Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Atletico Madrid vs Chelsea

Olivier Giroud adalah pahlawan Liga Champions kami saat bertandang ke tim Spanyol sekali lagi kali ini, dengan menyelesaikan leg pertama pertandingan babak 16 besar lewat gol tendangan salto yang luar biasa yang layak untuk mencapai tahap tertinggi kompetisi ini.

Dalam pertemuan yang sangat ketat melawan Atletico Madrid, kecerdasan individu yang membuktikan perbedaan antara kedua tim. Di pertengahan babak kedua, bola melambung ke arah Giroud. Dari jarak 12 yard out dengan posisi memunggungi ke gawang, ia melompat dan menendang bola ke gawang melewati Jan Oblak.

Awalnya dianulir karena offside, VAR membatalkan keputusan tersebut karena sentuhan terakhir dilakukan oleh seorang bek Atleti. Sama seperti di Seville dua bulan lalu, Giroud yang tampil luar biasa adalah penentu pertandingan kami. Gol tersebut juga menjadikan kekalahan kandang kedua Atletico di Eropa  dalam 30 pertandingan. Tim lain yang mengalahkan mereka? Chelsea di 2017, tentu saja!

The Blues akan menuju leg kedua pertandingan ini dalam tiga minggu ke depan penuh percaya diri setelah penampilan luar biasa yang menunjukkan kesolidan lini belakang, kesabaran dan kualitas yang dibutuhkan di level ini. Atleti gagal melakukan tembakan tepat sasaran karena kami sukses menjaga jarak untuk mempertahankan awal yang sangat baik untuk melanjutkan tren positif kami di bawah Thomas Tuchel.

Dia akan berharap lebih banyak hal yang sama ketika Manchester United bertandang pada hari Minggu, tetapi untuk saat ini dia dan para pemainnya dapat bersulang untuk merayakan kemenangan di kancah Eropa ini.

Pemilihan Pemain

Tuchel membuat empat perubahan pada starter yang berlaga di St Mary's pada hari Sabtu lalu. Jorginho menggantikan N'Golo Kante dan ditempatkan di posisi lini tengah yang lebih dalam di belakang Mateo Kovacic dan Mason Mount.

Tuchel tetap setia pada kata-katanya tentang penampilan singkat Callum Hudson-Odoi di Southampton, dan tetap menunjuk pemain berusia 20 tahun itu di starting XI-nya. Perubahan kami lainnya adalah di lini pertahanan dan di lini depan, dengan Andreas Christensen dan Giroud masuk menggantikan Kurt Zouma dan Tammy Abraham.

Christian Pulisic dan Kai Havertz kembali di bangku cadangan setelah cedera. Penampilan Blues ke-200 untuk N'Golo Kante harus menunggu hingga babak kedua.

Sedangkan untuk starter Atleti kali ini ada tiga perbedaan dari starter saat mereka menelan kekalahan akhir pekan dari Levante. Felipe, Thomas Lemar dan Joao Felix adalah wajah-wajah yang baru di susunan pemain.

Chelsea memulai dengan gugup. Dalam satu menit Mason Mount mendapat kartu kuning, agak keras, karena menghentikan serangan balik dari Atleti. Sayangnya, Mount akan melewatkan leg kedua nanti. 

Kami mengumpulkan ketenangan kami dan menguji blok rendah Atleti untuk pertama kalinya, memenangkan beberapa tendangan sudut awal yang tidak menghasilkan apa-apa. Di ujung lain, kami hampir menjadi musuh terburuk kami sekali lagi ketika Toni Rudiger dan Marcos Alonso dikelabui oleh Luis Suarez. Umpan tersebut mencapai Lemar di tiang belakang tetapi sayangnya pemain Prancis itu kesulitan untuk mengarahkan usahanya tepat sasaran.

Mount membuat peluang serupa pada tanda seperempat jam, umpan silang yang tajam dari kanan begitu dekat tapi gagal diraih dengan kontak bersih dari pergerakan Timo Werner saat itu.

Ketat dan Menegangkan

Tim tuan rumah terlihat lebih senang untuk menempatkan enam pemain bertahan tanpa bola dan itu seperti memancing kami untuk menghancurkan barikade pertahanan mereka sampai akhirnya mereka melakukan serangan balik cepat ke depan setiap kali ada kesempatan. Ini adalah strategi khas yang membuat tim arahan Diego Simeone menjadi tim yang ditakuti di Eropa selama beberapa waktu terakhir, tetapi The Blues juga menunjukkan dominasi dalam penguasaan bola.

Sesaat sebelum setengah jam Alonso mencoba peruntungannya dari jarak jauh, yang sukses diselamatkan oleh Jan Oblak, dan kemudian pemain Spanyol itu melepaskan umpan silang yang disambut oleh Giroud, namun upaya striker kami itu diblok oleh para pemain berbaju merah dan putih di lini pertahanan mereka.

Werner, yang berposisi lebih maju dari Mount malam ini, coba buat peluang di menit ke 39 dengan pergerakan cepat dan tendangan keras dari jarak 10 yard yang menyengat telapak tangan Oblak. Mount juga gagal memanfaatkan peluang di akhir break/serangan balik Chelsea yang jarang terjadi, dengan melakukan tendangan voli yang tidak tepat sasaran.

Meskipun Suarez sempat mempunyai peluang gol sebelum jeda, Atletico hanya mencatatkan satu tembakan dalam 45 menit pertama di Bucharest, angka terendah mereka dalam hampir empat tahun di Liga Champions. Bahkan, mereka tidak menguji Mendy sekalipun setelah jeda di babak kedua.

Usaha pertama kami di babak kedua datang dari kaki kiri Mount dan diblok oleh Felipe. Beberapa aksi dan pergerakan luar biasa di lini tengah memungkinkan gelandang kami memberi ruang pada Werner, yang umpan silangnya berhasil di intersep lawan. Sebuah umpan tajam Mateo Kovacic membuka ruang untuk Alonso, tapi sekali lagi umpan akhir kami menemui hambatan.

Duet penyerang Atleti, Suarez dan Joao Felix adalah pemain berikutnya yang mencoba peruntungan mereka tanpa hasil. Bek kami, Christensen pantas mendapatkan pujian karena memblokir serangan pemain Uruguay itu.

Pelanggaran oleh Marcos Llorente dan Jorginho disambut dengan kartu kuning, Seperti Mount, dipastikan juga Jorginho akan melewatkan leg kedua nanti.

Pemecah kebuntuan yang spesial

Di pertengahan babak kedua, sepertinya kami sukses memecahkan kebuntuan. Sebuah umpan silang ke Mount di tepi kotak penalti berhasil diterima dan bola yang melambung sukses ditendang secara spektakuler lewat tendangan salto ke sudut gawang oleh Giroud.

Perayaan kami sempat diinterupsi oleh pengibaran bendera asisten wakit yang menyangka offside. Tapi tunggu, cek VAR terlebih dahulu!

Dua menit dan 52 detik kemudian, wasit mendapat kabar bahwa sentuhan terakhir tidak datang dari Mount melainkan Mario Hermoso. Gol yang indah, dan golnya sukses membuat kami unggul!

Tuchel mencoba untuk melakukan pergantian untuk pertama kalinya pada menit 74, memasukkan Kante dan Hakim Ziyech menggantikan Mount dan Kovacic, dan gelandang Prancis itu mencapai catatan penampilan yang penting. Reece James menggantikan Hudson-Odoi tidak lama kemudian.

Werner sempat melakukan tendangan yang melebar dari jangkauan Oblak saat kami mencari gol kedua. Pulisic dan Havertz dapatkan menit bermain saat The Blues bertahan dengan apik dan kami terlihat seperti ancaman konstan bagi lawan saat melakukan serangan balik.

Enam menit waktu tambahan berhasil dinegosiasikan dengan aman dan di stadion yang tidak biasa di National Arena yang kosong di Bucharest, The Blues bisa merayakan kemenangan tandang Eropa yang luar biasa.

Giroud Luar Biasa

Itu adalah upaya abadi dari Giroud saat ia melesat ke udara sebelum menggetarkan jala gawang dengan tendangan saltonya yang brilian. Dia sekarang sudah mengemas enam gol Liga Champions musim ini, semuanya jauh saat laga tandang dan dia terus menunjukkan kemampuannya untuk tim. Di kancah Eropa, striker Prancis kami itu telah menampilkan beberapa momen terbaiknya dengan Chelsea, tak terkecuali untuk satu gol di laga ini yang benar-benar bisa kita semua nikmati.

Apa Selanjutnya

Pertandingan besar datang dengan cepat dan cepat sekarang. Selanjutnya adalah laga menghadapi Manchester United di ajang liga pada hari Minggu di Stamford Bridge dan kemudian perjalanan ke Anfield untuk bermain melawan Liverpool di Kamis selanjutnya

Chelsea (3-4-2-1): Mendy; Azpilicueta (c), Christensen, Rudiger; Hudson-Odoi (James 80), Jorginho, Kovacic (Ziyech 74), Alonso; Mount (Kante 74), Werner (Pulisic 87); Giroud (Havertz 87).
Pengganti Kepa, Caballero, Zouma, Emerson, Chilwell, Gilmour, Abraham.
Kartu Kuning Mount 1, Jorginho 64
Pencetak Gol Giroud 68

Atletico Madrid: Oblak; Savic, Felipe, Hermoso (Vitolo 84); Koke (c); Llorente, Correa (Dembele 82), Saul (Torreira 82), Lemar; Joao Felix (Lodi 82), Suarez.
Pengganti Grbic, San Roman, Kondogbia, Camello, Garcia, Sanchez.
Kartu Kuning Llorente 63, Lemar 90+3

Wasit Felix Brych from Germany

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA