Wawancara

Gilmour tentang berjuang kembali dan kepercayaan dirinya

Gelandang muda kami berbicara tentang adaptasi taktis di lini tengah, bekerja keras untuk kembali dari cedera dan mencatatkan penampilan di Piala FA menjelang pertandingan putaran ketiga kami melawan Morecambe...

Enam bulan setelah cedera lutut di akhir musim, Billy Gilmour kembali dan ingin membuktikan dirinya sekali lagi sebagai pemain utama di bawah Frank Lampard.

Gelandang tersebut tampil dalam empat dari enam pertandingan kami setelah pertandingan sepak bola dimulai kembali setelah lockdown di musim panas, dengan penampilan gemilangnya melawan Liverpool dan Everton sebelum jeda tengah musim, jelas tidak dilupakan oleh manajernya saat ia memulai pertandingan melawan Leicester City dan Crystal Palace.

Namun, di Selhurst Park ia terkena cedera meniskus di lututnya, yang membutuhkan operasi, dan jalan menuju pemulihan menjadi tantangan bagi seorang pemain muda yang mengalami cedera serius pertamanya di sepak bola, pada saat yang bersamaan dengan pandemi global dan terus hidup dengan dirinya sendiri untuk pertama kalinya.

'Itu sulit,' jawab Gilmour dalam wawancara eksklusif menjelang pertandingan Piala FA kami melawan Morecambe sore ini. 'Setelah menjalani operasi, saya sangat merindukan sepak bola dan ingin kembali secepat mungkin. Saya tidak pernah melewatkan waktu itu sebelumnya dan terutama selama lockdown, saya tidak dapat melakukan apa-apa.

'Saya baru saja pindah ke tempat saya sendiri dan Anda ingin melakukan banyak hal di sekitar rumah, tetapi Anda tidak bisa ketika Anda hanya punya satu kaki dan Anda melompat-lompat dengan kruk. Itu adalah perasaan terburuk yang pernah ada tetapi fisio sangat membantu saya untuk membuat kaki dan lutut saya lebih kuat. Saya masih harus terus memantau latihan untuk memastikan lutut tetap bergerak dan kuat, tetapi sekarang semuanya baik-baik saja.'

Remaja itu kembali beraksi di awal musim ini, mendapatkan menit bermain dengan tim akademi sebelum kembali sebagai pemain pengganti dalam kemenangan mengesankan Liga Champions melawan Sevilla.

Awal pertamanya datang minggu berikutnya melawan Krasnodar dan pendukung Chelsea diingatkan akan bakatnya yang luar biasa, saat Gilmour memberikan pertunjukan dalam peran di lini tengah sebagai pemain box-to-box. Itu adalah posisi yang lebih maju daripada yang biasanya dia gunakan oleh Lampard, membutuhkan atribut yang sedikit berbeda, meskipun pemain internasional Skotlandia U-21 itu merasa lebih dari nyaman.

'Saat Anda bermain lebih dalam, Anda lebih cenderung pergi dan menerima bola dari para pemain bertahan, mendikte permainan, menciptakan peluang dan juga melindungi pertahanan," jelasnya. Ini serupa di posisi nomor delapan tetapi Anda melakukannya dalam pengertian yang lebih menyerang di mana Anda perlu melancarkan bola ke kotak penalti lawan dan membuat lebih banyak lari ke depan.

'Saya sebenarnya tidak punya preferensi. Saya menikmati bermain di kedua posisi. Saya akan dengan senang hati melakukan apa pun yang diminta karena saya tahu bahwa saya telah melakukan keduanya dalam karier saya sejauh ini.'

Di Piala FA musim lalu Gilmour benar-benar membuat sebuah tanda, datang dari bangku cadangan dalam ronde keempat d kandang Hull City sebelum mengontrol lini tengah melawan Liverpool yang membuatnya mendapatkan penghargaan man of the match di pertandingan penuhnya saat itu.

Para pakar dan pemain sama-sama memuji pemain muda Skotlandia yang dinamis itu setelah pertandingan itu, dan dia mengakui bahwa itu adalah penampilan individu yang membangkitkan kepercayaan dirinya untuk dapat bersaing dengan yang terbaik.

'Saya suka permainannya,' katanya. 'Itu benar-benar memberi kepercayaan diri saya untuk pergi dan mendorong lebih banyak menit, juga mendapat lebih banyak pengalaman dengan tim utama. Semuanya berjalan baik untuk saya, saya menguasai bola, bermain bagus dan kami mengalahkan tim top dengan pemain top. Saya sangat percaya bahwa jika Anda berlatih dengan baik, Anda akan selalu mendapatkan kesempatan dan kemudian Anda harus mengambilnya.'

Kunjungan Morecambe ke Bridge adalah aksi Piala FA pertama kami di kandang sejak pertengahan pekan awal Maret itu, hanya beberapa hari sebelum lockdown di Inggris diberlakukan dan mengubah pandangan tahun 2020 sepenuhnya. Namun tahun baru membawa harapan baru dan awal baru dalam kompetisi lama yang terkenal ini. Untuk Gilmour, ada antisipasi dan kesadaran dari tim yang saat ini duduk di peringkat ketujuh di kasta keempat Inggris.

'Ini masih akan menjadi pertandingan yang sulit,' menurut nomor 23 kami. 'Mereka akan datang untuk mencoba dan duduk, mempersulit kami dan mereka akan bekerja keras sehingga kami harus menjadi yang terbaik dalam permainan kami.

'Mudah-mudahan saat kami mendapat peluang untuk mencetak gol, kami akan klinis di depan gawang. Akhir-akhir ini sulit, kami tidak tampil seperti yang seharusnya, tetapi kami bekerja keras. Semua pemain dan semua staf bersama-sama, kami berlatih dengan baik dan kami semua tahu apa yang perlu kami lakukan.'

Lampard telah menyarankan bahwa Gilmour dan beberapa lulusan Akademi lainnya dapat tampil melawan Shrimps, dengan sejumlah debutan yang telah terlibat secara teratur dalam pelatihan dalam beberapa hari terakhir.

Bagi kebanyakan dari mereka, pengalaman melawan tim senior hanya terbatas pada Piala EFL, di mana Chelsea U-21 terlibat. Namun Gilmour tidak percaya pada lompatannya sendiri dari Akademi ke skuad tim utama, melewati pengalaman peminjaman yang diuntungkan oleh banyak pemain, tidak mulus dan, sejauh ini, sukses.

'Saya menikmati jalur saya sendiri," tambahnya. "Tentu saja, saya perlu mendapatkan lebih banyak pengalaman tim utama tetapi saya masih muda, saya masih belajar dan ada banyak waktu untuk itu.

'Saya hanya bekerja keras setiap hari dalam latihan dan mencoba mengambil peluang saya. Saya suka berada di sekitar para pemian, saya suka berlatih dengan tim dan saya suka bekerja dengan pelatih jadi semoga itu terus berlanjut.'

Demikian pula, penggemar Chelsea senang melihatnya tampil dengan jersey warna biru royal dan pasti ingin melihatnya kembali beraksi lagi sore ini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA