Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Barnsley vs Chelsea

Pada malam yang beku di Yorkshire, The Blues harus menunggu hingga pertengahan babak kedua untuk memecah kebuntuan melawan tim Barnsley yang bersemangat. Gol Tammy Abraham sudah cukup untuk membawa kami ke babak berikutnya Piala FA, kesuksesan pertama saat melawan the Tykes setelah dua kekalahan sebelumnya di kompetisi ini.

Sebelumnya terjadi pada tahun 2008 ketika Chelsea asuhan Avram Grant tersingkir di Oakwell, tetapi kali ini satu-satunya gol dari pertandingan itu sukses menjegal tim tamu dan tiga pemain Akademi Chelsea menjadi kreator dari gol kemenangan kami. Abraham mencetak gol dari jarak dekat setelah gol Billy Gilmour melakukan pergerakan cepat untuk memberikan pada Reece James yang mengirimkan umpan silang ke kotak penalti saat itu.

Barnsley bisa menganggap diri mereka lebih sial karena gagal cetak gol terlebih dahulu di babak pertama yang berakhir tanpa gol. Mereka memulai laga dengan baik, tendangan bek sayap mereka Callum Brittain berhasil diselamatkan dengan baik di awal laga oleh Kepa Arrizabalaga dan kemudian peluang lain tim tuan rumah harus melebar tepat sebelum jeda.

Chelsea sendiri mulai meningkat di antara peluang-peluang tim tuan rumah itu, dengan umpan pertama Hakim Ziyech, aksi dari Christian Pulisic dan usaha Callum Hudson-Odoi di sisi kanan tampak memungkinkan jadi sesuatu untuk Abraham di lini depan, tetapi finishing kami tidak dilakukan dengan benar untuk mengancam gawang lawan di awal laga tersebut.

Tim asal Championship ini kembali memberikan performa yang bagus pasca jeda babak pertama, tapi Chelsea masih belum melakukan finishing dengan baik, dan kami harus berterima kasih banyak kepada Abraham yang melakukan clearance di garis gawang setelah sebelumnya ia membuat kami unggul satu gol dengan gol keempatnya di Piala FA musim ini.

Que Sera Sera

The Blues selangkah lebih dekat ke Wembley dengan mencapai perempat final Piala FA untuk kelima kalinya dalam enam musim. Undian untuk delapan besar dilakukan sesaat sebelum kick-off pada pertandingan malam ini dan kami akan menghadapi tim lain dari South Yorkshire, Sheffield United, tapi kali ini di kandang. Pertandingan tersebut akan berlangsung antara 19 dan 22 Maret mendatang.

Pemilihan Pemain

Tercatat hanya Andreas Christensen yang mempertahankan tempatnya dari kemenangan akhir pekan lalu. Thomas Tuchel mengatakan ia akan membutuhkan skuat yang segar untuk laga yang satu ini, tetapi dia masih bisa memilih susunan pemain yang kuat dan untuk pertama kalinya ia memilih Kepa, Kurt Zouma, Emerson Palmieri dan Billy Gilmour di posisi starter.

Dia mempertahankan skema tiga bek dan Emerson bergabung dengan Christensen dan Zouma di dalamnya, dengan Marcos Alonso dan Callum Hudson-Odoi kembali beroperasi sebagai bek sayap. Formasi sembat berubah di babak kedua.

Dibawah tekanan

Chelsea harus melakukan banyak aksi bertahan pada tahap awal laga dan 10 menit berselang, kami harus berterima kasih atas blok jarak dekat Kepa dari upaya Brittain setelah umpan silang datang dari sisi kiri pertahanan kami menuju tiang belakang.

Sebuah tekel pada Abraham oleh Toby Sibbick secara efektif berubah menjadi tembakan dari jarak jauh yang harus ditepis oleh mantan kiper Akademi Chelsea Brad Collins dan itu adalah upaya terbaik yang kami tunjukkan selama beberapa waktu di babak pertama.

Ziyech memenangkan bola jauh di area lawan tetapi gagal meneruskannya ke pemain no.9 kami di dekat gawang lawan. Tak lama kemudian, Gilmour berhasil menemukan Abraham dengan sebuah operan tetapi dia dijegal lawan dan permintaan penaltinya ditolak oleh wasit.

Pada menit ke-33, Alonso melakukannya dengan baik untuk menyundul umpan silang yang mengancam di dekat gawang saat kubu Barnsley mulai memberikan tekanan lagi. Tak lama bola itu keluar, sayangnya pemain Spanyol itu tidak bisa mencegah umpan silang tetapi kali ini Hudson-Odoi ada di sana untuk melakukan clearance/sapuan di belakang.

Pergerakan terbaik Chelsea di 45 menit pertama terjadi lima menit sebelum jeda saat bola dialihkan ke seberang lapangan dengan kecepatan tinggi, tetapi tendangan Pulisic yang melebar gagal mengonversi umpan silang Hudson-Odoi agar tepat sasaran ke gawang lawan.
 

Tepat sebelum jeda ada kecemasan bagi Chelsea ketika Barnsley melakukan rutinitas sepak pojok pendek di lapangan dan untungnya tembakan Bittain melebar karena membentur pemain lainnya.

Mengambil kesempatan

Tuchel membuat perubahan di jeda babak pertama. Dia mengganti skema empat bek dengan Alonso dan Christensen (yang membutuhkan perawatan di babak pertama) digantikan dan Reece James dan Toni Rudiger masuk saat itu. Emerson pindah ke bek sayap dan Hudson-Odoi dan Pulisic ada di penyerang sayap.

Terlepas dari perubahan itu, Barnsley kembali memulai awal babak kedua dengan lebih kuat. Tak lama, Hudson-Odoi, yang sekarang bergerak di sayap kiri melakukan gerakan memotong dan masuk ke area penalti tetapi tembakannya hanya melebar melintasi gawang lawan.

Satu jam laga bergulir, Callum memenangkan tendangan bebas yang dikirimkan oleh Ziyech ke arah Zouma tetapi meskipun pemain kami itu coba menyambutnya, tapi peluangnya tidak cukup dekat untuk masuk.

Kami hanya harus menunggu beberapa menit kemudian hingga akhirnya pemecah kebuntuan tiba. Setelah memenangkan bola di area Barnsley, The Blues beraksi dan memanfaatkan ruang secara maksimal. Gilmour melihat James berlari dan menemukannya, dan ketika bek kanan melakukan umpan silang, Abraham berada di tempat yang tepat untuk menyambarnya jadi gol. Penyelesaian akhir yang tajam dan tegas!

Barnsley kemudian merespon dan mereka hanya beberapa inci dari menyamakan kedudukan, tapi Abraham menyundul bola untuk menjauhkannya dari bawah mistar gawang Chelsea.

Aksi heroik itu dapatkan apresiasi dari rekan-rekannya tetapi ada lebih banyak aksi pertahanan yang dibutuhkan sebelum akhir lagia saat Barnsley terus mengancam dari bola mati. Namun sayangnya mereka gagal memaksa untuk masuk perpanjangan waktu dan tim Tuchel akhirnya mengantongi dua kemenangan dalam waktu lima hari.

Apa berikutnya?

Tidak ada pertandingan akhir pekan ini untuk The Blues karena kami baru akan berlaga di Premier League pada Senin malam saat Newcastle mengunjungi London. Pasukan Steve Bruce saat ini berada di urutan 16 klasemen sementara kami akan mengincar kemenangan ganda (tandang dan kandang) atas mereka musim ini, setelah kami menang di St James 'Park pada November lalu.

Chelsea (3-4-3): Kepa; Christensen (Rudiger, h-t), Zouma, Emerson; Hudson-Odoi, Kante (c), Gilmour, Alonso (James, h-t); Ziyech (Anjorin 69), Abraham, Pulisic (Kovacic 80). 
Pengganti 
Caballero, Azplicueta, Chilwell, Bate, Giroud.
Penceak Gol 
Abraham 64

Barnsley
(3-4-3): Collins;  Sibbick (Sollbauer 76), Helik, Andersen; Brittain (Williams 73), Kane (Palmer 73), Mowatt (c), Styles; Woodrow, Chaplin (Frieser 59), Adeboyejo (Dike, 59). 
Pengganti Walton, Moon, Oduor, Thompson.

Wasit Martin Atkinson

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA