Pratinjau Laga

Preview Piala FA: Chelsea vs Morecambe

Jika awal Januari, itu pasti waktunya Piala FA. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton melakukan survei pertandingan pada hari Minggu ketika the Blues mulai menargetkan untuk memulai kampanye piala lainnya…

Tim Liga Primer Chelsea dan tim Liga Dua Morecambe bertemu di babak ketiga Piala FA untuk pertama kalinya dalam kompetisi atau pertandingan persahabatan. The Shrimps adalah lawan tingkat keempat pertama The Blues sejak 6 Januari 2007, ketika Macclesfield Town berhasil dikalahkan The Blues 6-1. Termasuk hat-trick dari pelatih kepala the Blues saat ini, Frank Lampard.

The Lancastrians adalah lawan baru keempat London musim ini setelah rival grup Liga Champions Sevilla, Krasnodar dan Rennes. Mereka menjadikan jumlah tim berbeda yang telah dimainkan secara kompetitif oleh The Blues menjadi 193. 

Pemenang Piala FA delapan kali telah berlawanan dengan tim kasta keempat sembilan kali sebelumnya dalam kompetisi ini, memenangkan tujuh laga di antaranya. Namun, dua kekalahan terjadi di Stamford Bridge melawan tim kecil dari barat laut: Crewe Alexandra (1960/61) dan Wigan (1979/80).

Frank Lampard scores first Chelsea hat-trick!

Kemenangan Chelsea akan memperpanjang urutan yang mengesankan: runner-up musim lalu ini telah mencapai putaran keempat kompetisi ini sejak 1999.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci


Berita Tim Chelsea

Perpanjangan lima pemain pengganti yang diperbolehkan dari bangku cadangan yang berisikan sembilan pemain di Piala FA musim ini menguntungkan klub-klub yang lebih kuat di atas kertas, meskipun mungkin juga meningkatkan tingkat kebugaran untuk tim yang berada di kasta yang lebih rendah.

Ini berarti nampaknya ada kemungkinan eksperimen sebelas pemain utama tergelincir, 'kavaleri' selalu dapat dipanggil. Lampard juga harus mempertimbangkan nilai kepercayaan dari sebuah gol untuk setiap pemain yang membutuhkannya. Selama empat pertandingan liga terakhir, Tammy Abraham dan Olivier Giroud masing-masing mencetak tiga dan dua gol, sementara Timo Werner menyumbangkan satu assist.

Meskipun tentu saja menunjukkan kepada lawan dengan segala hormat, pertandingan melawan oposisi non-Liga Primer dapat memberikan kesempatan kepada pelatih papan atas untuk bereksperimen dengan komposisi pemain. The Blues bisa menurunkan tiga penyerang depan Christian Pulisic, Werner dan Hakim Ziyech untuk pertama kalinya melawan Manchester City, dan akan menarik untuk melihat apakah trio itu masih kalah melawan Lancastrians dari League Two.

Di belakang mereka, Kai Havertz terlibat pada gol akhir pekan lalu untuk pertama kalinya sejak kembali dari Covid-19. Umpan silang cerdiknya datang dari sayap kiri - satu-satunya posisi yang belum dia mulai sejak bergabung dengan The Blues musim panas lalu. Pemain berusia 21 tahun yang lembut telah menikmati permainannya sendiri melawan tim Championship Barnsley musim ini, mencetak hattrick di Piala Carabao.

Kai Havertz mencetak satu gol di kompetisi domestik ketika melawan Barnsley

Komposisi lini tengah hari Minggu nanti, bisa memberikan petunjuk tentang siapa yang akan menggantikan N'Golo Kante di Fulham Jumat depan, ketika dia diskors.

PENCETAK GOL CHELSEA DI PIALA FA SAAT INI
Giroud8 Laga3 Gol
Hudson-Odoi82
Kante131
Alonso121
Zouma121
Mount61
Pulisic21
Tomori21
Billy Gilmour dan Lewis Bate ketika sesi latihan pekan ini

Pengganti ekstra yang tersedia akhir pekan ini mungkin lebih banyak pemain muda yang akan ikut tampil. Sejak menjadi manajer, Lampard telah memainkan delapan pemain akademi di tim utama mereka: Tino Anjorin, Armando Broja (dipinjamkan ke Vitesse), Marc Guehi (dipinjamkan ke Swansea), Tariq Lamptey (dijual ke Brighton), Ian Maatsen (dipinjamkan ke Charlton ), Billy Gilmour, Reece James, dan Mason Mount.

Pandemi berarti lebih banyak perencanaan daripada biasanya. Pemain akademi seperti Anjorin, Lewis Bate, Henry Lawrence, Tino Livramento dan Jude Soonsup-Bell sempat masuk tim utama beberapa waktu lalu. Untungnya, tim U-23 tidak memiliki jadwal pertandingan sejak 18 Desember, dan aksi PL2 berikutnya adalah enam hari lagi.

Shrimps Terus Berhasil Mencetak Gol

Morecambe berada dalam isolasi diri sejak kunjungan ke Grimsby di Boxing Day - kemenangan kelima mereka dalam enam pertandingan liga.

The Shrimps kembali berlatih pada Selasa malam dan mungkin istirahat dari League Two telah membantu upaya mereka untuk membuat sejarah untuk melakukan pembunuhan kepada tim raksasa. Namun, mereka diuji lagi pada hari Kamis, jadi pemain utama mereka untuk hari Minggu tetap tidak pasti.

Chelsea akan bijaksana untuk bisa menjauhkan Morecambe, terutama Carlos Mendes Gomes yang bisa tiba-tiba produktif, karena mereka telah mencetak gol di setiap pertandingan sejak pertengahan Oktober.

Pencetak gol utama The Shrimps adalah Adam Phillips, penyerang asal Senegal / Spanyol ini masuk dalam nominasi pemain terbaik bulan ini. Yann Songo’o juga mendominasi lini tengah dalam beberapa pertandingan terakhir.

Mereka telah memenangkan setengah dari perjalanan tandang Liga Dua musim ini, dan berhasil mencetak gol 90 persen di antaranya, membuat mereka berselisih tiga poin dari slot promosi. Shrimps mencetak hampir 80 persen dari gol tandang mereka setelah jeda, dan mereka bisa efektif dalam permainan bola mati dan dalam serangan balik.

Manajer League Two bulan ini, Derek Adams, menyukai pemainnya yang mampu beradaptasi dengan formasi dan pendekatan yang berbeda dalam permainan untuk mengamankan hasil. Dia telah menempatkan tiga dan empat pemain belakang, dan telah meminta mereka untuk meninggalkan permainan operan yang biasa untuk gaya permainan yang lebih direct bila diperlukan.

Adams kemungkinan akan mengambil pendekatan yang hati-hati pada hari Minggu, mengingat bahwa Chelsea yang mengalami kemunduran baru-baru ini akan berusaha untuk memakan korban pertama di Bridge.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA