Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 1 Man City 3

Chelsea mengawali tahun baru dengan kekalahan di kandang saat gol-gol dari Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne dan Phil Foden menyebabkan kekalahan pertama di Stamford Bridge untuk the Blues sejak minggu kedua musim ini.

Kerusakan terjadi dalam 15 menit babak pertama ketika Gundogan membuka skor dan De Bruyne dengan cepat menggandakan keunggulan sebelum memberikan umpan kepada Foden untuk meninggalkan tim asuhan Frank Lampard mencoba menemukan cara untuk membalikkan defisit 3-0 untuk kedua kalinya dalam tiga pertandingan.

Meski sempat hampir mencetak gol balasan setelah jeda babak pertama, peluang jarang terjadi dan gagal benar-benar merepotkan penjaga gawang Manchester City sampai tambahan waktu ketika Callum Hudson-Odoi mengonversi umpan silang rendah untuk menjaringkan gol hiburan. Hasilnya melihat kami turun dua tingkat ke urutan kedelapan tabel klasemen Premier League yang ketat kali ini.

Pemilihan Pemain

Cesar Azpilicueta membuat penampilan ke-400 untuk The Blues, sekaligus menjadi pemain ke-13 dalam sejarah kita yang mencapai catatan tersebut, dan ia merupakan yang kedua dari luar negeri. Tidak ada pemain yang memainkan lebih banyak pertandingan di Premier League sejak dia menandatangani kontrak pada Agustus 2012.

Dia mempertahankan tempatnya di bek kanan, sementara ada lima perubahan di tempat lain dari hasil imbang dengan Aston Villa, termasuk kembalinya Hakim Ziyech.

Pemain Maroko itu memulai di lini serang dengan Timo Werner di tengah dan Christian Pulisic di kiri. Mateo Kovacic menggantikan Jorginho di lini tengah, sementara Kurt Zouma dan Thiago Silva kembali sebagai bek tengah.

Manchester City yang terkena beberapa kasus Covid-19 positif dalam persiapan harus tanpa Ederson, Kyle Walker dan Gabriel Jesus kali ini.

Momen Pertama yang Membuat Panik

Sebelum kick-off, kedua tim terlibat dalam penghormatan sesaat untuk mengenang mendiang Tommy Docherty, yang meninggal awal pekan ini pada usia 92. Doc pernah menjadi pelatih revolusioner di Stamford Bridge, memenangkan Piala Liga 1965 sekaligus hati para penggemar Chelsea di era itu.

Sesuai dengan gaya permainan Docherty yang gemar mengeksplorasi banyak hal, pertandingan pertama kami di tahun baru tampaknya akan menjadi pertarungan yang menghibur antara dua tim besar dan pertukaran serangan di babak pembuka berlangsung dalam tempo dan intensitas tinggi seperti yang diharapkan.

Di tengah awal yang panik itu, penjaga gawang City sempat blunder karena ia mengambil bola dari Rodrigo dan harus menerima tendangan bebas tidak langsung tepat di dalam kotak 18 yard. Posisinya bagus untuk kaki kiri Ziyech tetapi sayangnya harus diblok oleh tembok bertahan City untuk menutup serangan nomor 22 kami.

Werner tampak aktif dan nyaris membuka skor dengan sundulan dari sepak sudut yang dihasilkan tetapi tidak bisa cukup mengarahkannya ke arah gawang dengan kekuatan yang cukup. Meski demikian, kecepatan penyerang Jerman bersama Pulisic dan Ziyech menawarkan ancaman berbahaya di area lawan.

City menyerang lebih dulu

Tim tamu beroperasi tanpa penyerang tengah tetapi itu tidak menghalangi upaya menyerang tim Pep Guardiola, dengan De Bruyne dan Bernardo Silva bergantian masuk ke ruang kosong untuk berduel dengan bek tengah kami.

Peluang nyata mereka yang pertama dalam laga ini saat pemain Belgia itu lakukan serangan balik ke depan tetapi akurasinya meleset saat ia mengirim tendangan rendah beberapa inci ke tiang jauh. Beberapa saat kemudian, srrangan di sisi kiri dari Oleksandr Zinchenko dan Foden mengalihkan bola ke tengah lapangan untuk Gundogan, yang menghasilkan tendangan tajam dan melewati sergapan Edouard Mendy dan menjadi gol pembuka laga ini.

Tak lama, De Bruyne beraksi tiga menit kemudian untuk menggandakan keunggulan, dengan memberikan umpan rendah ke tiang depan untuk Foden menyelesaikan umpan manis tersebut dengan kaki kiri favoritnya.

De Bruyne menjadikannya tiga

Tidak ada tim di Premier League yang kebobolan lebih sedikit dari City musim ini, yang menggambarkan tugas berat tim Lampard di lini depan. Meskipun kami kebobolan dua gol cepat, kami sulit untuk menciptakan peluang yang jelas dan permainan dikuasai tim tamu untuk menimbulkan masalah pada serangan balik.

De Bruyne mencetak gol ketiga mereka 10 menit sebelum jeda dengan cara itu saat tendangan bebas Chelsea yang diayunkan oleh Ziyech dengan cepat dihalau dan dikirimkan kepada Raheem Sterling yang berlari ke arah gawang. N'Golo Kante sempat mencoba untuk menghadangnya tetapi Sterling tenang dan melepaskan tembakan melengkung ke tiang, dengan rebound disambar oleh De Bruyne. Dia mengambil sentuhan dan memasukkan bola untuk menjadi 3-0.

Gundogan nyaris mencetak gol dengan tendangan jarak dekat di menit-menit terakhir babak pertama sebelum the Blues memaksa Zack Steffen melakukan penyelamatan saat sundulan Azpilicueta melambung dan diselamatkan pelukan kiper asal Amerika itu.

Pembaruan pasca jeda

Ada lebih banyak aksi untuk tim tuan rumah di dalam dan sekitar kotak City setelah jeda babak pertama. Mason Mount sempat melakukan upaya sebelum sebelum rekan lini tengahnya Kovacic melepaskan tembakan melebar setelah lari bergerak di antara bek lawan.

Di sisi lain, Mendy amankan sundulan Rodrigo di tiang belakang menyusul tendangan bebas dari De Bruyne dan pemain internasional Senegal itu perlu bereaksi cerdas untuk mendorong upaya gelandang itu melewati mistar. Bola mati itu berasal dari pelanggaran Kante yang mengakibatkan kartu kuning, yang berarti dia akan melewatkan aksi liga berikutnya di Fulham.

Lampard memasukkan Billy Gilmour dan Hudson-Odoi tepat setelah satu jam pertandingan. Pemain sayap Inggris itu memberikan umpan silang yang mengarah untuk Pulisic, tetapi Pulisic gagal membuat report rekan senegara asal Amerika nya tersebut dengan sundulan. Hudson-Odoi akhirnya membuat gol hiburan di menit akhir, dengan menyambar umpan silang rendah sesama pemain pengganti Kai Havertz.

Apa Selanjutnya

Kami akan istirahat dari Premier League karena kembalinya jadwal Piala FA. Morecambe, tim League Two, akan bertamu ke Stamford Bridge hari Minggu depan, kick-off pukul 13:30. Setelah itu perjalanan Jumat malam melintasi London barat ke Craven Cottage untuk menghadapi Fulham pada tanggal 15 Januari.

Chelsea (4-3-3) Mendy; Azpilicueta (c), Thiago Silva, Zouma, Chilwell; Mount, Kante (Gilmour 64), Kovacic (Havertz 77); Ziyech (Hudson-Odoi 64), Werner, Pulisic
Pengganti Arrizabalaga, Rudiger, Emerson, Jorginho, Abraham, Giroud
Pencetak Gol Hudson-Odoi 90+2
Kartu Kuning Pulisic 45; Kante 53; Kovacic 71

Man City (4-3-3) Steffen; Cancelo, Stones, Dias, Zinchenko; Rodrigo, Gundogan (Fernandinho 74), Silva; De Bruyne (Aguero 86) , Sterling, Foden (Mahrez 86)
Pengganti Carson, Mendy, Mbete, Harwood-Bellis, Delap
Pencetak Gol Gundogan 18; De Bruyne 34; Foden 21
kartu Kuning Silva 90

Wasit Anthony Taylor

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA