Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 0 Man United 0

Sama seperti pertandingan putaran pertama sebelumnya di musim gugur lalu, Chelsea dan Manchester United bermain imbang tanpa gol untuk berbagi satu poin pada ajang Premier League di Stamford Bridge.

Ada banyak peluang tercipta bagi kedua tim dan kedua penjaga gawang cukup bekerja keras sepanjang 90 menit. David de Gea melakukan penghentian penting untuk menggagalkan upaya Hakim Ziyech di awal babak kedua, sementara Edouard Mendy juga berpengaruh saat menahan tembakan keras dari Scott McTominay.

Namun, meski ada 28 tembakan dalam permainan secara keseluruhan, tidak ada pihak yang bisa keluar menjadi pemenang pada hari terakhir musim dingin di London barat, dan hasil ini masih membuat Thomas Tuchel masih tak terkalahkan sebagai bos The Blues.

Seleksi pemilihan pemain

Ada tiga perubahan dari kemenangan mengesankan kami di Liga Champions pada pertengahan pekan lalu saat Ben Chilwell, N'Golo Kante dan Ziyech masuk menggantikan Marcos Alonso, Jorginho dan Timo Werner.

United membuat dua perubahan dari pertandingan Premier League terakhir mereka seminggu yang lalu, McTominay dan Mason Greenwood masuk ke starter. Edinson Cavani absen karena cedera, seperti Thiago Silva untuk The Blues.

Awal yang menjanjikan

Setelah pertemuan sengit kami di Old Trafford pada bulan Oktober, kontes ini dimulai dengan banyak peluang menjanjikan dari dua tim penghuni lima besar klasemen sementara ini sedari kick-off berlangsung.

Tuan rumah memulai dengan cemerlang dan membuat peluang pertama setelah hanya beberapa menit ketika Ziyech dan Mason Mount menerobos ke depan lewat serangan balik, namun umpan silangnya ke arah Olivier Giroud gagal dicapai sang pemain.

Victor Lindelof melakukan intervensi yang sama pentingnya untuk mengalihkan bola dari bahaya karena umpan Callum Hudson-Odoi. Tetapi tim tamu, yang tidak terkalahkan di laga tandang di Premier League dalam lebih dari setahun, akhirnya membuat tembakan pertama tepat sasaran setelah 15 menit laga dimulai.

Peluang lainnya tiba setelah Mount dihukum karena pelanggaran di tepi kotak penalti, hal ini membuat Tuchel melakukan komplain dan memberi Marcus Rashford kesempatan untuk membidik gawang kami.

Striker Inggris itu mencetak gol tendangan bebas di sini musim lalu pada ajang Piala Carabao untuk memastikan kemenangan bagi United dan kali ini ia sukses menguji Mendy, memaksa kiper The Blues tersebut mengawasi arah bola dengan hati-hati dan sukses menepisnya untuk menjauhkan bola dari gawang kami.

Setelahnya, bola memantul tersebut tampaknya mengenai lengan saat Greenwood dan Hudson-Odoi berduel di dalam kotak penalti dan VAR merekomendasikan wasit Stuart Attwell untuk meninjau kembali insiden itu di monitor sisi lapangan. Setelah dipertimbangkan dengan cermat, Hudson-Odoi tak terbukti sengaja melakukan handball.

Tak lama kemudian, peluang dari Ziyech menghasilkan penyelamatan pertama dari De Gea saat upaya pemain Maroko kami dari jarak 20 yard berhasil dihadang saat itu oleh kiper lawan tersebut.

Peluang Chelsea datang dan pergi

Chelsea tampak paling mengancam ketika melakukan serangan balik dengan cepat dan salah satu pergerakan kami lewat hal itu menghasilkan aksi dari Mount yang mengalihkan bola dengan kecepatan dan presisi ke Hudson-Odoi di sayap kanan.

Pemain sayap itu berpadu apik dengan Cesar Azpilicueta yang melakukan overlap dan sentuhan pertamanya tersebut menghasilkan tendangan voli. Meski sukses menghasilkan peluang, namun peluang Hudson-Odoi kurang akurat untuk merepotkan De Gea.

Penjaga gawang United asal Spanyol hampir saja kebobolan ketika bola mendarat tepat di kaki Giroud. Namun, striker Prancis kami tersebut memilih untuk tembakan first time dan bola melambung jauh mengarah ke tribun Shed End.

Striker yang berusia 34 tahun, yang tendangan salto luarnya luar biasa di Rumania telah membantu kami mengalahkan Atletico Madrid pada pertengahan pekan, kemudian memiliki peluang terbaik kami di babak pertama 10 menit sebelum jeda.

Peralihan lain dari kiri ke kanan yang berhasil membuka ruang bagi kami, kali ini Toni Rudiger memberikan umpan menuju Hudson-Odoi, tak lama ia mengirimkan umpan silang yang apik bagi Giroud tetapi sayangnya bola agak ke depan dan gagal dijangkau Giroud yang melakukan lompatan saat itu.

Namun United yang membuat peluang terakhir jelang jeda, dengan Azpilicueta secara khusus dipaksa melakukan intersep cerdas untuk menggagalkan peluang lawan di sekitar kotak 18 yard kami.

Para kiper yang tetap sibuk

Ada pergantian Chelsea pada jeda saat Reece James menggantikan Hudson-Odoi, dengan Hudson-Odoi yang muncul untuk menonton babak kedua dengan pengikat di lututnya, menunjukkan adanya benturan di babak pertama. Dalam beberapa menit setelah restart, tuan rumah memaksa De Gea melakukan penyelamatan terbaiknya di laga ini.

Kali ini pergerakan kami menuju arah kiri, Chilwell membuat peluang dengan memilih Ziyech di dalam kotak dengan sebuah cutback yang bagus. Penyerang kami melakukan tembakan dengan baik tetapi De Gea mampu menghadangnya dengan luar biasa. James melakukan rebound setelah hadangan De Gea tersebut tetapi tendangannya yang kuat diblokir dari jarak dekat oleh bek lawan.

Mendy juga dipaksa bekerja untuk mempertahankan clean sheetnya. Penyelamatannya dari sepakan McTominay sangat mengesankan saat bola datang datang menyelinap melalui kerumunan pemain, dan setelahnya aksi dari Rashford dua menit kemudian juga berhasil digagalkan.

Pertahanan Apik

Upaya beruntun United tidak membuat pekerjaan Mendy berakhir begitu saja di bawah mistar gawang, aksi pergerakan dan peluang dari Greenwood lebih dekat ke pojok atas saat ia melakukan tendangan melengkung dengan kaki kanannya namun tak cukup tepat sasaran.

Saat pertandingan memasuki seperempat jam terakhir, ada kemungkinan bahwa kedua belah pihak bisa mengamankan tiga poin tersebut. Chelsea, yang sampai saat ini belum kebobolan gol di Bridge di bawah Tuchel, memaksa untuk mengambil risiko untuk mencari gol kemenangan itu.

Mount, yang ada di mana-mana dan berpengaruh bagi permainan kami, membuat  satu peluang dengan pergerakan larinya dari tengah lapangan setelah berbagi umpan dengan Ziyech, meski demikian upaya Mount harus dihalau McTominay saat itu.

Peluang terbaik permainan saat akhir laga terjadi untuk tuan rumah. Pemain pengganti Timo Werner hampir saja menceploskan umpan silang James yang luar biasa di tiang belakang tetapi digagalkan oleh Lindelof, sementara Christian Pulisic melepaskan tembakan di tahap akhir laga ini.

Itu berarti clean sheet keempat berturut-turut di kandang bagi The Blues untuk pertama kalinya dalam lebih dari tiga tahun, meski laga harus berakhir imang tanpa gol dan rela berbagi satu poin kali ini.

Apa berikutnya?

Pertandingan besar terus bergulir minggu depan dengan perjalanan ke Anfield pada Kamis malam untuk menghadapi Liverpool, sebelum tim tetangganya yaitu Everton melakukan perjalanan ke arah yang berlawanan menuju London empat hari kemudian.

Chelsea (3-4-2-1) Mendy; Azpilicueta (k), Christensen, Rudiger; Hudson-Odoi (James h/t), Kante, Kovacic, Chilwell; Ziyech (Werner 78), Mount; Giroud (Pulisic 65)
Pengganti Kepa, Zouma, Alonso, Emerson, Jorginho, Havertz
Kartu Kuning Chilwell 62

Manchester United (4-2-3-1) De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire (c), Shaw; McTominay, Fred; James, Fernandes, Rashford; Greenwood (Martial 79)
Pengganti Henderson, Bailly, Telles, Williams, Tuanzebe, Matic, Van De Beek, Diallo
Kartu Kuning Fred 50; Maguire 79

Wasit Stuart Attwell

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA