Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Fulham 0 Chelsea 1

Mason Mount mencetak gol telat kami melawan 10 pemain Fulham untuk menyelesaikan derby London barat ini dan mengamankan kemenangan liga yang pertama dalam empat pertandingan terakhir kami.

Gol kedua dari sang gelandang di Premier League musim ini secara klinis dikonversi dengan 12 menit tersisa dan menutup penampilan individu yang apik dari Mount.

Chelsea adalah tim yang lebih baik sepanjang laga ketat di Cottage, meskipun kami memiliki keuntungan bermain sepanjang periode babak kedua setelah pemain Fulham Antonee Robinson langsung mendapat kartu merah karena permainan berbahayanya jelang paruh waktu babak pertama usai.

Peluang yang jelas terbukti sulit didapat saat melawan tim tuan rumah yang terorganisir dengan baik. Mount melepaskan tembakan membentur mistar gawang di babak pertama dan pemain pengganti Tammy Abraham memiliki peluang sundulan apik yang diselamatkan kiper lawan sebelum Mount akhirnya menembus barikade pertahanan Fulham. Edouard Mendy tidak memiliki banyak pekerjaan karena The Blues berjuang keras untuk mendapatkan clean sheet meskipun ada beberapa ancaman dari tim tuan rumah.

Kemenangan tandang 1-0 pertama kami di Premier League sejak Desember 2018 memperpanjang rekor kemenangan melawan Fulham menjadi tujuh kali berturut-turut dan menjadikannya 19 pertandingan tak terkalahkan melawan tetangga terdekat kami tersebut.

Seleksi pemilihan pemain

Frank Lampard melakukan tiga perubahan pada tim yang memulai pertandingan liga terakhir kami dua pekan lalu, dengan salah satunya dilakukan karena absennya N'Golo Kante berkat hukuman skorsing.

Jorginho menggantikan pemain Prancis itu di lini tengah dan starter untuk Olivier Giroud di lini depan serta Toni Rudiger di belakang. Mereka masing-masing menggantikan Timo Werner dan Kurt Zouma.

Reece James tersedia lagi setelah cedera dan masuk di dalam daftar pemain cadangan.

Meningkatnya ancaman di awal

Chelsea berusaha untuk mengendalikan permainan atas lawan kami sedari awal laga di malam yang dingin di samping Sungai Thames. Di menit keempat, Azpilicueta melakukannya dengan baik untuk memenangkan sepak pojok yang diteruskan ke arah Mount. Tendangannya mengancam tapi diblok.

Gelandang berusia 22 tahun itu terlibat dalam serangan kami berikutnya, ia menciptakan peluang tembakan untuk Giroud di tepi kotak penalti. Tendangan volinya ditepis oleh Alphonse Areola, yang melindungi gawang Hammersmith End kebobolan di babak pertama.

Robinson dari Fulham, perekrutan musim panas dari Wigan untuk Fulham, menunjukkan ancamannya dari area bek sayap kiri. Ia melesat melewati Azpilicueta, menjadi pusat ancaman yang berbahaya dengan Rudiger hadir di tempat yang tepat untuk melakukan intersep, dan kemudian Rudiger memblokir bukan hanya satu tapi dua tembakan ke gawang dari Ademola Lookman dan Robinson.

Rudiger melakukannya hal yang sama lagi segera setelah itu, saat menahan Ivan Cavaleiro melakukan serangan balik dari Fulham yang membuat mereka nyaris mendekati gawang kami.

Frustrasi membentur tiang gawang

Kami dengan cepat melanjutkan kembali dominasi dan mulai menggerakkan bola dengan kecepatan dan tujuan yang jelas. Di pertengahan babak pertama, tendangan Hakim Ziyech berhasil diselamatkan setelah menerima umpan Giroud, dan kemudian pada menit ke-25 kami hampir memecah kebuntuan.

Umpan silang pertama dari Azpilicueta berhasil dihalau lawan namun ke arah area yang ditempati Chilwell dan kemudian mengirimkan umpan menuju Mount. Sang gelandang menerima umpannya namun hanya membentur mistar gawang.

Butuh penyelamatan bagus dari Areola untuk menghentikan Rudiger yang ingin mengemas sebuah gol. Sundulannya ditepis dan menjadi sepak pojok sampai akhirnya kiper Fulham turun tangan mengamankan areanya.

Melewatkan peluang dan tekel yang buruk

Kami seharusnya dihukum dengan kebobolan karena pemborosan peluang jelang paruh waktu semakin dekat. Kerja sama Robinson dan Lookman sukses menarik keluar Azpilicueta dan Thiago Silva dari lini pertahanan dan memungkinkan tim tuan rumah menciptakan peluang di sisi kiri. Kenny Tete menerima umpan pertamanya dan diteruskan kepada Ivan Cavaleiro untuk dikonversi. Namun penyerang Fulham itu gagal memanfaatkannya.

Tapi situasi menjadi buruk bagi the Cottagers karena 60 detik kemudian saat Robinson melakukan tekel yang telat dengan kaki terangkat tinggi kepada Azpilicueta. Wasit Peter Bankes tak segan memberikan kartu merah dan tayangan ulang mendukung keputusannya tersebut.

The Blues akan memainkan babak kedua melawan 10 orang.

Dominasi penguasaan dan wilayah menjadi beberapa peluang lewat sepak pojok tapi belum ada hasilnya. Bagaimanapun, Fulham, hanya kebobolan tiga gol dalam enam pertandingan terakhir mereka, akan sulit untuk ditembus saat ini.

Pada menit ke-62, Giroud membuat peluang yang sangat bagus untuk melewati tiang gawang tetapi bendera offside menggagalkannya. Lampard kemudian memasukkan Tammy Abraham menggantikan Jorginho dan ada dua penyerang tengah di depan. Keterlibatan pertama no.9 kami di permainannya adalah saat menyundul umpan silang Rudiger yang mengarah langsung ke Areola. Tak lama, Pulisic kemudian gagal menyambut umpan dari Ziyech.

Fulham nyaris tidak berada di lini tengah kami sejak mereka menerima kartu merah. Meski begitu, Azpilicueta mengintersep tendangan bebas cepat  Fulham dan mengembalikannya ke Mendy yang tidak menyadari posisinya sudah jauh dari sarangnya. Cavaleiro mencoba untuk mencuri dan membobol gawang yang kosong terebut, tapi untungnya Thiago Silva bisa memblok upaya tersebut.

Terobosan di Babak Kedua!

Dengan seperempat jam tersisa, Lampard coba untuk mengganti susunan pemain untuk terakhir kalinya. Callum Hudson-Odoi dan Werner masuk menggantikan Ziyech dan Giroud.

Hasilnya instan. Chilwell bekerja keras untuk melakukan gerakan menyilang dan umpannya cukup membuat Areola khawatir dan meninjunya. Bola liar itu bergerak ke arah Mount yang berlari dan menyambutnya dengan keras melewati pemain berbaju putih dan masuk ke gawang.

Lega, dan ini adalah hadiah untuk penampilan energik yang ditunjukkan dari Mount di lini tengah sepanjang laga.

We defended our lead effectively and could have added to it in stoppage time, Azpilicueta and Werner both missing the target when well placed, but a gritty, patient showing with a touch of class when it mattered ensures we will be taking all the points back down the Fulham Road. 

What's next?

We are on our travels again on Tuesday night, further afield at Leicester City. The Blues will head to the King Power full of confidence. 

Chelsea (4-3-3): Mendy; Azpilicueta (c), Thiago Silva, Rudiger, Chilwell; Kovacic, Jorginho (Abraham 65), Mount; Ziyech (Hudson-Odoi 75), Giroud (Werner 75), Pulisic.
Unused subs Kepa, James, Emerson, Gilmour.
Scorer Mount 78
Booked Ziyech 72, Thiago Silva 82, Azpilicueta 90+3

Fulham (3-4-3): Areola; Aina, Andersen (c), Adarabioyo; Tete, Reed, Anguissa, Robinson; Decordova-Reid (Kamara 83), Cavaleiro (Onomah 79), Lookman.
Unused subs Rodak, Hector, Odoi, Kebano, Ream, Bryan.
Booked Decordova-Reid 69
Sent off Robinson 44

Referee Peter Bankes

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA