Pratinjau Laga

Preview Chelsea vs Man United

Pertandingan bulan Februari akan ditutup dengan The Blues menjadi tuan rumah salah satu laga big match musim ini pada hari Minggu. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub Paul Dutton siap memaparkan jelang menjamu Setan Merah…


Pertandingan big five ini akan mempertemukan Chelsea dengan Manchester United setelah tengah pekan lalu kedua tim melawan tim asal Spanyol di Eropa. The Blues membuat kekalahan 'kandang' pertama bagi Atleti di babak sistem gugur Liga Champions, sementara Setan Merah lolos dari babak 32 besar dengan mengeliminasi Real Sociedad dengan hasil imbang 0-0.
 
Setelah menjalani kemenangan penting dalam karirnya di Chelsea hingga saat ini, Thomas Tuchel harus mengantarkan dan membimbing the Blues melalui periode sulit musim ini yang mencakup pertandingan melawan tim urutan kedua Man United, juara bertahan Liverpool dan Everton asuhan Carlo Ancelotti di liga, ditambah dua pertandingan Piala domestik yang menentukan antara sekarang dan jeda internasional pertama tahun ini.
 
Tuchel adalah manajer ke-16 sejak 1992/93 yang menghindari kekalahan dalam enam pertandingan pembukaan liga, dan yang pertama sejak pelatih Blues lainnya, Maurizio Sarri, pada 2018.

Thomas Tuchel: "Cara hebat untuk menang, kami mengendalikan seluruh laga"

Rangkaian 19 pertandingan tandang tak terkalahkan di ajang Premier League milik The Mancunians dimulai di Stamford Bridge dengan kemenangan 2-0 pada Februari 2020. Namun, The Londoners kini mencatatkan tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan Liga saat di kandang di bawah asuhan Tuchel, dengan clean sheet yang diraih setiap laga tersebut.

Chelsea mengincar kemenangan kandang beruntun keempat di liga untuk kali pertama dalam tiga tahun terakhir.

photo of KEY STAT KEY STAT


Berita tim Chelsea

Hasil dan penampilan di Rumania adalah yang paling mengesankan sejauh ini di bawah Tuchel, meskipun ia masih ingin melihat ruang untuk peningkatan dalam akurasi passing, terutama di sepertiga akhir.
 
Chelsea tetap tak terkalahkan enam kali di bawah asuhannya jelang menjalani jadwal sulit di Premier League hingga saat ini. Pada hari Minggu besok, ia bertujuan untuk bergabung dengan tiga pelatih pendahulunya (Maurizio Sarri, Luiz Felipe Scolari dan Jose Mourinho) dalam menjalani tujuh pertandingan liga tanpa kekalahan.
 
Keputusan untuk menggunakan Olivier Giroud melawan skema 6-3-1 milik Atletico membuahkan hasil yang spektakuler dengan pencetak gol penentu kami mencatatkan rekor baru sebagai pencetak gol tertua di babak sistem gugur dalam sejarah Chelsea di kompetisi elit Eropa.

Tendangan spektakuler Giroud membuahkan kemenangan tandang penting atas Atletico Madrid

Namun, Tammy Abraham akan berharap untuk kembali starter melawan pertahanan Man United yang bermain lebih banyak menguasai bola daripada tim Simeone yang pasif, dan MU juga telah terbukti rentan terhadap kecepatan dan pergerakan.
 
Media Spanyol terkesan dengan kesabaran, tekanan intens, dan kecepatan the Blues di Bucharest, dengan alumni Akademi kami yaitu Callum Hudson-Odoi dan Mason Mount tampil hebat dan layak mendapatkan pujian tersebut.
 
Mount, yang sedang menikmati performa terbaiknya, sedang mengincar gol liga kandang pertama musim ini. Hakim Ziyech dan Kai Havertz sama-sama tampak percaya saat mereka masuk di laga sebelumnya, dan sukses merepotkan kubu wakil Spanyol saat itu.
 
The Londoners juga dominan dalam penguasaan bola, juga, dan dengan sedikit pemborosan peluang di sepertiga akhir, kemenangan yang diraih dengan susah payah bisa jauh lebih nyaman jika umpan dan peluang tersebut tidak terbuang sia-sia..
 
Manchester United terkadang selalu bekerja keras melawan tim yang menggunakan pertahanan blok rendah dan meskipun pertahanan blok rendah itu bukan gaya Chelsea, sekali lagi di Bucharest, the Blues membatasi peluang Atletico dengan tidak kebobolan tembakan tepat sasaran dari tim Spanyol tersebut.

Menjaga lawan jauh-jauh dari pertahanan

Secara keseluruhan, tim kami terlihat solid terhadap serangan balik, dan mereka memang waspada terhadap bahaya selama pertandingan. Kualitas seperti itu akan menjadi vital melawan tim yang menempati posisi kedua klasemen sementara liga menjelang akhir pekan.
 
Thiago Silva bisa kembali untuk pertama kalinya sejak kemenangan di Tottenham, dan jika Cesar Azpilicueta terlibat, dia akan menyamakan catatan rekor penampilan tertinggi ke-10 kami yaitu Eddie McCreadie dalam 411 pertandingan.

 

Perjuangan Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer mengistirahatkan sebagian besar tim utamanya untuk kunjungan Real Sociedad pada hari Kamis, dengan David De Gea, Harry Maguire, Marcus Rashford dan Luke Shaw mulai dari bangku cadangan. Edinson Cavani, Paul Pogba, Scott McTominay dan Donny van de Beek absen karena cedera.
 
United tiba sebagai satu-satunya tim dari lima liga top Eropa yang belum kalah di tandang musim ini. Mereka telah memenangkan dua pertiga dari 12 perjalanan tandang mereka dan mencetak 10 gol di antaranya.

Loading OPTA feed


Kesuksesan mereka musim ini tergantung pada Bruno Fernandes yang telah menyumbang 29% dari gol mereka - termasuk tujuh penalti mereka - dan 28% assist. Ada beberapa cara untuk mengurangi keefektifannya, seperti mencegahnya menyentuh bola di luar kotak penalti, atau menekannya saat dia menguasai bola dengan harapan dia menjauh dari area berbahaya.
 
Scott McTominay dan Fred bisa frustasi karena mencoba memainkan bola melalui garis pertahanan dan United merindukan kecerdikan Paul Pogba. Terkadang dribel Harry Maguire berhasil menambah opsi saat ia maju, tetapi jika penguasaan bola darinya lepas maka barisan belakang mereka berisiko terdampak. The Blues ingin tampil lebih mematikan saat itu terjadi.
 
Aksi dari kapten Man United juga akan diawasi sekali lagi pada hari Minggu besok setelah bentrok dengan Jamal Lascelles akhir pekan lalu. Dalam pertemuan Chelsea baru-baru ini, bek tengah Setan Merah selamat dari tinjauan VAR tentang kemungkinan pelanggaran penalti terhadap Cesar Azpilicueta dan duel keras pada Michy Batshuayi yang mungkin memengaruhi hasil pertandingan saat itu.

Momen kontroversial saat terakhir berjumpa Man United


Di mana menyaksikan Chelsea-Man United

Di Indonesia, pertandingan disiarkan di Mola TV.

Secara global siaran pertandingan matchday Chelsea TV - meliputi berita tim, wawancara eksklusif, dan analisis - dapat disimak di app 5th Stand, Facebook Live, dan akun resmi YouTube.

 

Enam laga tak terkalahkan

Thomas Tuchel adalah satu dari hanya enam manajer Chelsea sejak 1905 yang tetap tak terkalahkan dalam delapan pertandingan pembukaan di semua kompetisi.
 
Carlo Ancelotti dan pendahulunya, Guus Hiddink, paling dekat dengan pencapaian delapan kemenangan beruntun. Yang paling awal di antara mereka adalah William Lewis, yang menjabat sebagai pelatih selain sekretaris klub saat itu dan mengarahkan klub berjuluk the Pensioners promosi untuk pertama kalinya pada tahun 1907.

 

OPENING EIGHT GAMES
menangimbang
Carlo Ancelotti (2009)71
Guus Hiddink (2009)71
Thomas Tuchel (2021)62
Luiz Filipe Scolari (2008)62
Jose Mourinho (2004)62
William Lewis (1906/07)62


Kembalinya bola putih

Tanda-tanda musim semi telah tiba. Sejak akhir pekan lalu, bola putih sudah kembali digunakan, meski tidak sama seperti sebelumnya. Ini bola Flight yang ketiga yang digunakan musim ini dan bercorak biru gelap.

Penampakan bola putih akhir pekan lalu


Bola kuning high-vis musim dingin pertama kali digunakan saat Chelsea mengalahkan Newcastle 2-0 di St James' Park, 21 November, dan terakhir digunakan 17 Februari. Dua tim teratas yang memuncaki klasemen musim dingin adalah dua klub asal Manchester.

 

YELLOW BALL TABLE 2020/21
1 Manchester City2.59 poin per laga
2 Manchester United2.12
3 West Ham1.94
4 Leicester1.75
5 Chelsea1.69
6 Everton1.6
7 Burnley1.47
8 Liverpool1.44
9 Leeds1.47
10 Aston Villa1.4
11 Arsenal1.38
12 Tottenham1.27
13 Brighton1.25
14 Wolverhampton1.06
15 Crystal Palace1
16 Fulham0.94
17 Newcastle0.88
18 Southampton0.87
19 Sheffield United0.63
20 West Bromwich0.63


Eksekusi penalti Mason

Ketika Jorginho diistirahatkan dan Tammy Abraham diganti, tugas penalti pada laga terakhir di St Mary jatuh pada Mason Moun usai dijatuhkan di kotak penalti oleh Danny Ings. Dia sukses mengeksekusinya, sekaligus menjadi sukses pertamanya menjadi eksekutor.

Keberhasilan itu membuatnya menjadi eksekutor penalti Chelsea yang ke-25 di Premier League, lebih banyak daripada tim lain. Dua pemain lain, Lucas Piazon dan Claude Makelele, gagal menjalankan tugas pada satu-satunya kesempatan; meski Maka terkenal langsung menyambar bola muntah untuk membobol gawang Charlton. Dua puluh dua pemain Man United telah mencetak gol dari titik putih sejak 1992.

 

PENALTI PREMIER LEAGUE 2020/21
Chelsea
8 penalti
6 gol
2 gagal

Manchester Utd
8 penalti
7 gol
1 gagal

 

Tambahan Europa League

Chelsea punya waktu dua hari lebih banyak untuk persiapan pertandingan dibandingkan United, yang tampil di Liga Europa, Kamis lalu, setelah tersingkir dari Liga Champions.

Kompetisi kedua UEFA ini memperpanjang tambahan jadwal karena harus memainkan Babak 32 besar, sesuatu yang tidak dibayangkan partisipan Liga Champions, September lalu.

Chelsea dan Man United punya rekor identik pada pertandingan fase grup Liga Champions, yaitu tiga kali menang, dua imbang, dan sekali kalah.



Jadwal Premier League lainnya

Sabtu
Man City v West Ham
West Brom v Brighton
Leeds v Aston Villa
Newcastle v Wolves

Minggu
Crystal Palace v Fulham
Leicester v Arsenal
Tottenham v Burnley
Chelsea v Man Utd 
Sheffield Utd v Liverpool

Senin
Everton v Southampton

Selasa
Man City v Wolves

 

Premier League 2020/2021
1Manchester City25185250153559
2Manchester United25147453322149
3Leicester City25154644271749
4West Ham United25136639291045
5Chelsea25127641251643
6Liverpool25117745341140
7Everton2412483733440
8Aston Villa23113937261136
9Tottenham Hotspur24106837271036
10Leeds United25112124343035
11Arsenal25104113126534
12Wolverhampton Wanderers2596102632-633
13Crystal Palace2595112943-1432
14Southampton2586113143-1230
15Burnley2577111830-1228
16Brighton2551192632-626
17Newcastle United2574142643-1725
18Fulham25410112132-1122
19West Bromwich Albion2528151955-3614
20Sheffield United2532201541-2611

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA