Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea v Morecambe

Chelsea melewati hadangan Morecambe dengan keunggulan dua gol di setiap babak untuk memastikan tempat kami di babak keempat Piala FA.

Hasil itu tidak diragukan lagi karena kami benar-benar mendominasi jalannya pertandingan sejak peluit pertama, dengan lawan kami yang dari League Two ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mempertahankan kotak penalti mereka sendiri karena kami menikmati penguasaan bola yang hampir tak terputus.

Mason Mount membuka skor dengan melepaskan sepakan rendah ke sudut bawah dari jarak 25 yard setelah memainkan beberapa umpan di tengah lapangan.

Dua pemain internasional Jerman kami saling bekerja sama untuk gol kedua saat Kai Havertz menyundul umpan silang Hakim Ziyech dan melintasi gawang dimana Timo Werner menyambarnya dari jarak dekat.

Callum Hudson-Odoi menggunakan umpan chip Ziyech untuk membuatnya menjadi 3-0 di awal babak kedua, saat itu permainan sudah berakhir secara efektif sebagai sebuah pertandingan.

Gol tambahan pelengkap laga ini hadir lima menit sebelum akhir, ketika Havertz menambahkan namanya ke daftar pencetak gol dengan sundulan hasil dari umpan silang Cesar Azpilicueta.

Seleksi pemilihan pemain

Frank Lampard merotasi timnya untuk menghadapi Morecambe, membuat enam perubahan dari tim yang menjadi starter melawan Manchester City beberapa waktu lalu.

Pelatih kepala kami telah mengisyaratkan peluang untuk merotasi skuadnya untuk pertandingan Piala FA ini dan membuat perubahan di seluruh susunan pemainnya, dimulai dengan penjaga gawang saat Kepa Arrizabalaga masuk menggantikan Edouard Mendy untuk membuat penampilan pertamanya sejak kami bermain imbang dengan Krasnodar di awal Desember silam.

Di depannya, rekan senegaranya dari Spanyol Cesar Azpilicueta melanjutkan perannya sebagai kapten, Emerson Palmieri berada di bek kiri dan Toni Rudiger kembali ke starter untuk berpasangan dengan Kurt Zouma di pos bek tengah.Mason Mount masih jadi andalan di lini tengah, bersama Kai Havertz dan Billy Gilmour, yang mana Gilmour akhirnya menjalani start domestik pertamanya musim ini pasca kembali dari cedera, setelah sebelumnya ia masuk dari bangku cadangan di pertandingan sebelumnya melawan Manchester City.

Pemain muda lainnya dari pertandingan itu, yang mencetak gol kami ke gawang City, Callum Hudson-Odoi, menjadi satu-satunya pergantian di tiga penyerang, saat ia menggantikan Christian Pulisic untuk bergabung dengan Hakim Ziyech dan Timo Werner di lini depan.

Awal yang Mengesankan

Morecambe tampak bertekad untuk mencoba dan meresahkan kami saat mereka mendorong ke depan sejak kick-off dan memaksa Zouma untuk memainkan back-pass, tetapi Kepa menanganinya dengan tenang. Setelah serangan singkat dari lawan kami itu, kemudian dengan segera kami mengurung tim tamu asal League Two di sekitar area penalti mereka sendiri, dan di sanalah mereka akan bertahan.

Kami hampir menciptakan peluang besar untuk membuka skor di menit ketiga, ketika Hudson-Odoi melakukan switch play bersama Ziyech dan pemain Maroko itu melayangkan umpan silang melengkung ke arah tiang belakang, tetapi Werner tidak bisa cukup menguasai bola untuk menempatkan sundulannya tepat sasaran di bawah tekanan saat itu.

Rencana permainan Morecambe menjadi jelas pasca peluang awal kami tersebut, karena mereka puas dengan membiarkan kami menguasai bola sambil fokus pada pertahanan di tepi kotak, sambil mencoba untuk menyerang kami dengan cepat melalui serangan balik.

Sebuah gerakan passing yang sangat baik di sisi kanan yang melibatkan beberapa pemain hampir menemukan ruang bagi Mount untuk melepaskan tembakan dari tepi kotak, Emerson melakukan rebound untuk pertama kalinya, meskipun akhirnya bola melebar tanpa mengkhawatirkan penjaga gawang lawan, Mark Halstead. .

Ada kekhawatiran singkat ketika satu serangan balik Morecambe diakhiri dengan umpan silang mengarah ke gawang, yang membutuhkan reaksi tajam dari Kepa untuk menahan bola di garis gawang.

Seperti yang sering terjadi pada tim yang bertahan dalam jumlah pemain yang banyak, sepertinya sayap kami yang melebar bisa menjadi kunci dan Hudson-Odoi serta Ziyech sama-sama ada di garis tepi. Kombinasi seperti itu menghasilkan peluang menembak untuk Hudson-Odoi, tetapi saat permainan melewati 15 menit awal, kami masih mencari celah untuk menguji Halstead untuk pertama kalinya.

Namun, sebelum kiper tersebut melakukan penyelamatan, ia akhirnya memungut bola dari gawangnya sendiri. Ini terjadi setelah Hudson-Odoi bertukar operan dengan Emerson di sisi kiri, Odoi melihat Mount di area yang luas di tengah lapangan. Sang gelandang menerima bola dengan satu sentuhan dan melepaskan tembakan kuat ke sudut bawah yang membuat Halstead tidak bergerak dan menjadi gol pembuka kami.

Kami segera mencari gol yang kedua. Tembakan jarak jauh Emerson kembali diblok dan kemudian Rudiger hampir cetak gol lewat tendangan voli dari tendangan sudut yang dihasilkan. Dia kemudian mencoba lagi, yang memaksa Halstead melakukan penyelamatan rendah ke kiri, tetapi Werner berada dalam posisi offside ketika dia mencoba untuk melakukan rebound dari upaya rekannya tersebut.

Lalu lintas satu arah

Morecambe terlihat hanya memiliki sedikit jawaban atas penguasaan bola kami yang berkepanjangan, dengan 11 pemain mereka menghabiskan waktu yang lama untuk menumpuk dalam jarak 20 yard dari gawang mereka sendiri. Penguasaan bola pertama mereka akhirnya tiba setelah 25 menit, menyusul bola mati di paruh lapangan Chelsea dan lemparan panjang ke kotak enam yard yang menyebabkan masalah bagi Havertz dan Kepa.

Setelah kondisi kembali normal, Hudson-Odoi dan Werner sama-sama mencari gol yang kedua secara beruntun saat bola memantul di sekitar kotak Morecambe, tetapi bola tidak turun cukup cepat untuk memberikan peluang yang jelas ke gawang lawan.

Meskipun kami tidak membuat peluang yang jelas, kami ingin memberi kami jarak skor aman sebelum paruh waktu, dan kami benar-benar mendominasi penguasaan bola. Terkadang masalah terbesar kami mungkin memiliki terlalu banyak membuang waktu pada bola, dengan beberapa jeda yang tidak perlu dan operan berlebihan yang membuat Lampard terlihat frustrasi.

Hudson-Odoi terus memberikan Morecambe banyak masalah di sisi kiri dan dua kali mendapat kebebasan untuk menyerang ke dalam kotak dengan kombinasi skill dan kecepatan, tetapi juga dua kali umpan silang rendahnya diblokir lawan di tiang dekat.

Tendangan sudut yang dihasilkan dari tendangan sudut kedua memberikan peluang terbaik kami untuk menambah keunggulan, umpan dari Mount membuat Havertz bebas di titik penalti, tetapi pemain Jerman itu tidak dapat melakukan kontak yang diinginkannya saat menyundul bola dan akhirnya melebar.

Namun, sundulan Havertz memainkan peran besar ketika kami mencetak gol yang kedua, tepat jelang paruh waktu. Ziyech melepaskan umpan silang melengkung ke arah Havertz di tiang belakang dan pemain nomor 29 kami melakukannya dengan baik untuk melewati bek dan menyundul bola ke bawah dan melintasi gawang, di mana Werner berlari untuk menyambar bola umpan tersebut menjadi gol kedua.

Kami memiliki keunggulan dua gol di aksi kami yang terakhir pada babak pertama, dan butuh waktu kurang dari empat menit di babak kedua untuk memperpanjang keunggulan kami lebih jauh menjadi tiga gol.

Ziyech menguasai bola dan melihat Hudson-Odoi mencoba lepas dari jebakan offside dengan larinya dari tengah. Ziyech melakukan operan dengan sempurna yang berhasil diterima Hudson-Odoi dengan baik. Halstead berhasil mengenai tembakan Odoi, tapi itu tidak cukup kuat untuk mencegahnya mencetak gol untuk game kedua berturut-turut bagi Chelsea.

Zona Nyaman

The Blues mulai menikmati diri mereka sendiri pasca memiliki keunggulan gol yang lebih baik. Havertz selanjutnya nyaris mencetak gol, ketika dia menyambut umpan silang rendah Werner di tiang dekat, tetapi bolanya terlalu cepat sehingga dia kesulitan mengarahkannya ke gawang dari sudut sempit.

Dengan permainan semakin di atas angin, Chelsea terlihat akan mencetak lebih banyak gol di sisa laga ini, manajer Morecambe Derek Adams menanggapi kondisi ini dengan membuat pergantian tiga kali dengan setengah jam tersisa.

Ziyech terlihat seperti mulai menikmati dirinya sendiri. Dia juga tampak bertekad untuk mendapatkan namanya di papan skor saat dia melepaskan tembakan dari jarak jauh di setiap kesempatan.

Namun, ia akhirnya meninggalkan lapangan saat Lampard melakukan perubahan, Ziyech dan Werner keluar digantikan oleh Olivier Giroud dan Christian Pulisic.

Keduanya sama-sama terlibat ketika Halstead melakukan penyelamatan ganda yang bagus untuk menghentikan kami mendapatkan gol keempat. Kerja sama bagus dari Giroud dan Mount melepaskan Hudson-Odoi di kanan dan penjaga gawang Morecambe bereaksi dengan baik ketika umpan silang rendahnya disambut oleh Havertz, dan dia langsung untuk menyelamatkan gawangnya lagi, dengan sedikit bantuan dari para pemain bertahannya di garis depan, ketika Pulisic mencoba memanfaatkan rebound tersebut.

Perubahan lain dari Lampard menandakan perubahan formasi dengan kesempatan untuk bereksperimen, saat Tammy Abraham masuk menggantikan Mount untuk bergabung dengan Giroud dengan dua striker di depan. Tak lama, Fikayo Tomori masuk untuk penampilan pertamanya sejak September dan pemain muda Tino Anjorin mendapatkan kesempatan lagi untuk mendapatkan pengalaman.

Dengan Morecambe dan Chelsea mengetahui kondisi laga ini diatas kertas sudah berakhir secara skor, laga menjadi sangat tenang selama 10 menit terakhir pertandingan, tetapi masih ada waktu bagi Havertz untuk menambahkan namanya ke daftar pencetak gol.

Permainan apik Abraham di sisi kanan melepaskan Azpilicueta ke dalam ruang kosong dan umpan silangnya yang luar biasa disambut oleh Havertz, yang melakukan sundulan bola ke sudut bawah untuk mengubah skor menjadi 4-0.Giroud masih sempat ingin mengubah skor menjadi lima tapi itu digagalkan penjaga gawang lawan, dan kami akhirnya dengan nyaman lolos ke putaran keempat Piala FA berkat kemenangan 4-0 dengan empat pencetak gol berbeda.

Apa berikutnya?

Kami kembali beraksi di Premier League dengan pertandingan tandang beruntun. Yang pertama adalah perjalanan singkat ke Fulham tetangga London barat kami pada Jumat malam, sebelum melakukan perjalanan ke Leicester City pada Selasa berikutnya.

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta (k), Rudiger, Zouma (Tomori 80), Emerson; Mount (Abraham 74), Gilmour, Havertz; Ziyech (Pulisic 68), Werner (Giroud 68), Hudson-Odoi (Anjorin 80)

Pengganti: Caballero, Chilwell, Kovacic, Jorginho

Pencetak Gol: Mount 18, Werner 45, Hudson-Odoi 49, Havertz 85

Morecambe (4-2-3-1): Halstead; Cooney (Mellor 62), Knight-Pericval, Davis, Hendrie (Gibson 62); Wildig (k), Songo'o; Slew (O'Sullivan 62), Phillips, Mendes Gomes (Lyons 74); Stockton (McAlinden 85)

Pengganti: Turner, Diagouraga, Kenyon, Leitch-Smith

Wasit: Darren England

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA