Laporan Pertandingan

Preview: Fulham vs Chelsea

Kembali lagi ke perjalanan kami di Premier League pada akhir pekan ini setelah persiapan satu pekan penuh yang langka. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton menaruh perhatiannya jelang laga derby lokal sabtu nanti…

 

Karena tidak ada yang bisa di-lockdown, penggemar Chelsea beruntung mendapatkan hiburan reguler dalam bentuk pertandingan sepak bola. Kali ini akan menjadi perjalanan ke Fulham dan tepi utara Sungai Thames. 

Chelsea meraih catatan apik di Stamford Bridge melawan klub-klub yang baru promosi di Premier league, dan hampir sama bagusnya juga saat laga tandang. Dalam 19 pertandingan tandang terakhir melawan tim-tim semacam itu, The Blues telah mencatatkan 14 kemenangan, tiga seri, dan hanya menelan dua kekalahan.

FULHAM (A) PREM 18//19

Pertandingan pertama mantan gelandang Blues Scott Parker sebagai pelatih The Cottagers adalah kekalahan 2-1 dari Chelsea pada Maret 2019, dan The Blues menargetkan kemenangan liga keenam berturut-turut melawan tetangga terdekat kami untuk pertama kalinya dalam hampir 61 tahun.

Chelsea hanya tercatat kalah sekali dari Fulham dalam 38 pertemuan terakhir di semua kompetisi.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci


Berita tim Chelsea

Pertandingan ini ditunda yang seharusnya di hari Jumat untuk mengakomodasi kunjungan Fulham ke Tottenham pada pertengahan pekan, yang berakhir 1-1. Satu hari ekstra dan tanpa laga tengah pekan memastikan Chelsea sepenuhnya fit dan siap untuk perjalanan singkat melintasi borough, meskipun N'Golo Kante kali ini harus dapatkan hukuman skorsing.

Billy Gilmour mengambil peran memegang di Piala FA akhir pekan lalu, meskipun Jorginho adalah pemain pengganti lain yang mungkin dipertimbangkan Frank Lampard untuk menggantikan Kante. Pemain lain seperti Thiago Silva dan Ben Chilwell mendapat istirahat total akhir pekan lalu dan tampaknya pasti akan kembali pada laga hari Sabtu besok.

Frank Lampard confirms James return, Fulham rivalry & COVID protocols | Press Conference

 

Kemenangan 4-0 kami atas tim League Two, Morecambe, memberikan banyak dorongan kepercayaan diri untuk skuad Chelsea untuk memperbaiki hasil di liga. Timo Werner akan didukung oleh gol pertamanya setelah beberapa waktu tak mencetak gol, dan Kai Havertz yang masuk dari bangku cadangan saat melawan Morecambe, tampak siap untuk menjadi starter setelah perjuangan melawan infeksi Covid-nya beberapa waktu lalu.

Para anak muda Jerman di Chelsea sejauh ini telah menyumbang 26 (gol dan assist) musim ini. Perlu juga dicatat bahwa gol pembuka dari Mason Mount (satu lagi dari luar kotak penalti) adalah gol pertamanya sejak West Brom tandang pada bulan September; mungkin itu sebabnya dia tidak dirotasi akhir pekan lalu.

Hal positif lainnya termasuk melihat Hakim Ziyech terlihat lebih nyaman setelah kembali dari cedera, cameo dari lulusan Akademi yang menjanjikan yaitu Tino Anjorin, kemudian beberapa menit untuk Fikayo Tomori dan bukti lebih lanjut bahwa Callum Hudson-Odoi kembali ke performa terbaiknya kali ini. 

Hudson-Odoi mencetak gol ke gawang Morecambe

 

Akan menarik untuk melihat siapa yang memulai sebagai penyerang tengah melawan tiga bek Fulham - Werner, Olivier Giroud atau Tammy Abraham. Striker Inggris dapat menunjukkan statistik bahwa satu-satunya kemenangan liga bagi Chelsea tanpa partisipasinya terjadi pada laga pembuka di Brighton. Dia berada di starting XI kecuali saat laga vs Leeds, ketika dia menjadi pemain pengganti.

Kini tercatat ada jarak 10 poin yang memisahkan tim-tim di paruh atas di Premier League, dan musim ini jelas tidak seperti yang lain. Apa pun bisa terjadi untuk tim yang mengumpulkan kemenangan sebelum Mei, dan tidak ada waktu tepat selain sekarang untuk memulai hal tersebut.

Cetak gol terlebih dahulu pada hari Sabtu bisa terbukti signifikan: Fulham telah kebobolan 11 kali gol yang membuat tim lawan unggul pada ajang liga dan mereka hanya mampu menyamakan kedudukan pada tiga kesempatan. Mereka gagal mencetak gol di setengah pertandingan mereka di Craven Cottage.

Memperkuat tim di bawah Scott

Setelah comeback yang berat melawan Tottenham di tengah pekan, Fulham tidak terkalahkan dalam enam pertandingan di semua kompetisi, hanya kebobolan tiga gol. Namun lima dari laga tersebut berakhir imbang dan hanya memetik satu kemenangan, vs QPR di Piala FA.

Setelah awal musim yang buruk, Scott Parker memperkuat pertahanan timnya di seluruh area lapangan. Beberapa pemain tampil membaik seperti striker Aleksandar Mitrovic dan gelandang Tom Cairney, dan pelatih Fulham yang juga mantan gelandang Chelsea itu telah menetapkan keamanan ekstra di lini belakang yang ditawarkan dengan skema lima bek, termasuk lulusan Akademi Chelsea, Ola Aina di lini bertahan.

Bek sayap Antonee Robinson adalah salah satu pemain yang tampil luar biasa dalam beberapa pertandingan terakhir, bersama dengan Andre-Frank Zambo Anguissa, tampil solid di lini tengah pada tim muda arahan Parker ini. 

Dua pemain Amerika Serikat akan berhadapan pekan ini - dengan pemain Fulham, Antonee Robinson menjadi pilihan utama timnya musim ini

 

Dia akan merindukan dinamisme Ruben Loftus-Cheek, namun sayangnya ia tak akan bermain karena terbentur aturan pinjaman dari klub induknya. Meski begitu Fulham memiliki banyak pemain lain yang bisa mengalirkan bola ke lini depan mereka. Dengan cedera Mitrovic pada hari Rabu lalu, Ademola Lookman bisa menambah energi dan ketajaman di depan.

Meski begitu, mereka masih berjuang untuk mencetak gol, dengan hanya enam gol dalam delapan pertandingan kandang musim ini. Hanya Burnley, West Bromwich dan Sheffield United, (dengan lima gol) yang mencetak lebih sedikit dari Fulham. Bobby Decordova-Reid adalah pencetak gol terbanyak mereka dengan empat gol, minus satu gol dari catatannya saat main di 27 pertandingan Premier League untuk Cardiff City pada 2018/19.

Loading OPTA feed

Seorang penjaga gawang yang baik dapat membuat perbedaan musim ini, dan Alphonse Areola tercatat mengklaim lebih banyak umpan silang daripada kiper lain sejauh ini. Penampilannya yang luar biasa melawan Spurs membuat The Cottagers tetap terhubung dan akhirnya memungkinkan mereka untuk berbagi poin melalui sundulan Ivan Cavaleiro.

London Barat

Dari semua derby lokal di Premier League selama beberapa dekade terakhir, derby London barat ini adalah yang paling sepihak, dengan the Blues menang dalam 64% pertemuan dan the Cottagers nol. Secara keseluruhan, persentase enam kemenangan Fulham di liga atas pertandingan melawan Chelsea adalah yang terendah yang dicatat oleh tim mana pun melawan rival dalam pertandingan yang dimainkan 50 kali atau lebih.

TOP 5 | Goals v Fulham!

 

Di semua pertandingan di London, Fulham merasakan kekalahan di masing-masing dari 10 pertandingan mereka dua musim lalu, terakhir kali mereka berada di kompetisi teratas. Comeback mereka di Tottenham pada hari Rabu lalu menghasilkan poin pertama The Cottagers dalam derby London pada ajang Premier League sejak 2-2 vs Crystal Palace pada Mei 2014.

Derbi London di Premier League 2020/21
PWDLGDPoin-per-laga
Arsenal531142.00
Chelsea421151.75
Tottenham514021.50
Crystal Palace5131-31.20
West Ham5122-31.00
Fulham4013-50.25

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA