenam dengan sembilan gol, semuanya dicetak dari dalam kotak penalti (termasuk tiga tendangan penalti). Kemudian 77% dari upaya tim London ke gawang lawan berasal dari posisi sentral ketimbang area yang melebar.

Chelsea juga merupakan tim dalam kompetisi yang belum kebobolan dari skema open play, dan penjaga gawang kami Edou Mendy, yang bertanggung jawab atas tiga clean sheet dalam empat pertandingan Eropa, memiliki persentase penyelamatan tertinggi di kompetisi musim ini: 91,7%.Frank Lampard memiliki catatan kebugaran para pemainnya yang jelas untuk laga ini, yang akan jadi berguna ketika ada waktu pemulihan yang sangat sedikit diantara laga pertandingan grup yang menentukan ini dan sebelum Leeds bertandang ke Stamford Bridge pada Sabtu malam nanti.

Pertandingan grup di London melawan tuan rumah Sevilla malam ini berakhir hasil imbang tanpa gol dan berjalan ketat dengan hampir separuh peluang berasal dari bola mati. Kita mungkin melihat sesuatu yang serupa malam ini. Chelsea telah mengubah sistem sejak pertemuan itu, memilih formasi 4-3-3 yang juga dipakai oleh tim Andalusia tersebut.

Lampard telah mengonfirmasi bahwa starter akan berubah dari saat melawan Tottenham. Itu karena Kai Havertz dan Christian Pulisic telah kembali bugar, dan keduanya dapat menambah menit-menit yang mereka nikmati melawan Spurs lalu sedari awal di laga nanti malam ini, sementara yang lain perlu istirahat.

Christian Pulisic kembali setelah absen selama satu bulan

Pelatih kepala kami mungkin merasa dapat merotasi jauh lebih bebas untuk kunjungan Krasnodar di pekan depan, yang bisa menjadi penghalang. Lampard ingin mengizinkan anggota skuad reguler untuk terlibat dengan jadwal padat yang semakin dekat, termasuk seperti pemain muda Callum Hudson-Odoi dan Billy Gilmour.

Korban dari Sevilla

Sevilla melakukan perjalanan ke Huesca pada hari Sabtu setelah memenangkan empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, dan mempertahankan momentum itu berkat gol telat dari Youssef En-Nesyri, yang datang dari bangku cadangan beberapa menit sebelumnya.

Pertandingan terakhir mereka membawa sakit kepala untuk pelatih kepala Julen Lopetegui, yang kehilangan bek kiri berpengalaman Sergio Escudero selama beberapa pekan saat pertandingan vs Krasnodar. Full-back sangat penting dalam sistem Sevilla, dan pemain berpengalaman lainnya untuk peran itu, Marcos Acuna, sudah terlebih dahulu absen, meski bek kanan senior Jesus Navas kembali dari larangan bermain.

Gol telat Sevilla dicetak oleh Munir El Haddadi

Lopetegui merespons di Rusia dengan beralih dari empat bek menjadi tiga, memasukkan Karim Rekik, biasanya bek tengah. Dia kembali ke formasi 4-3-3 di Huesca dengan Rekik bermain di sisi kiri, tetapi setelah satu jam ia digantikan oleh Aleix Vidal, yang mungkin mendapat menit bermain malam ini jika Acuna tetap tak bisa berlaga.

Tomas Vaclik adalah penjaga gawang Sevilla pada Sabtu setelah Yasine Bounou dinyatakan positif Covid bersama dengan Carlos Fernandez. Pemain sayap Suso dan Oussama Idrissi juga absen, sementara Lopetegui mengungkapkan bahwa Lucas Ocampos dan striker Luuk de Jong keduanya memperburuk masalah yang ada di Huesca dan mungkin tidak bisa untuk pertandingan ini.

Pemain Sevilla yang paling mengesankan selama laga di Stamford Bridge bisa dibilang adalah gelandang tengah Nemanja Gudelj. Pemain Serbia itu dinamis dan rajin dan sering menemukan umpan yang tepat untuk membongkar skema 4-2-3-1 The Blues. Meski demikian, serangan tim asal Spanyol itu dianggap kurang. Mereka telah berhasil 39 tembakan tepat sasaran dari 73 percobaan (ketiga terbanyak dalam kompetisi ini) tapi sayangnya mereka hanya menghasilkan enam gol saja sejauh ini.

Terlepas dari apa yang dipertaruhkan malam ini, tuan rumah juga terbagi fokusnya karena pertandingan La Liga hari Sabtu di kandang melawan Real Madrid. Mereka telah mencapai tujuan awal mereka untuk lolos ke babak sistem gugur Liga Champions, dan kemenangan akhir pekan di La Liga akan memungkinkan mereka untuk naik di klasemen sementara.

Memuncaki grup

Hasil potensial dari pertandingan malam ini cukup sederhana, karena kedua tim yang terlibat sudah lolos ke tahap berikutnya dan masing-masing memiliki 10 poin. Siapapun yang menang malam ini akan memuncaki grup. Jika hasil imbang, urutan tidak akan diputuskan sampaitiba laga terakhir fase grup, dimana The Blues akan menjamu Krasnodar dan Sevilla bermain di Rennes.

Jika tim-tim di puncak hanya bermain imbang setelah laga terakhir itu, tim tempat pertama diputuskan dengan hasil head-to-head yang lebih baik. Lebih spesifik, dan berurutan: poin dalam pertandingan head-to-head di antara tim yang terikat, kemudian selisih gol, kemduain gol yang dicetak dan akhirnya gol tandang.

Chelsea mengalahkan Krasnodar 4-0 di tandang. Kita akan bertemu mereka di pertandingan terakhir grup

Jika kriteria tersebut tidak menyelesaikan masalah (yaitu ada lagi hasil imbang 0-0 malam ini), penentuan urutan klasemen akan turun ke selisih gol di semua pertandingan grup, dan jika perlu gol yang dicetak, gol tandang yang dicetak, jumlah kemenangan, kemudian kemenangan tandang. Jika entah bagaimana semua itu masih tetap identik, itu turun ke poin disiplin paling sedikit (tiga poin untuk setiap kartu merah, satu untuk kartu kuning), dan pada akhirnya koefisien UEFA terbaik sebagai jalan terakhir.

Liga Champions 2020/2021
1Chelsea431091810
2Sevilla431063310
3FK Krasnodar4013410-61
4Rennes401327-51


Menghormati Diego

Sevilla adalah salah satu dari enam klub yang menghiasi karir Diego Maradona. Dia mengenakan kaos nomor 10 mereka sebanyak 29 kali dan mencetak tujuh gol pada musim 1992/93 setelah musim sebelumnya bersana Napoli yang bermasalah. Andalusia adalah rumah Eropa terakhirnya sebelum dia kembali ke Argentina.

'Sevilla FC akan selalu bersyukur bahwa pemain terhebat sepanjang masa menghiasi klub dengan sepak bolanya selama setahun,' komentar situs resmi mereka pekan lalu. 'Beristirahatlah dalam damai, Diego Armando Maradona.'

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA