Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 3 Leeds 1

Gol dari Olivier Giroud, Kurt Zouma dan Christian Pulisic membuat Chelsea bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Leeds 3-1 di depan 2.000 suporter di Stamford Bridge.

Ini adalah pertama kalinya musim ini para suporter diizinkan masuk ke stadion dan mereka tidak kecewa, karena the Blues dari Frank Lampard tampil sempurna untuk mengamankan tiga poin besar dan naik ke puncak klasemen Liga Premier.

Itu tidak semuanya berjalan mulus untuk Chelsea, dengan tim Marcelo Bielsa yang membuka skor melalui gol Patrick Bamford.

Namun ketahanan dan kekuatan dari skuat Blues arahan Lampard sukses bersinar, dan pada akhirnya kualitas membuat kami unggul begitu gol penyeimbang Giroud tiba.

Pemain Prancis itu mencetak empat gol melawan Sevilla pada pertengahan pekan dan sekali lagi menjadi salah satu pencetak gol malam ini, ia menyambut umpan silang Reece James tepat sebelum setengah jam pertandingan untuk menyamakan kedudukan.

Pemain internasional Prancis lainnya, Zouma, mencetak gol sundulan di babak kedua untuk membuat kami unggul sebelum Christian Pulisic mencetak gol di injury time demi mengamankan tiga poin dan kini kami unggul satu poin dari Tottenham dan Liverpool untuk duduk di puncak Premier League sementara ini.

Seleksi Pemilihan Pemain

Lampard kembali mengubah susunanya, membuat delapan perubahan pada tim yang dengan nyaman mengalahkan Sevilla pada pertengahan pekan lalu. Olivier Giroud mempertahankan posisinya di starter, menyusul empat golnya yang sangat mengesankan melawan tim asal Spanyol itu, dengan Kai Havertz dan kiper Edouard Mendy juga berada di starter kali ini.

Itu adalah lini belakang yang benar-benar baru, dengan full-back Reece James dan Ben Chilwell kembali ke sisi kiri-kanan di topang duo bek tengah Kurt Zouma dan kapten Thiago Silva.

Mason Mount dan N'Golo Kante bergabung dengan Havertz di lini tengah, sementara Hakim Ziyech dan Timo Werner dipilih untuk mendukung Giroud dalam peran sebagai penyerang sayap.

Awal yang panik

Total 2.000 suporter Chelsea yang hadir di Stamford Bridge berharap ada gol yang cepat untuk menahan hawa dingin Desember, dan mereka pasti mendapatkannya.

Kurang dari 60 detik, Hakim Ziyech sukses memaksa kiper Leeds, Meslier menghentikan Ziyech dari jarak dekat saat memanfaatkan umpan silang. Dari sepak pojok yang Mount hasilkan, Giroud coba menanduk bola namun melebar beberapa inci dari tiang dekat. 

Sebuah gol awal tampaknya tak terhindarkan dan hanya butuh empat menit untuk teori untuk menjadi terbukti kebenarannya, namun itu adalah mantan striker Chelsea sekarang memakai kostum Leeds yang memecah kebuntuan. Umpan terobosan Kalvin Phillips memungkinkan Bamford untuk melewati Kurt Zouma dan Edouard Mendy, dengan penyerang melakukan dribel ke gawang yang kosong untuk menandai kembalinya ke Stamford Bridge dengan sebuah gol.

Namun, The Blues langsung bereaksi, dan dua kali mencetak peluang melalui Werner. Pertama, pemain timnas Jerman itu melihat upaya yang dibelokkan melebar sebelum kemudian entah bagaimana secara tidak sengaja menahan sundulan Giroud, setelahnya upaya sepakan Werner membentur mistar gawang dari jarak dekat. 

Lebih banyak gol untuk Giroud

Kedua belah pihak saling bertukar serangan dan tim tamu mengalami periode terbaik mereka di babak pertama setelah seperempat jam pertama, dengan Bamford melepaskan tembakan dari jarak dekat setelah lolos dari penjagaan lawan untuk menyambut umpan silang. Beberapa saat kemudian, Alioski membentur bagian dalam tiang jauh gawang yang dijaga Mendy, namun bendera dikibarkan karena sudah terlebih dahulu offside.

Namun ketika Anda memiliki seorang pemain dengan performa seperti Giroud, Anda selalu merasa bahwa gol lain akan menyusul dan itulah yang terjadi setelah 27 menit. Umpan silang Reece James yang apik disantap ole pemain Prancis yang mengarahkan bola ke gawang dengan tendangan kaki kiri yang rapi, sebelum merayakannya dengan fans Chelsea yang duduk di West Stand. Mereka telah menunggu lama untuk melihat gol the Blues, jadi selebrasi sangat disambut kali ini!

Kedua belah pihak terus menyerang tetapi tidak ada peluang besar lebih lanjut untuk dicatat, meskipun kedua belah pihak dipaksa melakukan pergantian babak pertama karena cedera. Hakim Ziyech tertatih-tatih untuk digantikan oleh Christian Pulisic untuk kubu the Blues.

Zouma memperbesar keunggulan… lagi!

Babak kedua dimulai dengan aura yang sama seperti babak pertama - permainan yang cepat, panik, dan penuh peluang. Sundulan Havertz melebar dari umpan sepak pojok Mount untuk the Blues, sebelum the Whites arahan Marcelo Bielsa nyaris mencetak gol dari tendangan sudut mereka sendiri. Tendangan Raphinha diblok dengan baik oleh Thiago Silva sebelum pemain Leeds yang sama kemudian melepaskan rebound.

Dan kami membuat Leeds membayar untuk kehilangan kesempatan itu, karena pemandangan yang akrab dari Zouma menyambut ke kotak penalti saat sepak pojok datang. Werner memaksa Meslier melakukan double stop yang bagus, sebelum upaya Mount yang dibelokkan menjadi sepak pojok. Mount yang mengambil sepak pojok tersebut berhasil disambut Zouma yang melayang di udara mengungguli Liam Cooper dan melepaskan sundulan ke sudut bawah. The Blues sukses unggul kali ini.

Menggunakan skuat dengan baik

Setelah sembilan pergantian melawan Sevilla, dan delapan lagi malam ini, cukup adil untuk mengatakan Lampard memanfaatkan semua pemain yang tersedia untuknya saat kita mendekati periode Desember yang sibuk.

Havertz ditarik dengan lebih dari 20 menit tersisa, karena ia harus beristirahat setelah absen karena Covid-19 dengan Mateo Kovacic - seorang pemain yang tampil mengesankan melawan Sevilla - masuk sebagai pengganti pemain Jerman tersebut.

 

Para pemain depan kami terus mencari lebih banyak gol, dengan upaya Werner kembali digagalkan oleh penyelamatan cerdas dari Meslier setelah diumpan dengan baik oleh Chilwell, sementara Giroud menyundul tendangan sudut Mount dari jarak dekat.

Malam dari striker Prancis itu berakhir tidak lama setelah peluangnya itu, dan ia mendapatkan istirahat yang layak saat Tammy Abraham menggantikannya untuk tahap akhir laga ini. Abraham sangat ingin untuk mendapatkan dirinya di papan pencetak gol, melakukan upaya yang melebar. Ketiga striker kami mungkin akan mendapatkan peluang bermain yang sama selama beberapa pekan ke depan.

Pulisic menyelesaikannya

Sementara Werner mungkin tidak mencetak golnya sendiri kali ini, ia memainkan peran besar dalam mengamankan kemenangan tim dengan memberi assist Pulisic untuk mencetak gol di masa injury time. Pemain Jerman itu berlari menjauh di sisi kanan sebelum ia menggeser bola ke depan gawang untuk memberinya pada Pulisic, yang menyambutnya jarak dekat.

Peluit akhir tiba beberapa saat kemudian dan menandai kemenangan Chelsea, yang disambut dengan gembira oleh suporter The Blues yang hadir. Mendengar suara dan keriuahan gembira dari tribun terdengar luar biasa untuk semuanya.

Tidak lebih bagi Frank Lampard dan para pemainnya, yang merayakan kemenangan bersama para pendukung - saat suara One Step Beyond terdengar - dengan tiga poin membawa Chelsea ke puncak klasemen sementara Premier League menjelang sisa pertandingan akhir pekan.

Apa berikutnya?

Pertandingan malam Stamford Bridge lainnya, dengan fokus kami beralih ke Liga Champions dan pertandingan terakhir Grup E melawan Krasnodar. Kami sudah lolos ke babak sistem gugur kompetisi dan ini bisa menjadi kesempatan bagus bagi Lampard untuk merotasi skuadnya sekali lagi. Ini akan menjadi kesempatan lain bagi 2.000 pendukung The Blues untuk mendukung Chelsea di Bridge juga!

Chelsea (4-3-3): Mendy; James, Zouma, Thiago Silva (c), Chilwell; Havertz (Kovacic 67), Kante, Mount; Ziyech (Pulisic 29), Giroud (Abraham 79), Werner.

Pengganti: Kepa, Azpilicueta, Rudiger, Jorginho.

Leeds 4-4-1-1: Meslier; Ayling, Koch (Llorente 9), Cooper (c), Dallas; Raphinha, Klich, Phillips, Alioski (Rodrigo 69); Harrison (Poveda 57); Bamford

Pengganti: Casilla, Struijk, Costa, Roberts.
Kartu Kuning: Llorente, Raphinha. 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA